Published On: Wed, Jun 7th, 2017

ASUS X540, Notebook Multimedia yang Terjangkau untuk Para Pelajar

Share This
Tags

Jakarta (5 Juni 2017)  – ASUS merilis sebuah notebook terbaru berbasis AMD bernama ASUS VivoBook X540Y yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari penggunanya. Adapun pengguna yang menjadi sasaran khususnya terutama adalah segmen pengguna yang memerlukan notebook untuk keperluan multimedia. Misalnya adalah para pelajar ataupun mahasiswa.

ASUS VivoBook X540 dilengkapi dengan komponen prosesor yang hemat daya yakni AMD E1-7010 untuk menunjang produktivitas mereka. Sektor menarik lainnya adalah seperangkat speaker yang bagus untuk menghantarkan audio berkualitas agar pengalaman bermultimedia semakin mengesankan.

“Notebook saat ini belum bisa tergantikan. Ini terlihat dari masih tingginya demand terhadap berbagai jenis notebook,” ucap Galip Fu, Country Marketing Manager, ASUS Indonesia. “Adapun salah satu varian yang cukup banyak diminati adalah model yang menggunakan prosesor seri AMD karena harganya yang relatif terjangkau dan memiliki performa memadai untuk berbagai aktivitas, khususnya pelajar,” ucapnya.

Galip menambahkan, melihat tingginya kebutuhan pengguna akan produk notebook AMD, ASUS menghadirkan varian notebook terbarunya yakni ASUS VivoBook X540Y. Notebook yang ditujukan untuk pengguna dengan mobilitas tinggi dan sering bekerja di luar kantor ini sudah dilengkapi dengan AMD APU generasi ke-6 atau biasa dikenal sebagai “Carizzo – L”.

“ASUS VivoBook X540Y hadir dengan AMD APU yang memiliki performa yang tidak bisa dipandang sebelah mata,” sebut Galip. “Dengan spesifikasi yang cukup mumpuni, notebook ini akan sangat membantu kita dalam menjalankan berbagai aktivitas multitasking yang kita biasa lakukan dan tentu saja meningkatkan produktivitas,” katanya menambahkan.

 

Kartu Grafis yang Kompeten untuk Kebutuhan Harian

ASUS VivoBook X540Y ini bukanlah sebuah notebook biasa karena sudah dilengkapi dengan prosesor AMD APU E1-7010 Dual Core. Dari sisi grafis, notebook tersebut menggunakan Radeon R2 yang mengusung arsitektur Graphics Core Next (GCN) dengan 128 shader berkecepatan 350MHz. “Grafis ini sendiri sudah memiliki performa yang cukup untuk memenuhi kebutuhan aplikasi sehari-hari,” ucap Galip.

Sementara pada prosesornya, AMD secara resmi telah meluncurkan Processor Carrizo – L di pasar Indonesia. Mikroprosesor tersebut merupakan  prosesor up to quad-core dengan grafis Radeon terintegrasi yang lebih mutakhir. Tidak seperti sebelumnya, CPU dari AMD yang satu ini adalah sistem yang berjalan pada  sebuah chip  (SoC), dengan bagian I/O terintegrasi dan chipset pendukung.

Chip ini, atau biasa disebut sebagai AMD APU adalah merupakan gabungan chip kompleks yang disederhanakan hanya menjadi “single die” atau dalam satu chip tunggal. Dengan demikian, AMD Carrizo – L membuat notebook dapat beroperasi secara maksimal hanya dengan daya sebesar 15 watt saja.

Selain memperpanjang masa aktif baterai, penggunaan daya yang hanya 15 watt membuat panas yang dihasilkan oleh seluruh komponen pendukung, mulai dari CPU atau prosesor, GPU atau grafis dan juga chip-chip lainnya menjadi lebih rendah. Dengan demikian, pengguna dapat bekerja lebih lama menggunakan notebook ini tanpa perlu khawatir mengalami overheat atau panas berlebih.

Selain memiliki keunggulan di sisi prosesor dan grafis, ASUS X454YA juga dilengkapi dengan SonicMaster, fitur yang audio mumpuni. SonicMaster adalah sebuah teknologi audio yang khusus diciptakan oleh ASUS untuk mengendalikan segala hal yang berhubungan dengan audio di notebook ASUS. Tak hanya dari sisi hardware, ASUS juga sudah menyediakan software untuk memudahkan pengguna saat akan melakukan kustomisasi kualitas audio keluaran notebook ini lewat equalizer atau memilih preset terbaik untuk kondisi tertentu.

 

Kapasitas Simpan Lega dan Dilengkapi Windows 10

Untuk mendukung aktivitas pekerjaan sehari-hari penggunanya, ASUS menyediakan kapasitas simpan sebesar 500GB pada notebook ini. Dari sisi kapasitas, kapasitas ini sebenarnya sudah lebih dari cukup. Misalnya untuk menyimpan dokumen-dokumen pekerjaan ataupun menyimpan sejumlah foto dan video.

Namun jika pengguna masih belum puas dengan kapasitas penyimpanan 500GB, ASUS juga menyediakan cloud storage khusus untuk pengguna ASUS yaitu dengan ASUS WebStorage. Sebagai gambaran, media penyimpanan berbasis cloud saat ini sudah menjadi hal yang penting, khususnya bagi pengguna yang perlu menyimpan backup, ataupun pengguna yang punya mobilitas tinggi dan mengakses data dari berbagai perangkat yang berbeda.

“Hal menarik lainnya adalah notebook ini telah dibundling bersama dengan sistem operasi Windows 10,” kata Galip. “Sehingga ketika membeli perangkat bisa langsung digunakan dan tidak perlu ada ritual instalasi ulang yang merepotkan,” sambungnya.

Untuk kapasitas sendiri, pada ASUSWebStorage tersedia penyimpanan online sebesar 5GB yang bisa digunakan secara gratis untuk seumur hidup. Dan jika belum mencukupi pula, masih tersedia slot card reader untuk ekspansi penyimpanan.

 

Main Spec. ASUS X540Y
CPU AMD E1-7010 APU, Dual Core 1,5GHz
OS Windows 10 / DOS
Memori 2GB DDR3L 1866MHz RAM
Storage 500GB 2,5” SATA III Hard Drive + 5GB ASUSWebStorage
Drive Optik DVD Writer
Display 15,6” LCD TFT HD (1366 x 768)
Grafis AMD Radeon R2 Graphics
Input/Output 2x USB 3.0, 1x USB 2.0, VGA, HDMI, Card Reader
Kamera Built-in HD Camera and array mic
Konektivitas 802.11b/g/n, Bluetooth 4.0
Audio SonicMaster Audio
Bobot 2.1 Kg
Dimensi 34.8 x 24.28 x 2.72 cm
Warna Black, Silver, Red
Baterai 2 Cell, 37 W
Harga Rp 3.549.000 / Rp3.299.000
Garansi 2 tahun penuh garansi global senilai Rp900.000

 

Foto-foto resolusi tinggi dari ASUS X454 dapat di-download dari URL berikut:

http://channel.asus.com/ExternalFile.aspx?path=56cf8e5e37dd4e49a0dcd0cc5fcf07cd

 

###

Tentang ASUS

ASUS adalah Top 2 produsen notebook konsumen dunia dan penghasil motherboard terbaik di dunia. ASUS mendesain dan memproduksi berbagai jenis produk IT untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-hari, mulai dari notebook, tablet, PC desktop, server, perangkat jaringan, dan smartphone.

 

Dimotivasi oleh inovasi dan berkomitmen pada kualitas, ASUS berhasil memenangkan 4.385 penghargaan di tahun 2016. Untuk ZenFone sendiri, ASUS telah meraih lebih dari 721 penghargaan sejak 2014. Saat ini ASUS memiliki lebih dari 16.000 orang karyawan di seluruh dunia, di mana 5.200 orang di antaranya adalah insinyur di tim R&D (riset dan pengembangan) berkelas dunia. ASUS sangat fokus untuk menyediakan produk berkualitas dengan desain yang menarik.

Di Indonesia, pada kuartal keempat 2016, IDC melaporkan bahwa di bisnis Notebook di Indonesia, ASUS terus tumbuh pesat meski telah menempati posisi pertama akhir 2013 lalu. Kini posisinya sudah sangat kuat dengan pangsa pasar mencapai 51,7 persen pasar. Selisihnya dengan produsen terbesar kedua di Indonesia telah mencapai sekitar 33 persen. Bahkan jika digabungkan dengan total market share milik produsen terbesar ketiga dan keempat, penguasaan pasar ASUS di notebook consumer masih lebih besar.

 

Adapun untuk sepanjang tahun 2016, di Indonesia, pangsa pasar notebook consumer ASUS mencapai 47,07 persen. Di industri Smartphone, menurut data GfK hingga kuartal keempat 2016, ASUS meraih posisi di empat besar di Indonesia.

 

ASUS juga mendapatkan TOP Brand Award untuk kategori bisnis notebook di tahun 2017 dan juga WOW Brand Award di tahun 2015 untuk kategori bisnis Smartphone.