Published On: Tue, Aug 26th, 2014

Bayern Munich Tandatangani Kerjasama dengan SAP

bayernsapJakarta, 20 Agustus 2014 – Pada konferensi pers pertama antara SAP dan Klub Sepakbola  Bayern Munich di Allianz Arena, Munich yang diselenggarakan tanggal 19 Agustus 2014, SAP SE dan Klub Sepak Bola Bayern Munich (FC Bayern Munich) mengumumkan bahwa SAP telah menjadi partner klub resmi untuk analisis olahraga dan perangkat lunak perusahaan. Selama tiga tahun kedepan, kedua belah pihak berencana untuk menjalin kerjasama dalam membangun solusi inovatif untuk mendukung FC Bayern guna memperluas kehadirannya secara global, memaksimalkan kinerja tim, dan meningkatkan pengalaman bagi para fans di sekitar Munich maupun di seluruh dunia.

Awal tahun ini, FC Bayern Munich menandatangani kesepakatan untuk aplikasi SAP Customer Relationship Management (SAP CRM) dan solusi scalable untuk perdagangan dari software hybris, perusahaan SAP. Dengan teknologi tersebut, FC Bayern Munich dapat meningkatkan interaksi dengan penggemarnya, personalisasi pengalaman mereka dan memberikan penghargaan atas kesetiaan mereka terhadap klub tersebut. Membahas strategi internasionalisasi FC Bayern Munich, kedua perusahaan sepakat mempercepat pengembangan potensi kerjasama yang lebih luas, dengan bantuan teknologi membantu agar meningkatkan kinerja klub baik di dalam dan luar lapangan. Terutama di bidang kinerja pemain dan pemantauan kesehatan, SAP diharapkan dapat membawa banyak nilai tambah dengan Platform SAP HANA dan keahlian perusahaan dalam setiap dimensi analisis data.

“SAP memiliki teknologi untuk mendukung tiga tujuan utama kami, yaitu: mengoptimalkan proses bisnis kami untuk memfasilitasi ekspansi global kami, membantu tim kami tetap fit dan tampil pada level tertinggi mereka dan menciptakan pengalaman yang terbaik bagi para fans kami,” kata Karl-Heinz Rummenigge, Jerman mantan striker sepak bola dan CEO dari FC Bayern Munich. “FC Bayern Munich saat ini merupakan salah satu klub sepak bola dengan prestasi yang terbaik di dunia. Dengan memanfaatkan inovasi  teknologi, kami ingin mengamankan posisi FC Bayern sebagai yang teratas ditingkat global. Kinerja pemain kami dan kesehatan mereka adalah sangat penting untuk mencapai tujuan ini, dan begitu juga fans kami. Klub kami memiliki lebih dari 292 juta penggemar di seluruh dunia, termasuk 9,4 juta di Amerika Serikat Kami memiliki tujuan ambisius baik dari segi olahraga dan keberhasilan ekonomi, dan kami ingin menginspirasi orang di seluruh dunia.”

Selama beberapa tahun terakhir, SAP telah meningkatkan fokus perusahaan untuk membantu mengubah media, olahraga dan industri hiburan dengan teknologi inovatif untuk meningkatkan kinerja tim dan pemain, meningkatkan hubungan dengan penggemar dan menyederhanakan liga dan tempat operasi. Hari ini, SAP berhasil berkolaborasi dengan sejumlah organisasi olahraga terkenal dan asosiasi di pelayaran, golf, balap Formula 1, kriket, sepak bola Amerika, bisbol, tenis, basket dan sepak bola. Terutama dalam sepak bola, SAP telah baru-baru menciptakan sedikit kehebohan dengan analisis indikator kinerja untuk pemain dan tim.

“Kemitraan antara SAP dan klub sepak bola Bayern Munich adalah kesatuan yang mengesankan,” kata Gerhard Oswald, anggota Dewan Executive Board of SAP SE for Quality, Scale and Support. “Dengan menggabungkan kekuatan FC Bayern Munich dengan SAP HANA kita akan mampu untuk mengembangkan solusi baru yang akan mengubah dunia sepakbola dari setiap sudut.”