Published On: Tue, Nov 8th, 2016

Akhirnya Raih Piala Citra FFI 2016, Ini Perjalanan Karir Film Cut Mini

Platform Tiket BookMyShow Menyajikan Daftar Film Yang Dibintangi Cut Mini

Platform Tiket BookMyShow Menyajikan Daftar Film Yang Dibintangi Cut Mini

Jakarta, 8 November 2016 – Cut Mini mengukir sejarah baru dalam perjalanan karirnya di dunia akting. Aktris berdarah Aceh ini baru saja meraih Piala Citra pertama di ajang Festival Film Indonesia 2016 yang digelar pada 6 November 2016 lalu. Mini berhasil meraih gelar bergengsi untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik atas perannya di film Athirah. Aktris berusia 42 tahun ini pun mengalahkan aktris-aktris berkualitas lainnya yang juga masuk dalam daftar nominasi, di antaranya Christine Hakim, Chelsea Islan, Ine Febriyanti, dan Atiqah Hasiholan.

 

“Kemenangan Cut Mini di FFI 2016 memang sudah dapat diprediksi sebelumnya, mengingat aktingnya yang begitu total saat bermain di film Athirah. Mini mampu merepresentasikan dengan baik sosok Ibu Athirah yang kuat dan tegar di tengah peliknya masalah yang ia hadapi,” ungkap Sudhir Syal, Co Founder & Director BookMyShow Indonesia.

 

Memulai debut akting layar lebarnya di tahun 2003, film-film yang dibintangi Cut Mini ternyata tidak dapat dipandang sebelah mata. Berikut BookMyShow perjalanan karir film-film populer yang dibintangi Cut Mini:

 

Arisan! (2003)

Film garapan Nia Dinata, Arisan menjadi debut perdana Cut Mini di layar lebar. Film bergenre drama satir ini menjadi salah satu film yang berhasil membangkitkan era perfilman nasional. Meski filmnya penuh dengan kontroversi namun film Arisan! mampu berjaya di ajang Festival Film Indonesia 2004 dengan mengumpulkan 12 nominasi. Meski tidak berhasil meraih gelar sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik namun film Arisan sendiri berhasil meraih gelar sebagai Film Terbaik. Selain Cut Mini film Arisan! Turut dibintangi oleh Tora Sudiro, Rachel Maryam, Aida Nurmala, dan Surya Saputra.

 

Laskar Pelangi (2008)

Di tahun 2008 Cut Mini membintangi sebuah film drama yang diadaptasi dari novel best seller karangan Andrea Hirata yang berjudul Laskar Pelangi. Film produksi Miles Films ini berhasil menorehkan prestasi gemilang sebagai film Indonesia terlaris kedua sepanjang masa. Film yang disutradarai oleh Riri Riza ini berhasil mengumpulkan 4,7 juta penonton dengan pendapatan kotor sekita Rp 141 miliar. Meskipun bukan berperan sebagai pemain utama, namun akting Cut Mini sebagai ibu guru Muslimah mampu menyita perhatian publik.

 

Red Cobex (2010)

Di tahun 2010 Cut Mini kembali menghiasi dunia perfilman Tanah Air lewat film Red Cobex. Selain Mini, film bergenre drama komedi ini disutradarai oleh Upi Avianto dan dibintangi oleh bintang-bintang ternama Tanah Air, diantaranya Tika Panggabean, Indy Barends, Lukman Sardi, Revalina S. Temat, Shanty, dan masih banyak lagi. Film Red Cobex berhasil masuk dalam 3 nominasi di ajang Festival Film Indonesia 2010.

 

 

Athirah (2016)

Ini dia film yang mampu mengantarkan Cut Mini di puncak perjalanan karirnya. Film arahan sutradara Riri Riza ini meraup sukses besar di sejumlah penghargaan film bergengsi salah satunya Festival Film Indonesia 2016. Film yang mengangkat cerita tentang perjuangan Ibunda Jusuf Kalla ini berhasil masuk dalam 10 nominasi FFI 2016 dan mengantarkan Cut Mini meraih Piala Citra pertamanya.

 

Me VS Mami (2016)

Seakan lekat dengan image film-film bergenre drama komedi, di tahun 2016 Cut Mini kembali beraksi di film komedi terbarunya yang berjudul Me VS Mami. Film produksi MNC Pictures ini dirilis pada 20 Oktober 2016 dan saat ini tengah tayang di bioskop-bioskop Tanah Air. Di hari keempat penayangannya, film Me VS Mami berhasil mengumpulkan 79.500 penonton dan menjadi film Indonesia dengan raihan jumlah penonton terbanyak di bulan Oktober 2016.