Published On: Fri, Sep 9th, 2016

blanja.com Wujudkan Sinergi BUMN Melalui Pembinaan UKM

CEO Telkom Group Alex J. Sinaga (kedua kanan) bersama Direktur Digital and Strategic Portfolio Telkom Indra Utoyo (kanan) sedang menjelaskan produk digital blanja.com kepada Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno dalam ajang Indonesia Business and Development Expo 2016 di Jakarta Convention Center, Kamis (8/9).

CEO Telkom Group Alex J. Sinaga (kedua kanan) bersama Direktur Digital and Strategic Portfolio Telkom Indra Utoyo (kanan) sedang menjelaskan produk digital blanja.com kepada Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno dalam ajang Indonesia Business and Development Expo 2016 di Jakarta Convention Center, Kamis (8/9).

Jakarta, 8 September 2016 – Sebagai wujud nyata sinergi BUMN Hadir untuk Negeri, Telkom Group menghadirkan produk-produk retail BUMN serta UKM binaan BUMN melalui platform digital. Produk-produk tersebut telah siap dipasarkan dalam bentuk digital melalui platform e-commerce blanja.com.
“Kami percaya bahwa teman-teman UKM memiliki kekuatan besar dan mampu merubah wajah perekonomian Indonesia masa depan melalui produk-produk mereka yang berkualitas. Melalui digital commerce, kami berupaya untuk mendukung langkah bisnis mereka semakin mudah dan modern,” ujar Direktur Digital and Strategic Portfolio Telkom Indra Utoyo di Jakarta, Kamis (8/9).

Beberapa perusahaan BUMN yang sudah bergabung di blanja.com diantaranya Pertamina Lubricants, BULOG, Kimia Farma, Pupuk Indonesia, dan beberapa perusahaan BUMN lainnya. Selain produk retail dari BUMN itu sendiri, Telkom Indonesia, PNM (Permodalan Nasional Madani), Jasa Raharja, dan Pertamina juga memiliki banyak mitra binaan UKM masing-masing yang telah menyediakan produk-produk mitra UKM unggulannya.

Selain menghadirkan produk-produk BUMN dan UKM BUMN, blanja.com juga dipercaya untuk memberikan pelatihan dan pendampingan secara berkesinambungan kepada mitra binaan UKM BUMN tersebut. Saat ini, produk UKM binaan BUMN sudah mencapai hingga 2.600 produk. Selain perusahaan BUMN penyedia barang dan jasa, blanja.com juga menjalin kerjasama dengan salah satu bank BUMN terbesar yaitu Bank BRI dengan promo cicilan 0% dan cashback sebesar 10% dengan minimum pembelanjaan Rp 1.000.000.

CEO blanja.com Aulia E. Marianto mengatakan, “Kami akan terus mengajak lebih banyak lagi pelaku-pelaku UKM, khususnya UKM yang menjadi mitra binaan BUMN karena platform e-commerce bisa menjadi jembatan bagi mereka untuk bersaing secara global.”

Seiring dengan pertumbuhan ecommerce di Indonesia, blanja.com konsisten dengan model bisnis open marketplace dengan dukungan Telkom Indonesia sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia dan eBay sebagai pemain ecommerce raksasa dunia. blanja.com bukan hanya fokus kepada konsumen, namun juga kemajuan para penjual. Hingga Agustus 2016, telah tercatat lebih dari 7.300 penjual yang telah bergabung dan 80%-nya merupakan para pemain UKM lokal, baik secara personal maupun perusahaan kecil.

“Kami senantiasa berupaya untuk terus meningkatkan jumlah UKM serta BUMN yang berpartisipasi dalam blanja.com. Sinergi BUMN yang telah kami wujudkan, akan memperkuat ekosistem e-commerce di Indonesia. Hal ini sejalan dengan tekad kami untuk membangun masyarakat digital Indonesia,” tutup Indra Utoyo.

blanja.com hadir pada ajang Indonesia Business and Development Expo 2016, yang merupakan kegiatan forum bisnis dan pameran dagang berskala nasional dan internasional sebagai perwujudan semangat solidaritas baru masyarakat bisnis indonesia, khususnya BUMN guna mewujudkan sinergi kemitraan. Bersama dengan Telkom Indonesia, blanja.com menawarkan kemudahan pagi BUMN dan para pelaku UKM untuk menuju penjualan digital melalui e-commerce dan solusi telekomunikasi di dalamnya termasuk penyediaan akses data, solusi bisnis dan pengembangan bisnis.