Published On: Tue, Nov 21st, 2017

ASUS ZenFone 4 Selfie, Gong Yoo dan Commuter Line

Share This
Tags

Saat meluncurkan seri ZenFone 4 untuk pasar Asia Pasifik di Taiwan, medio kuartal ketiga lalu, ASUS menunjuk seorang Brand Ambassador. Tugasnya adalah untuk merepresentasikan produknya yakni ZenFone 4 dan ZenFone 4 Selfie series.

Gong Yoo, aktor kawakan asal Korea Selatan yang saat ini sedang memuncaki karir dan popularitasnya, diundang untuk menjadi bagian strategi promosi dan marketing smartphone ASUS. Khususnya di kawasan Asia Pasifik.

Langkah ini dinilai tepat, karena selain di Korea Selatan, Gong Yoo juga sangat populer di negara-negara lain di region tersebut. Ia punya basis penggemar yang sangat besar di tiap-tiap negara. Bahkan saat peresmian penunjukan Gong Yoo sebagai Brand Ambassador ASUS ZenFone 4 dan ZenFone Selfie series di Taiwan, ratusan penggemar Gong Yoo dari Vietnam dan negara lain berduyun-duyun hadir dan menyaksikan secara langsung.

ASUS Indonesia, salah satu negara di kawasan Asia Pasifik yang juga berhak untuk menggunakan image Gong Yoo dalam strategi marketingnya, memanfaatkan kesempatan ini. Sebagai langkah awal, dalam video TVC resmi untuk ZenFone 4 Selfie series, ASUS mengkolaborasikan Gong Yoo, Brand Ambassador barunya dengan Tatjana Saphira, Brand Ambassador ASUS Indonesia. Tak pelak, TVC dan kolaborasi Tatjana Saphira dengan Gong Yoo, seketika menjadi viral, dibahas di media sosial dan juga media-media konvensional, sekaligus melejitkan popularitas Tatjana Saphira ke kancah internasional.

 

Lalu, apa langkah selanjutnya?

Menyadari bahwa efek Gong Yoo sebagai Brand Ambassador sangat besar, khususnya di kalangan millenials, sampai ke usia produktif, khususnya karyawati sampai ke ibu-ibu rumah tangga ASUS Indonesia memanfaatkan seluruh jalur marketing untuk mendekatkan penggemar aktor tersebut ke produk ZenFone 4, khususnya Selfie series. Apalagi, Indonesia juga terkenal sebagai negara yang warganya paling doyan berfoto selfie dan sangat aktif di media sosial.

Tak pelak, media sosial populer termasuk Facebook, Instagram, YouTube dan Google Display Network dibanjiri oleh image Gong Yoo. Terbaru, ASUS Indonesia semakin mendekati segmen yang dituju dengan offline marketing. Apalagi kalau bukan dengan train branding. Lalu, mengapa train branding?

 

Commuter Line, Metode Penetrasi ke Segmen yang Paling Tepat

Tidak dengan billboard raksasa di jalur protokol ibukota atau dengan signboard besar di IT mall, ASUS memilih menggunakan Commuter Line sebagai metode marketing yang paling tepat mengarah ke segmen yang dituju. Selain lebih efektif dan efisien, ada beberapa alasan lain.

Pertama, pengguna kereta api, apalagi Commuter Line di Jabodetabek merupakan generasi muda, yang menjadi segemen utama yang diincar oleh ZenFone 4 Selfie series. Apalagi, Gong Yoo juga sempat sukses membintangi film Train to Busan, dirilis pada tahun 2016 lalu dan menyabet penghargaan di Cannes Film Festival. ASUS melihat ini bisa menjadi background bagi para penggemar Gong Yoo untuk flashback dan mengingat kembali peran aktor Korea Selatan ini dalam film tersebut. Tentunya kini dikaitkan dengan ZenFone 4 Selfie series.\

Terkait selfie, sedikit latar belakang, menurut riset Ranny Rastati peneliti dari PMB LIPI pada 18 Juli 2017 lalu, tren selfie di tanah air mulai populer sekitar akhir tahun 2013. Salah satunya dipengaruhi oleh tersedianya fitur kamera depan ponsel yang memudahkan penggunanya untuk ber-selfie.

Dalam studi lain, yang dilakukan oleh Wickel, Taylor M. (2015), para generasi digital (Generasi Y dan Z), atau generasi pertama yang tumbuh bersama perkembangan teknologi menganggap selfie adalah bagian dari hidup. Sehingga lumrah untuk dibagikan di berbagai jejaring sosial.

Kembali ke Commuter Line, sebagian penumpang reguler moda transportasi massal ini adalah pengguna segmen tersebut. Tak hanya untuk selfie, komunitas pengguna Commuter Line, juga merupakan mereka yang sangat aktif menggunakan smartphone untuk berbagai kebutuhan. Ini juga merupakan potensi yang sangat besar. Apalagi ZenFone 4 Selfie series, selain menawarkan fitur utama di kamera depan untuk selfie, juga merupakan sebuah produk yang menawarkan performa dan menyediakan banyak fitur yang sangat berguna untuk mendukung beragam aktivitas sehari-hari penggunanya.

Faktor berikutnya adalah, dengan menggunakan image Gong Yoo yang sangat populer, dan memiliki basis penggemar yang sangat besar, termasuk di kawasan Jabodetabek, ASUS juga berpeluang untuk melakukan ekspansi dan penetrasi ke komunitas tersebut. Khususnya mereka yang belum mengenal brand ASUS atau belum menggunakan produk-produk ZenFone untuk kebutuhan komunikasi dan mobilitas sehari-hari.

Berikutnya, pemilihan rute Commuter Line. ASUS Indonesia memilih jalur Bogor/Depok – Jatinegara PP sebagai pilot project train branding. Rute ini dipilih karena selain sangat ramai, ia juga banyak melewati kampus universitas terkemuka, dan juga berangkat dari kawasan pemukiman penyanggah wilayah metropolitan hingga melintasi pusat ibukota Jakarta, yakni Mampang, Sudirman, Karet, Tanah Abang hinggak ke Jatinegara.

Dari studi yang dilakukan, segmen pengguna Commuter Line, khususnya rute ini merupakan yang paling pas untuk digarap oleh ASUS. Inilah yang menjadi alasan ASUS dalam mengampanyekan ZenFone 4 Selfie series dengan Brand Ambassador-nya, Gong Yoo, di Commuter Line.***