Published On: Thu, Aug 27th, 2015

Blibli.com 4 Tahun: Terus Berinovasi dan Fokus Kepuasan Pelanggan

Share This
Tags

logo blibliJakarta, 27 Agustus 2015 –   Mal online pertama buatan bangsa Indonesia, Blibli.com genap berusia empat (4) tahun pada 25 Juli lalu. Usia empat tahun belum rentang yang panjang tapi Blibli.com merasakan sejumlah pencapaian selama empat tahun ini.

“Sebagai pelopor mal online pertama di Indonesia, kami merasa bahagia ikut merasakan dinamika e-commerce tanah air yang bertumbuh pesat pada beberapa tahun ini, dimana kami mengalami mengalami peningkatan partner merchant, perbankan, dan logistik maupun animo pengunjung,” kata Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com Kusumo Martanto.

Blibli.com pada semester I-2015 menyediakan 11 Kategori, menawarkan lebih dari 350.000 produk dari 6.000 merek, bermitra dengan lebih dari 2.500 merchant partner dan 15 bank. Pada awal berdiri di tahun 2011, Blibli.com hanya menawarkan 5.000 produk, mempunyai 30 merchant partner dan dukungan dua mitra perbankan.

Blibli.com kini mendapat lebih dari 1 juta kunjungan per hari dimana lebih dari 55% merupakan returning visitors, sementara pelanggan setia tidak hanya datang dari Pulau Jawa, tapi  sudah merambah ke Sumatra, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua. Saat ini Blibli.com sudah memiliki customer base di 34 provinsi, dengan kata lain telah melayani di seluruh Indonesia.

“Blibli.com menjadi satu-satunya e-commerce di Indonesia yang memberikan fasilitas free shipping ke seluruh Indonesia, dan melihat penyebaran konsumen yang semakin merata menunjukkan masyarakat semakin menikmati kemudahan fasilitas tersebut,” kata Kusumo.

 

Inovasi dan Pengembangan Bisnis 

Pertengahan tahun lalu Blibli.com melakukan rebranding melalui penggantian logo agar terlihat lebih dinamis dan mengubah slogan dari “Anytime, Anywhere Shopping” menjadi “Big Choices Big Deals”.

Logo dan slogan baru ini menunjukkan komitmen Blibli.com menawarkan banyak produk, tawaran menarik, dan layanan terbaik untuk memberikan pengalaman berbelanja yang memuaskan. “Kami akan melakukan sejumlah inovasi dan pengembangan bisnis untuk mewujudkan pengalaman e-commerce terbaik agar memberi pengalaman hidup lebih baik kepada masyarakat Indonesia,” ujar Kusumo.

Komitmen memberikan banyak tawaran produk menarik diwujudkan melalui kerjasama strategis dengan pemilik brand internasional untuk menjadikan Blibli.com sebagai authorized online distribution channel dan new product launching platform. Bahkan beberapa brand internasional memilih menjadikan Blibli.com sebagai official online store seperti Nike Indonesia. “Kami masih akan terus menjalin kemitraan ini bersama pemilik brand internasional lainnya,” jelasnya.

Sebagai mal online buatan bangsa Indonesia, Blibli.com juga peduli terhadap pengembangan produk lokal dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). “Karena e-commerce bisa memperluas jangkauan calon pembeli potensial bagi para UKM tanpa mereka perlu mengeluarkan biaya besar untuk promosi atau jaringan toko,” kata Kusumo. Keseriusan ini ditunjukkan oleh Blibli.com untuk membentuk tim khusus menangani UKM yang saat ini telah ada lebih dari 1.000 UKM yang mulai bergabung di Blibli.com.

Selain itu untuk kemudahan distribusi barang ke berbagai wilayah, Blibli.com berencana membangun warehouse di 9 kota besar dan last-mile delivery station di berbagai kota untuk mempercepat pengiriman barang. Di sisi lain karena memahami masyarakat di kota-kota besar semakin minim waktunya di rumah maka Blibli.com bekerjasama dengan perusahaan logistik NEX Logistics dan 7-Eleven untuk Layanan NEX-KITA (Kirim, Titip, Ambil), dimana Blibli Shopper bisa mengambil barang yang dibeli di Blibli.com di loker yang akan ditempatkan di semua gerai 7-Eleven. Blibli.com menjadi e-commerce pertama yang menerapkan sistem loker dalam pengiriman barang ke konsumen.

Menambah pilihan metode pembayaran juga menjadi prioritas agar Blibli Shopper semakin nyaman berbelanja. Selain nantinya bisa membayar barang pesanan di gerai convenience store agar memudahkan orang yang tidak memiliki rekening bank bisa melakukan pembayaran secara tunai.

Tidak hanya itu, kini Blibli Shopper bisa menikmati fasilitas pembayaran via transfer ATM Payment BCA yang saat ini mencapai 16.700 gerai di seluruh Indonesia. “Tentu ini menjadi salah satu kemudahan bagi konsumen karena gerai ATM BCA tersebar di seluruh Indonesia,” kata Kusumo menegaskan.

 

Aplikasi Mobile dan Memaksimalkan User Experience

Penetrasi smartphone di Indonesia memberi efek pertumbuhan pengguna internet dan peningkatan transaksi mobile commerce (m-commerce). Seperti hasil riset Google bekerjasama dengan lembaga TNS Global Market Research yang dirilis Agustus ini menyebutkan bahwa sekitar 67% para pemilik smartphone di Indonesia lebih memilih smartphone-nya sebagai alat untuk berbelanja online.

Sedangkan laporan State of Mobile Commerce triwulan kedua 2015 dari Criteo juga menyebutkan transaksi dari ponsel (mobile commerce) memberi kontribusi 34% dari total transaksi e-commerce di Indonesia.

Sejak awal berdiri hingga semester I-2015, Blibli.com mengalami pertumbuhan signifikan dimana pengunjung melalui mobile terus meningkat. “Saat ini total pengunjung Blibli.com didominasi perangkat mobile mencapai 61%, dan desktop sebesar 39%,” kata Kusumo.

“Kita ketahui saat ini ada lebih dari 308,2 juta pelanggan mobile atau lebih dari 120% dari total populasi Indonesia. Hal ini ternyata membawa perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja online,” ungkap Kusumo. Dia menguraikan perangkat mobile menginspirasi pembelian, membuat pengguna bisa melakukan riset terlebih dulu sebelum memutuskan membeli suatu barang, hingga akhirnya memutuskan belanja dan senang membagi pengalaman belanjanya di akun social media pribadi.

“Aplikasi mobile Blibli.com justru memungkinkan kami melayani pelosok Indonesia hingga kabupaten/kota seperti Bireuen, Sambas, Pasuruan, Sumba Timur dan Maluku Tenggara merupakan kota-kota pelanggan mobile commerce Blibli.com,” katanya.

“Kami ingin memberikan user experience lebih bagus dan seamless di semua devices baik mobile web, mobile native app dan web,” kata Kusumo seraya menjelaskan bahwa sejak awal berdiri Blibli.com sudah menanamkan investasi di mobile platform dengan meluncurkan situs Blibli.com versi tablet pada 2012, kemudian meluncurkan aplikasi mobile berbasis Android pada awal 2014 yang pada pertengahan tahun ini diperbaharui secara total dari sisi tampilan, kemudahan mencari barang dan berbelanja maupun kecanggihan teknologi di dalamnya.

 

–end—