Published On: Mon, Sep 26th, 2016

Bergabung dan Dukung Kampanye #IndonesiaBebasKutu Bersama Krea Asia

 

headerJakarta, 25 Agustus 2016: Krea Asia mengumumkan dipasarkannya NeutraLice™ Advance Lotion (475 ml) ke Wilayah Indonesia dengan jumlah terbatas dan bisa di order langsung. NeutraLice™ Advance Lotion adalah produk kutu rambut pertama yang di impor secara legal, transparan, teruji klinis efektif dan aman digunakan untuk Indonesia. Krea Asia mengenalkan NeutraLice™ Advance Lotion untuk memberikan pilihan kepada masyarakat Indonesia produk pembasmi kutu rambut, peduli atas kesehatan masyarakat Indonesia, terutama anak-anak yang mana lebih banyak mengalami infestasi kutu rambut di Indonesia. Saat ini produk-produk kutu rambut yang tersedia dipasarkan belum memenuhi syarat dan peraturan yang berlaku di Indonesia, tidak efektif dan berpotensi membahayakan pengguna dan lingkungan. Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat dan asosiasi yang bergerak di ruang lingkup anak-anak, orang tua, sekolah, praktisi kesehatan, komunitas atau partai politik untuk bergabung dengan kampanye kami untuk Indonesia yang lebih baik; untuk menciptakan proses pendaftaran produk kesehatan yang terbuka oleh Institusi Pemerintah yang bertanggung jawab, sehingga menciptakan kompetisi yang sehat bagi semua produk yang memenuhi standar untuk masuk ke Indonesia guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Ikuti kampanye media sosial kami di:

Facebook: https://www.facebook.com/kreaasiaID
Instagram: https://www.instagram.com/kreaasia.id
Twitter: https://twitter.com/kreaasiaID

Sehubungan dengan komitmen Krea Asia untuk sepenuhnya transparan atas seluruh dokumen kelengkapan legalitas untuk produk pembasmi kutu rambut yang aman, efektif, tidak mengandung pestisida, kami mempersiapkan untuk memaparkan seluruh legalitas, izin dan semua surat-surat yang berkaitan dengan produk pembasmi kutu rambut (sebatas yang diperbolehkan secara hukum) dapat di akses secara online kepada publik. Kami akan mengumumkan via Facebook, ketika semua teknikal respon telah terselesaikan. Sementara itu, kami menawarkan bona fide profesional media yang mewakili organisasi media bona fide untuk ikut serta dan dimasukkan ke mailing list (Atas kebijakan Krea Asia) untuk sirkulasi awal dari dokumen yang dirilis. Permintaan tertulis tersebut termasuk media informasi standar (misal mencapai/sirkulasi, dll) dan referensi dari 2 cerita terbaru yang berhubungan erat dengan subyek press release ini (referensi kontak: MEDIA CONTACT).

Sejak 10 Mei 2015, Krea Asia berusaha untuk memperoleh izin edar produk dari Direktorat Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI Indonesia, berdasarkan Peraturan Permenkes 1190/PER/MER/VIII/2010. Dalam Peraturan ini secara spesifik mengatur kategori produk rumah tangga pestisida salah satunya adalah lah untuk produk “pengendali kutu rambut”. Dimasukkannya semua produk yang klaimnya adalah membasmi kutu rambut ataupun anti kutu rambut, baik itu mengandung atau tidak benar-benar mengandung pestisida kimia, telah diatur tanpa keraguan dari kesalahan penafsiran oleh Peraturan Permentan Nomor 039 Tahun 2015. Namun Krea Asia telah melalui proses selama lebih dari 460 hari dengan 65 kali pertemuan dan 89 surat menyurat yang akhirnya NeutraLice™ Advance Lotion produk yang mengklaim produk adalah “membasmi kutu rambut” dinyatakan sebagai produk yang ‘tidak memerlukan pendaftaran’, dan bukan termasuk produk yang perlu didaftarkan sebagai produk Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga karena tidak mengandung pestisida.

Instansi Pemerintah diduga berkolusi untuk sengaja mencegah kategorisasi produk legal (sebagai prasyarat untuk registrasi produk) untuk NeutraLice™ Advance Lotion untuk melindungi produk yang telah berada di pasaran. Produk ini mengklaim ‘untuk membunuh kutu rambut’ atau menjadi obat kutu rambut, tetapi tidak sama sekali, atau dalam satu kasus yang terdaftar oleh regulator yang dalam pengkategorian produk salah tanpa data yang diterbitkan pada efektivitas produk. Indonesia saat ini diketahui hanya memiliki satu produk kutu rambut yang terdaftar sejak tahun 1978, yang mengandung bahan neurotoksik. Sedangkan, dibeberapa studi internasional telah menunjukkan bahwa produk dengan kandungan bahan neurotoksik dapat menjadi tidak efektif untuk menangani kutu rambut karena dapat membentuk resistensi terhadap bahan tersebut, serta berbahaya baik untuk lingkungan maupun pengguna. Oleh karena itu, pemerintah diduga berupaya untuk mencegah beredarnya produk yang aman dan efektif bagi masyarakat Indonesia (terutama anak-anak) dengan menolak masuknya NeutraLice™ Advance Lotion dengan menetapkan NeutraLice™ Advance Lotion produk yang tanpa nomor izin edar namun dapat di impor dan di pasarkan bebas sebagai produk bebas bukannya memberikan jaminan dan melindungi masyarakat/konsumen dengan memberikan nomor izin edar di Indonesia. Kebijakan ini juga menguatkan status monopoli produk pembasmi kutu rambut yang terdaftar di Indonesia (dimana produk tersebut terdaftar tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku), mengandung pestisida berbahaya (Hexachlorocyclohexane, atau Gameksan, atau secara internasional disebut Lindan) tanpa peringatan yang sesuai dan jelas, juga tidak terdaftar dalam kategori produk yang tepat (produk kesehatan berbasis pestisida) di Kementerian yang tepatnya di Direktorat Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Kemenkes RI dan Kementerian Pertanian RI dalam hal ini Komisi Pestisida hingga 2015. Semenjak tahun 2015, produk ini telah diregistrasi ulang dengan pestisida yang berbeda, tapi masih diregistrasikan kedalam kategori yang salah (obat) oleh Instansi yang tidak sesuai dengan kewenangannya (B POM).

Krea Asia telah mengadukan tidak konsistennya secara legal dan penggunaan kekuasaan sewenang-wenang selama proses pendaftaran produk kepada Ombudsman RI dan KASN (sesuai dengan penugasan mereka secara hukum) didukung dengan dokumentasi bukti-bukti. Keberadaan dokumentasi dan kemajuan proses (atau tidak adanya kemajuan) telah diteruskan Krea Asia kepada seluruh Anggota Komisi IX DPR RI.

 

Kami meminta masyarakat luas untuk bergabung bersama kami dalam kampanye media sosial kami untuk pendaftaran produk yang tepat bagi produk yang aman dan berkhasiat oleh Perusahaan yang telah memenuhi persyaratan yang berlaku di Indonesia. Dan dalam rangka untuk membawa produk kutu rambut bebas neurotoksik pestisida ke negara ini dengan pembuktian beberapa studi klinis dan kajian peraturan dan catatan pengujian keamanan untuk konsumen dan catatan efektivitas dari Amerika, melalui Eropa, ke Negara Timur dan Australia (berdasarkan produk-produk dari mekanisme kerja sama berdasarkan substansial formulasi serupa oleh produsen yang berbeda) ini akhirnya diakui oleh registrasi produk di Indonesia .

Kami mengundang pihak distributor, pabrik dan para ahli yang bergerak atau tertarik dengan permasalahan penanganan kutu secara modern, teruji, dan memberikan efek untuk kesehatan dan lingkungan untuk menghubungi Krea Asia untuk bertukar pikiran dalam sosialisasi dan peningkatan ilmu pengetahuan (referensi kontak: PROGRESSIVE INDUSTRY).

Distribusi produk kami (ditetapkan belum termasuk produk yang didaftarkan, dapat di impor dan dijual bebas sebagai produk bebas) dengan stok yang terbatas ditujukan untuk menjangkau seluruh kota dan daerah sesegera mungkin dengan kuantitas pemesanan yang disesuaikan dengan pengemasan pabrik (24 x 475 ml NeutraLice™ Advance Lotion per karton), kami menawarkan kontak langsung ke sekolah, orang tua, fasilitas kesehatan umum, atau pihak-pihak yang bergerak dalam penanganan kutu rambut di seluruh Indonesia (referensi kontak: DIRECT ORDER).

Kami terbuka terhadap komunikasi dengan anggota organisasi perlindungan kesehatan, konsumen, dan lingkungan untuk bertukar pandangan (via internet) dalam pencegahan bahaya produk berbasis Lindane (Hexachlorocyclohexane, atau Gameksan) yang masih beredar secara bebas di pasaran dan untuk ikut bergabung untuk bersama-sama mensosialisasikan konsumen awarness dalam memutuskan memilih dan membeli suatu produk (referensi kontak: IMPACT AWARE LIVING).

Mekanisme kerja NeutraLice™ Advance Lotion inovatif dalam membasmi kutu rambut dan telur kutu (nits), yakni dengan cara menutup saluran pernapasan, bukan dengan meracuni kutu rambut. Target NeutraLice™ Advance Lotion adalah mekanisme bernapas kutu rambut yang aman dengan menggunakan formulasi bahan kosmetik dan dermatologi, yang tidak menyebabkan resistensi dan aman bagi lingkungan dan pengguna. Kutu rambut bernapas melalui bagian yang terbuka (spirakel) yang berada di sepanjang tubuh (juga melalui organ serupa yang berada di bagian atas telur kutu), di mana melalui organ tersebut kutu rambut juga mengeluarkan kelebihan kelembaban ketika menghisap darah. Spirakel merupakan organ yang sangat canggih, yang memungkinkan kutu rambut untuk bertahan hidup di bawah air hingga 12 jam. NeutraLice™ Advance Lotion merangsang spirakel ini untuk terbuka dan secara fisik menutup jalur keluar masuknya oksigen, yang berakibat kepada kematian kutu rambut karena kehabisan oksigen.

Kutu rambut merupakan serangga parasit yang menginfestasi ribuan manusia di seluruh dunia, apapun etnis, budaya, kelas sosial, tinggi pendapatan atau kebiasaan kebersihannya. Kutu rambut tidak menularkan penyakit dan tidak berbahaya, namun, produk berbahan neurotoksik atau ilegal sangat mungkin berbahaya. Negara tetangga Indonesia, Australia, mencatat lima (5) hingga enam (6) juta orang kasus infestasi kutu rambut pertahunnya, warga Austalia (khususnya orang tua) dapat memilih hingga lebih dari 20 produk penanganan kutu rambut yang aman dan efektif yang terdaftar pada pemerintah Australia dan didukung oleh studi klinis dan peringatan risiko yang memadai. Kutu rambut mudah menyebar dan berpindah dari satu orang ke orang lain melalui kontak langsung (sebagian besar dari kepala ke kepala) atau melalui benda yang digunakan bersama (seperti helm, sisir, pakaian, handuk, sprei, dan sebagainya). Kutu rambut biasanya menjangkiti anak-anak karena mereka sering melakukan kontak secara dekat antara satu dan yang lain dan tersebar antara saudara dan dari pengasuh anak. Indonesia mungkin memiliki 50 hingga 100 juta jiwa yang terinfestasi kutu rambut. Tidak ada orang yang kebal terhadap kutu rambut dan setiap orang dapat terinfestasi melalui kontak jarak dekat dan tidak dipengaruhi oleh latar belakang atau kebersihan seseorang. Gejala kutu rambut meliputi gatal alergi, goresan karena garukan untuk mengurangi gatal (terbebas dari rasa gatal akibat alegi), sensasi ada yang berjalan, dan tidak dapat tidur, dan dapat secara signifikan mengganggu kehidupan keluarga, jika keluarga tidak dapat membasmi kutu rambut secara cepat dan tepat.

Krea Asia berdedikasi untuk menyediakan produk kesehatan yang terbukti efektif di Asia Tenggara yang ramah lingkungan, modern dan aman bagi pengguna dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di semua latar belakang sosial-ekonomi.

 

– See more at: http://krea-asia.com/press-release-id/#sthash.gcv8eVBZ.dpuf