Published On: Thu, Aug 18th, 2016

Bangun Sarana Air Bersih dan MCK bagi Warga Jawa Timur

Foto-Air-Bersih-Agst16

Direktur Wholesale & International Service Telkom Honesti Basyir (kedua kanan) bersama Wakil Bupati Trengggalek M. Nur Arifin (paling kanan berpeci) berfoto bersama dengan warga desa kabupaten Trenggalek dengan berlatar belakang tempat penampungan air sebagai bagian dari bantuan pembangunan sarana air bersih dan MCK dari program BUMN Hadir Untuk Negeri, Senin (15/8)

Jakarta, 16 Agustus 2016 – Menyemarakkan HUT ke-71 Ke­mer­dekaan Republik Indonesia, Ke­menterian Ba­dan Usaha Milik Negara (BU­MN) dan BUMN melaksana­kan sejumlah kegiatan sosial sebagai bentuk kepedulian pada kondisi sosial kemasya­rakatan. Kegiatan itu antara lain dalam bentuk penyediaan air bersih dan sarana mandi cuci kakus (MCK).

“Memperhatikan kondisi masyarakat yang masih kesulitan pemenuhan kebutuhan dasar, seperti kebutuhan akan air bersih dan MCK, Telkom selaku koordinator kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri wilayah Jawa Timur bersama lima BUMN pendamping berkomitmen membangun sarana air bersih dan MCK,” ujar Honesti Basyir Direktur Wholesale & International Service PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom). BUMN pendamping untuk wilayah Jawa Timur ini adalah PT Boma Bisma Indra, PT Garam, PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) dan Perum Jasa Tirta 1.

Sesuai mandat yang diberikan oleh Kementerian BUMN, Telkom membangun sarana air bersih dan MCK di wilayah Jawa Timur, yakni di Senden, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek, Desa Gampeng, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk dan Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Sedangkan di Banyuwangi, Telkom membantu penyediaan 50 unit MCK rumah.

Seperti dijelaskan Honesti Basyir kondisi desa yang mendapat bantuan penyediaan air bersih umumnya merupakan desa-desa terpencil. Sebagai contoh, Posisi Desa Gampeng. Desa berpenduduk 2.875 jiwa ini berada di lereng gunung. Selama ini untuk pemenuhan air bersih penduduk mengambil air tandon utama sumber air alam yang jaraknya sekita 1,4 km.

Akibatnya warga desa itu sering mengalami kesulitan air bersih apalagi dari tandon utama belum dibangun saluran distribusi air ke perkampungan. Pembangunan antara lain dengan dengan menyediakan saluran distribusi berupa pipa dari tandon-tandon/mata air ke perkampungan.

Ia berharap dengan bantuan yang diberikan oleh Telkom bersama lima BUMN pendamping ini, masyarakat di desa mendapat bantuan tidak lagi kesulitan mendapatkan air bersih. Bersamaan penyediaan air bersih, Telkom juga membangun sarana MCK sehat yang digunakan masyarakat setempat.

“Pada kegiatan penye­diaan Sarana MCK dan penyediaan air bersih, Telkom berkoordinasi dengan peme­rin­tah daerah se­tempat untuk penentuan daerah yang akan menerima ban­tu­an,” ujar Honesti Basyir.

Program penyediaan sarana air bersih dan MCK ini merupakan bagian dari 14  Program BUMN Hadir untuk Negeri di wilayah Jawa Timur. Program BUMN Hadir untuk Negeri lainnya antara lain elektrifikasi rumah yang belum teraliri listrik, pembinaan mantan atlet, bedah rumah veteran, siswa mengenal Nusantara, Jalan Sehat 5 Km Go Clean dan mengadakan lomba rakyat dalam rangka peringatan HUT ke-71 RI.

“Program BUMN Hadir untuk Negeri ini merupakan kegiatan sinergi dari seluruh BUMN dibawah koordinasi Kementerian BUMN dengan tujuan agar keberadaan BUMN benar-benar dapat dirasakan manfaatnya bagi seluruh masyarakat Indonesia”, demikian pungkas Honesti Basyir.