Published On: Thu, Jun 23rd, 2016

Blibli.Com Berikan End To End Solution dengan System Pergudangan Moderen

blibli_gudangJakarta, 22 Juni 2016 – Sebagai pelopor online shopping mall di Indonesia, Blibli.com terus menunjukkan eksistensinya sebagai salah satu online shopping terbesar di Tanah Air yang tetap berkomitmen memberikan pengalaman berbelanja online yang aman, nyaman, mudah, menyenangkan, dimana saja dan kapan saja.

E-commerce lebih dari sekadar berjualan secara online, melainkan tentang bagaimana membuat ekosistem yang aman dan nyaman untuk seluruh stake holder belanja online. Untuk itu, kami fokus menghadirkan value ke dalam e-commerce,” jelas Kusumo Martanto, CEO Blibli.com.

Inilah alasan kenapa Blibli.com selalu mengedepankan “kenyamanan” sejak kali pertama didirikan pada tahun 2011 silam. Mulai dari membangun e-commerce dengan platform yang mudah dan nyaman di akses lewat berbagai jenis perangkat, memberikan layanan 24/7 untuk para pelanggan, hingga menghadirkan beragam pilihan produk yang sesuai dengan beragam jenis kebutuhan.

“Ada ratusan ribu produk pilihan dari 15 kategori yang tersusun sistematis, mulai dari kategori Handphone, Fashion, Ibu & Anak, hingga Galeri Indonesia. Blibli.com juga dipercaya untuk menjadi official online store untuk puluhan brand dan merchant ternama. Ini semua tidak lepas dari upaya Blibli.com dalam menghadirkan lebih banyak pilihan dan memberikan jaminan kualitas kepada konsumen belanja online,” ungkap Kusumo Martanto.

Blibli.com juga serius membangun ekosistem e-commerce dalam upayanya menghadirkan end to end solution bagi para online shoppers.

“Kami tidak hanya concern pada front end solution, tapi juga back-end-nya. Karena kami percaya bahwa jaminan kualitas harus didukung sistem terintegrasi, mulai dari sistem manajemen di gudang penyimpanan, manajemen stock, sistem quality control, proses packaging (pengemasan), hingga pengiriman barang yang tepat waktu,” sambung Kusumo Martanto.

 

Sistem Otomatisasi Gudang

Blibli.com melengkapi ekosistem e-commerce-nya dengan sistem pergudangan modern dan layanan ekspedisi Blibli express. Hingga saat ini, ada tiga warehouse atau gudang penyimpanan barang di Jakarta, yakni di Cawang, Cakung, dan Batu Ceper, dengan total

 

 

area seluas 16.000 m2. Blibli.com juga tengah menyiapkan 6 gudang tambahan dengan total area seluas 200.000 m2, lengkap dengan 200 fullfilment center.

Sistem pergudangan Blibli.com terintegrasi dengan semua barang yang masuk dan keluar dapat terdata dengan rapih. Semuanya terintegrasi dengan online database, sehingga stock barang, mulai dari jumlah, jenis hingga lokasi penempatan di dalam gudang terdata secara  real-time.

Mengandalkan sistem kontrol yang rapih dan modern inilah, Blibli.com bisa menekan angka kesalahan dalam processing order, mulai dari proses pemesanan, sinkronisasi stock, QC, packaging hingga pengiriman barang.

“Sistem pergudangan yang kami punya menaungi semua alur proses, mulai dari saat kali pertama barang masuk (inbound), tahapan QC, penyimpanan, processing order, packaging, hingga barang siap dikirim (outbond) melalui Blibli Express maupun partner ekspedisi Blibli.com, “ jelas Kusumo Martanto.

Lebih lanjut, Kusumo menyebut bahwa sistem pergudangan Blibli.com di desain untuk mengotomatisasi alur proses. Semua proses dilakukan menggunakan perangkat digital yang terintegrasi dengan sistem. Sehingga lebih efisien dan almost zero mistake.

Untuk kepuasan dalam berbelanja, Blibli.com juga membuat layanan pengembalian produk dengan batas waktu klaim 15 hari setelah produk diterima pelanggan. Blibli.com juga menghadirkan layanan Customer Care 24/7, yang siaga membantu pelanggan dalam berkonsultasi atau bertanya seputar produk dan layanan Blibli.com, termasuk selama bulan Ramdhan ini.

Big Fans of Good Life Ramadhan.

Memasuki minggu kedua bulan Ramadhan, aktifitas belanja online di Blibli.com mengalami lonjakan yang signifikan jika dibanding hari-hari biasa. Terlebih dengan digelarnya beragam program Ramadhan, mulai dari belanja kebaikan hingga Mobil Baru 10 Ribu.

“Peningkatannya sangat tajam. Kategori pakaian dan kuliner yang meningkat paling tajam,” ungkap tabah Yudhananto, Senior Manager Digital Marketing, Research dan CRM Blibli.com.

Sementara, untuk tetap memberikan layanan terbaiknya, Blibli.com melakukan langkah antisipasi dengan menaikkan kapasitas layanan warehouse dan logistik hingga 2x lipat. “Kami ingin memastikan pelanggan bisa mendapatkan barang pesanannya tepat waktu. Sehingga pelanggan tetap bisa merasakan nyamannya berbelanja di Blibli.com seperti hari-hari biasanya,” jelas Kusumo Martanto.

Beberapa consumer promo selama bulan Ramadhan dan menyambut hari raya lebaran digelar Blibli.com dengan beragam bentuk sesuai kebutuhan konsumen setia Blibli.com.

 

“Kami memiliki 2 tipe besar consumer promo, yakni promo yang berlaku untuk semua kategori yang ada di Blibli.com, dan ada juga yang khusus hanya berlaku di kategori tertentu” Jelas Tabah Yudhananto.

Promo yang berlaku di semua kategori produk pilihan Blibli.com seperti #BelanjaKebaikan, Same day delivery, Double THR, dan Promo #MobilBaru10Ribu. Tidak berhenti sampai di situ, spesifik kategori pun menggelar promosi yang tidak kalah menarik. Mulai dari promo untuk Ibu dan Anak, Fashion wanita dan Fashion Pria, Kebutuhan Rumah tangga dan bahan masakan, sampai ke kategori hobi seperti kamera, gadget dan elektronik.

“Bagi kami, kepuasan pelanggan adalah prioritas utama. Untuk itulah semua penawaran di Blibli.com selalu mengedepankan Jaminan Kualitas dan beragam kemudahan, mulai dari gratis pengiriman ke seluruh Indonesia, metode pembayaran yang beragam, hingga cicilan 0% untuk seluruh kategori produk,” Sambung Kusumo Martanto.

Lebih dari itu, ada beberapa kelebihan yang ditawarkan Blibli.com dibandingkan online shop lainnya. Salah satu yang paling menjadi daya tarik utama adalah gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia, serta Cicilan 0% untuk semua produk dengan jangka waktu hingga 12 bulan di 15 bank terkemuka di Indonesia, yakni ANZ, Bank Central Asia (BCA), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), CIMB Niaga, CitiBank, Bank Danamon, Bank HSBC, Bank Mandiri, Bank Maybank MNC, Bank OCBC NISP, Bank Panin, Bank Permata, Standard Chartered Bank, dan Bank UOB.

Blibli.com juga menjamin sistem pembayaran yang mudah, aman dan terpercaya, dengan metode pembayaran yang bervariasi dan aman dengan sertifikasi VeriSign dan Credit Card Fraud Detection System. Blibli.com memudahkan pelanggan melakukan transaksi dengan menyediakan berbagai macam metode pembayaran yang praktis dan mudah.

Metode pembayaran yang disediakan Blibli.com antara lain, bayar ditempat (COD), Internet Banking (BCA KlikPay, KlikBCA, e-Pay BRI, CIMB Clicks, Mandiri Clickpay), Kartu Debit/Kredit dari 15 bank terkemuka, Transfer ke Rekening BCA dan Bank Mandiri, Transfer via ATM BCA, Uang Elektronik (XL Tunai, Sakuku, Mandiri e-Cash), dan pembayaran Bayar di Toko (Indomaret dan Pos Indonesia).