Published On: Fri, Jan 29th, 2016

Berharap Jadi Pusat Kebajikan, Presiden Jokowi Resmikan Masjid Fatahillah di Balaikota Jakarta

Presiden Jokowi saat meresmikan Masjid Fatahillah di Balaikota, Jakarta (29/1). (Foto:Humas/Rahmat)

Presiden Jokowi saat meresmikan Masjid Fatahillah di Balaikota, Jakarta (29/1). (Foto:Humas/Rahmat)

Jakarta,29 Januari 2016- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Masjid Fatahillah, yang berlokasi di kompleks Balaikota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (29/1) siang. Masjid yang terdiri dari dua lantai, yang mampu menampung 1.500 lebih jamaah ini menggantikan mushala sebelumnya yang hanya terdiri dari satu lantai dan berkapasitas sekitar 200 jamaah.

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengapresiasi upaya Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang dinilainya bisa mewujudkan keinginan gubernur-gubernur sebelumnya agar Balaikota DKI Jakarta memiliki masjid.

Presiden Jokowi mengisahkan, semula dirinya sempat berpikir bahwa Masjid Istiqlal itu milik DKI Jakarta. Tetapi seorang kiai memberitahu dirinya, bahwa Masjid Istiqlal bukan milik DKI Jakarta, tapi milik nasional. Karena itu, Jokowi mengaku saat menjadi Gubernur DKI Jakarta dirinya sempat ingin membuat Masjid Raya.

“Cari-cari tanah ternyata ada juga di pinggir-pinggir, sangat sulit sekali mencari lahannya. Tetapi, ya alhamdulillah dapat di Daan Mogot. Saya itu hanya kebagian meletakkan batu pertamanya saja, tetapi pelaksanaannya 100% ada pada Pak Ahok,” papar Jokowi.

Pusat Kebajikan

Terkait dengan Masjid Fatahillah di Balaikota Jakarta yang diresmikannya, Presiden Jokowi mengaku bersyukur, karena karyawan di sini sangat banyak, ribuan banyaknya. “Sekarang ini alhamdulillah kalau jum’atan tidak jauh-jauh, bisa di dalam kota, di dalam kantor di sini,” ujarnya.

Presiden Jokowi berharap  Masjid Fatahillah ini menjadi simbol bagi lingkungan di kantor pemerintah di Provinsi DKI, bisa memberikan semangat baru. Selain itu Presiden berharap Masjid Fatahillah nanti bisa menjadi pusat kebajikan dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Tampak hadir dalam peresmian Masjid Fatahilllah itu antara lain Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (DNS/ES)

 

sumber: Setkab