Published On: Tue, Feb 21st, 2017

APP Sinar Mas Dukung Program Indonesia Bebas Sampah 2020

Share This
Tags

Sinar Mas Dukung Bebas SampahSERANG, 4 Februari 2017― Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas hari ini menunjukkan dukungan penuh terhadap program Indonesia Bebas Sampah 2020 dengan mengadakan Aksi Pencegahan Perubahan Iklim. Bertempat di Kantor Bupati Serang, APP Sinar Mas turut bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Serang serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Gerakan ini sejalan dengan komitmen APP Sinar Mas yang tertuang dalam APP Sustainability Roadmap: Vision 2020 untuk memaksimalkan upaya pengurangan limbah dan sampah, baik di dalam maupun di luar wilayah operasinya.

Seiring meningkatnya jumlah penduduk perkotaan di Indonesia khususnya di kota Serang, tidak dipungkiri turut memacu pertumbuhan jumlah sampah di setiap tahunnya. Heppy Moiras selaku Direktur unit industr PT. Indah Kiat Pulp & Paper Serang – APP Sinar Mas dalam sambutannya menyampaikan, ”Penanggulangan dan pengelolaan sampah yang terjadi di sekitar kita tidak hanya menjadi tanggung jawab satu pihak saja. Perlu adanya kolaborasi dari seluruh pihak mulai dari jajaran pemerintah, pelaku bisnis, dan sudah tentu dukungan dari masyarakat luas.”

Hal ini diamini oleh Sarwono Kusumaatmadja sebagai perwakilan KLHK yang hadir dan memberi sambutan pada hari itu, “Kurangnya edukasi publik menyebabkan masalah sampah semakin memprihatinkan, dan gerakan ini sangat baik untuk meningkatkan kesadaran seluruh lapisan di dalam masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah yang berkelanjutan, termasuk bagi anak-anak sekolah di usia dini.”

Rangkaian acara kali ini terdiri dari beberapa sesi talkshow yang melibatkan KLHK melalui Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 serta Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam dengan tema pengurangan sampah plastik dan pencegahan perubahan iklim. Kabupaten Serang juga turut berpartisipasi melalui sesi talkshow dari Kepala Dinas Tata Ruang Bangunan dan Pemukiman yang membahas mengenai tantangan implementasi pengelolaan sampah di Kabupaten Serang serta pengembangan kemitraan antara Kabupaten Serang dan berbagai pihak dalam pengelolaan sampah.

Ketua Indonesia Environmental Scientist Association (IESA) akan turut menjadi pembicara dalam diskusi mengenai pengurangan sampah plastik, yang ditutup dengan sesi dari Mitra Kreasi yang akan berbagi pengalaman mengenai tantangan dan pengembangan kerajinan kertas daur ulang.

Tak sampai di situ, para peserta juga diajak mengunjungi home industry di antara masyarakat local Serang yang memanfaatkan kertas bekas untuk pembuatan kantong plastik, suvenir dan kebutuhan masyarakat lainnya. Ini merupakan kesempatan yang baik agar masyarakat mendapatkan edukasi tentang konsumsi yang ramah lingkungan, pemilahan sampah organik dan anorganik serta daur ulang pada skala rumah tangga.

Selain itu di hari yang sama, APP Sinar Mas juga mendukung penyelenggaraan workshop atau lokakarya bagi masyarakat setempat. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman dasar mengenai sampah plastik, pengelolaan sampah berbasis masyarakat, serta edukasi mengenai pentingnya partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah.

“Berbagai macam dukungan, gerakan, dan aktivitas yang dijalankan oleh APP Sinar Mas ini merupakan bentuk komitmen jangka panjang kami untuk terus mendorong penanganan dan pengelolaan sampah plastik yang telah dilakukan di Kabupaten Serang. Kami berharap agar kedepannya semakin banyak lagi kerjasama dan kolaborasi terkait pengelolaan sampah dari berbagai pihak untuk mendukung pemberdayaan masyarakat serta pemeliharaan lingkungan yang berkelanjutan,” tutup Heppy.

-Akhir

 

Tentang Asia Pulp & Paper

Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas adalah merek dagang untuk grup perusahaan produsen pulp dan kertas. APP bertanggung jawab untuk menghasilkan produk-produk berkualitas untuk memenuhi permintaan dunia yang terus bertumbuh untuk produk tisu, kemasan dan kertas. Setiap hari produk-produk kami tiba di tangan konsumen dalam berbagai merek di seluruh dunia.

Dimulai di tahun 1972 dengan PT Tjiwi Kimia yang memproduksi kaustik soda, kini kami menjalankan operasi di seluruh Indonesia dan Cina dengan total hasil produksi gabungan lebih dari 19 juta ton per tahun. Saat ini, APP memasarkan produknya di lebih dari 120 negara di enam benua.

Selama bertahun-tahun, kita telah memperluas wilayah operasi secara signifikan melalui akusisi dan ekspansi dari beberapa pabrik pulp & paper kami. Komitmen kami untuk pelanggan yang membuat kami terus berkembang dalam penjualan kertas di seluruh dunia dan memperluas kehadiran kami melalui kantor-kantor kami di banyak negara. Kami yakin ‘tradisi dan modernitas berjalan beriringan’ yang berarti kami menghatgai hubungan jangka panjang sebagai bagian dari tradisi Ketimuran kami, sementara kami juga terus mengembangkan nilai-nilai modern dari inovasi dan efisiensi.

Menjaga integritas dari rantai pasokan kami juga sangat krusial untuk operasi APP, seperti juga komitmen kami Sustainability Roadmap 2020. Pelajari lebih lanjut tentang keunggulan operasi APP melalui Sustainability Reports and Forest Conservation Policy di www.asiapulppaper.com.