Published On: Thu, Apr 28th, 2016

Blibli.com Hadir di Indonesia E-Commerce Summit & Expo (IESE) 2016 Memperkenalkan Kategori Galeri Indonesia

Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com Kusumo Martanto menjelaskan website Blibli.com saat Presiden RI Jokowi membuka Pameran IESE 2016 dan mampir ke booth Blibli.com

Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com Kusumo Martanto menjelaskan website Blibli.com saat Presiden RI Jokowi membuka Pameran IESE 2016 dan mampir ke booth Blibli.com

Jakarta, 27 April 2016 –  Sebagai salah satu pelopor pelaku e-commerce lokal sekaligus mal online pertama dan terbesar di Indonesia, Blibli.com berkomitmen mendorong kemajuan industri e-commerce dengan mengajak dan merangkul para merchant partner yang sebelumnya hanya ada di offline, mulai dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM), brand lokal, dan brand global untuk masuk ke ranah e-commerce.

 

Pada momentum kehadiran di Indonesia E-Commerce Summit & Expo (IESE) 2016 yang berlangsung di Indonesia Convention & Exhibition (ICE) BSD Tangerang pada 27-29 April 2016, Blibli.com menegaskan dukungan memajukan brand lokal dengan menghadirkan kategori khusus bernama Galeri Indonesia.

 

Galeri Indonesia merupakan kategori khusus menghadirkan produk atau brand lokal yang sudah diseleksi, sebagai referensi konsumen untuk memilih produksi dalam negeri dan dibuat dari material yang ada di Indonesia.

 

“Seperti halnya Blibli.com yang merupakan e-commerce asli buatan orang Indonesia, maka kami juga ingin memajukan berbagai brand lokal agar menjangkau seluruh pelosok Indonesia melalui e-commerce,” kata Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com Kusumo Martanto. “Produk atau brand lokal sebenarnya banyak yang memiliki sejumlah keunggulan, baik dari sisi kualitas, menawarkan desain menarik, atau teknologi yang tidak kalah dari brand global,” tegasnya.

 

Di kategori Galeri Indonesia, konsumen dapat mencari berbagai produk mulai dari dekorasi rumah dan pernak pernik, ragam destinasi wisata tanah air serta tiket pertunjukan kesenian dan pertandingan olahraga, hingga kekayaan kuliner nusantara dan kosmetika tradisional.

 

Industri e-commerce memang beberapa tahun ini semakin bertumbuh seiring penetrasi internet dan pertumbuhan pengguna smartphone di tanah air. Indonesia Startup Report 2015 menyebutkan, pengguna internet pada 2015 bertumbuh sekitar 33 persen dibandingkan tahun 2014 yaitu terdapat 83,6 juta pengguna internet. Generasi muda dengan rentang usia 20-39 tahun mendominasi pengguna internet, sebesar 70 persen. Sehingga bisa dipastikan internet dan industri berbasis digital menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di masa depan.

 

Dengan potensi tersebut, belanja memanfaatkan transaksi elektronik (e-commerce) akan menjadi gaya hidup masyarakat. Di sisi lain, industri e-commerce juga menggeliatkan kemajuan dan kreatifitas di bidang teknologi dan entrepreneurship. Sebagai contoh, industri perbankan dan logistik melahirkan inovasi dan dan ide layanan untuk mengakomodir layanan e-commerce. Selain itu, di bidang entrepreneurship banyak contoh anak muda membuat ide kreatif dan handmade yang dijual secara online.

 

Pada pameran e-commerce terbesar dan pertama kali diadakan di Indonesia ini, Kusumo akan menjadi salah satu pembicara dengan tema “Value Creation in E-Commerce” pada rangkaian pertemuan tingkat tinggi (summit session) pada hari pertama IESE 2016.
“E-commerce Indonesia akan semakin berkembang lebih besar, karena saat ini kontribusi transaksi e-commerce baru sekitar 0,6% atau kurang dari 1% dari total transaksi ritel nasional,” kata Kusumo.
“Dengan merangkul para partner baik merchant, perbankan dan logistik, akan timbul aspek ekonomi dan sosial yaitu meluasnya transaksi jual-beli, membuka kesempatan konsumsi barang secara yang merata, dan menciptakan lapangan pekerjaan,” jelas Kusumo.

 

Kegiatan Blibli.com selama IESE 27-29 April 2016

Pada IESE 2016 ini, Head of Operation and Head of Product Management Blibli.com Lisa Widodo juga akan membagi pengalaman pada sesi workshop bertema “Leveraging Shipping Algorithm for Better E-Commerce Experience” pada Jumat, 29 April 2016.

 

Selain itu, selama ajang IESE 2016 berlangsung, booth Blibli.com akan menempati area Nusantara Hall – ICE BSD, mengajak pengunjung berbelanja online melalui Real Deal IESE Promo dimana setiap transaksi minimal Rp300 ribu mendapat kesempatan membawa pulang iPhone 6 dan sejumlah hadiah lainnya; registrasi member dan Online Shopping Race.