Published On: Wed, Sep 2nd, 2015

ACER dan UPI Dorong Edukasi dan Implementasi TIK di Sektor Pendidikan

Share This
Tags

Acer AherJakarta, 2 September 2015 –  Hadirnya beragam teknologi tidak bisa dihindarkan dalam proses kegiatan belajar mengajar, karenanya tantangan memajukan pendidikan Abad ke-21 di era digital merupakan tanggung jawab semua stakeholder pendidikan untuk memajukan sektor ini. Seiring dengan hal tersebut Direktorat TIK Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menggelar expo pendidikan dan diskusi Next Generation Education: Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pendidikan Yang Maju, Mandiri dan Berdaya Saing di Era Digital di Kampus UPI, Bandung, 31 Agustus hingga 3 September 2015. Kegiatan tersebut mendapat dukungan penuh dari pemerintah Jawa Barat dan dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat, Dr. (Hc) H. Ahmad Heryawan, Lc. dan Walikota Bandung, Muchamad Ridwan Kamil.

Diskusi dan expo pendidikan ini diselenggarakan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat luas tentang peluang dan tantangan yang akan dihadapi bersama oleh institusi pendidikan dalam menghadapi inovasi proses belajar mengajar dalam penyelenggaraan pendidikan saat ini. Perkembangan ini memungkinkan proses pengelolaan pendidikan yang lebih efektif dan efisien baik bagi pengguna layanan pendidikan maupun masyarakat umumnya secara luas.

Menurut Kang Aher panggilan Ahmad Heriawan, Gubernur Jawa Barat mengatakan, “Jawa Barat sebagai salah satu propinsi tertua di Indonesia memiliki tempat yang stategis sebagai penyangga ibu kota, populasi masyarakatnya terbesar, sosial budayanya beragam, pembangunan disegala aspek mengalami pertumbuhan yang pesat. Oleh karena itu telah menjadi suatu keharusan bahwa Jawa Barat masa yang akan datang melalui dunia pendidikan harus menciptakan Jawa Barat yang maju, mandiri, dinamis dan sejahtera.”

Prof. H. Furqon, MA., Ph.D, Rektor UPI yang didampingi oleh Prof. Dr. Munir, M.IT sebagai Direktur Direktorat TIK mengatakan, “Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi menuntut institusi pendidikan bersifat terbuka dan cepat beradaptasi dalam memenuhi kebutuhan Bangsa Indonesia yang mandiri, maju, memiliki daya saing dan berkarakter. Untuk itu UPI sebagai salah satu komponen bangsa yang bergerak dalam dunia pendidikan siap untuk mengimplementasikan dan mensinergikan kurikulum dan proses pembelajaran yang inovatif untuk kemajuan bangsa. Melalui kegiatan “Next Generation Education” ini, kami berharap dapat memanfaatkan lebih jauh peran TIK dalam hal pengelolaan institusi pendidikan. Peran yang dimaksud adalah memudahkan institusi pendidikan untuk menyediakan layanan informasi untuk para peserta didik, orang tua dan masyarakat dengan lebih efisien, efektif, dan optimal.”

Herbet Ang, Presiden Direktur Acer Indonesia mengatakan, “Kami bangga dapat memfasilitasi sekaligus ikut serta mendukung penggunaan TIK bagi sektor pendidikan di Jawa Barat. Acer memiliki komitmen untuk membantu dunia pendidikan dalam proses belajar mengajar berbasis TIK agar kualitas pendidikan di Indonesia semakin lebih baik. Di Acer, kami berkomitmen untuk membantu pelaku pendidikan untuk belajar dan mengenal TIK dalam learning environment yang lebih maju. Hal ini tentunya seiring dengan misi kami untuk menghadirkan teknologi yang dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh guru dan murid tanpa terkecuali, sehingga tidak ada lagi batasan untuk saling berinteraksi dalam proses belajar mengajar di era digital ini.”

UPI NexGen Education 2015 ini diikuti oleh perwakilan 32 pemerintahan kota di Jawa Barat, dinas pendidikan, universitas , politeknik, akademi dan sekolah SMA dan SMK di Jawa Barat. Diskusi tentang TIK dan Pendidikan dan Expo bertempat di Gedung Balai Pertemuan UPI (Gd. Ahmad Sanusi), Kampus UPI, Jl.Dr. Setiabudhi Bandung.

 

SELESAI

 

Tentang Acer

Didirikan tahun 1976, Acer merupakan perusahaan hardware + software + jasa yang didedikasikan pada riset, desain, penjualan, dan dukungan terhadap produk-produk inovatif yang meningkatkan kehidupan manusia. Jaringan distribusi Acer menyalurkan PC, layar monitor, proyektor, server, tablet, dan ponsel pintar ramah lingkungan — perangkat yang dibutuhkan konsumen untuk bereksplorasi melampaui batas dan mendapatkan pengalaman lebih. Menempati peringkat No.4 dunia untuk kategori total PC (IDC 2014), Acer memperkerjakan 7,000 orang dengan pendapatan mencapai US$ 10,39 miliar di tahun 2014. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di  www.acer.com.

 

Tentang Acer Indonesia

Acer Indonesia mulai beroperasi tahun 1998 dan saat ini telah menjadi pemain utama di industri PC Indonesia. Acer mencatat pertumbuhan yang stabil dan positif di pasar Indonesia, terbukti dengan berhasil menjadi merek No.1 untuk kategori notebook selama 8 tahun berturut-turut dan No.1 untuk kategori PC selama 7 tahun berturut-turut di Indonesia (IDC PC Tracker & Gartner Inc). Prestasi tersebut sekaligus menempatkan Acer sebagai merek Notebook dan PC pilihan masyarakat Indonesia; terbukti dengan berbagai penghargaan bergengsi yang diterima Acer, di antaranya: Top Brand Award, Indonesia Best Brand Award, Customer Service No.1 di Indonesia untuk kategori notebook, Indonesian Customer Satisfaction Award, termasuk mendapatkan penghargaan internasional sebagai The Most Socially Devoted Brand di Facebook untuk Kategori Elektronik untuk layanan pelanggan melalui media sosial dari www.socialbakers.com. Acer berkomitmen untuk menjalin komunikasi tanpa batas dengan konsumen di seluruh Indonesia. Hal ini diwujudkan melalui jaringan layanan purna jual yang dapat ditemui di 95 lokasi di 79 kota di Indonesia, Acer Contact Center dengan tarif lokal 1500-155, serta layanan melalui social media selama 24 jam setiap harinya.

Blog                 : www.acerID.com

Facebook         : www.facebook.com/acerindonesia

Twitter               : @acerID

YouTube           : www.youtube.com/acerindonesia

Instagram          : acerID

Community       : www.iamspacer.com

Contact Center : 1500-155