Published On: Fri, Nov 18th, 2016

Blibli.com Li Ning Superliga Junior 2016: Lambang Supremasi Baru Kejuaraan Badminton Beregu Usia Bawah 19 tahun

Blibli.com mendukung penuh regenerasi badminton Indonesia, sebanyak 8 regu putra dan 7 regu putri masing-masing memperebutkan piala bergilir Liem Swie King dan Susi Susanti dan total hadiah uang tunai senilai Rp400 juta

 

 bli2

Jakarta, 16 November  2016 Badminton menjadi cabang olahraga kebanggaan bangsa yang berhasil membawa nama harum nama Indonesia ke mancanegara. Sejumlah prestasi yang diraih atlet badminton telah menempatkan Indonesia di berbagai kejuaraan bulu tangkis bergengsi dunia mulai dari Olimpiade, Piala Sudirman, Piala Thomas, Piala Uber, All England, dan Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis BWF.

 

Mal online pertama dan terbesar di Indonesia Blibli.com menyadari peran pembinaan klub dan kompetisi menjadi upaya regenerasi penerus prestasi di dunia bulutangkis Indonesia. Sebagai e-commerce asli Indonesia, Blibli.com mendukung dunia olahraga badminton tanah air dengan menggelar Blibli.com Li Ning Superliga Junior U-19 2016, suatu kejuaraan bulutangkis nasional beregu antarklub dan dibatasi untuk kelompok umur U-19, berlangsung di gedung GOR Djarum Magelang, Jawa Tengah 21-26 November 2016.

 

Kejuaraan ini berformat seperti kejuaraan Thomas Cup dan Uber Cup. Setiap tim terdiri dari 10 pemain putra dan 10 pemain putri. Turnamen ini menfasilitasi para pemain muda klub sebelum mereka bertanding di tingkat Superliga Badminton.

 

Para atlet muda ini akan memperebutkan piala bergilir Piala Liem Swie King untuk tim putra, dan untuk putri dengan nama Piala Susi Susanti. Nama Liem Swie King dan Susi Susanti pun dipilih bukan tanpa alasan. Liem Swie King sendiri merupakan pemain yang berhasil merebut medali emas piala Thomas selama tiga kali pada 1976, 1979 dan 1984. Sementara itu, Susi Susanti telah merebut dua kali medali emas piala Uber di tahun 1994 dan 1996. Tak hanya prestasi yang mengharumkan bangsa, keduanya juga tercatat mendapatkan penghargaan Hall of Fame dari Badminton World Federation pada tahun 2004.

 

Selain piala bergilir, kejuaraan Blibli.com Li Ning Superliga Junior U-19 2016 menyediakan hadiah uang tunai total senilai Rp400.000.000 (Rp400 juta); dimana tim putra dan tim putri masing-masing memperebutkan hadiah total sebesar Rp200.000.0000 (Rp200 juta) dengan detil Juara Pertama mendapatkan Rp100.000.000 (Rp100 juta), Juara Kedua mendapatkan Rp50.000.000 (Rp50 juta) dan Juara Tiga Bersama masing-masing mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp25.000.000 (Rp25 juta).

 

Setiap tim yang bertanding juga mendapat bantuan biaya transportasi dan akomodasi sebesar Rp20.000.000 (Rp20 juta) yang diberikan pada hari pertama tim tersebut datang ke Magelang.

 

Blibli.com sebagai e-commerce asli Indonesia ingin juga mendukung cabang olahraga yang menjadi kebanggaan sekaligus pemersatu semangat persatuan bangsa Indonesia. “Cabang olahraga badminton sangat dicintai masyarakat dan dukungan kami ini menjadi bagian dari menghadirkan kompetisi yang berperan  terhadap regenerasi atlet badminton di Indonesia. Kami berharap popularitas badminton akan memajukan industri badminton itu sendiri,” kata Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com Kusumo Martanto.

 

Blibli.com sebelumnya pernah menjadi sponsor utama Kejuaraan Badminton Asia Junior U-17 dan U-15 pada 2015 dan 2016 lalu. Pada kesempatan kali ini pun, sambung Kusumo, Blibli.com ingin ikut andil sebagai bagian dari pengembangan kualitas para atlet muda berbakat Indonesia sebelum melangkah ke perlombaan internasional. “Harapan kami, Blibli.com bisa membantu para atlet ini dapat terus mempertahankan prestasi yang pernah ditorehkan para atlet senior sebelumnya,” tegasnya.

 

“Kami yakin kompetisi merupakan cara mengasah kemampuan para atlet muda. Li Ning sebagai merek perlengkapan olahraga bangga bisa dapat berpartisipasi dalam  kejuaraan Superliga Junior U-19 dan menjadi bagian dari kejuaraan yang baru pertama kali diselenggarakan di indonesia,” kata Dewi Meina Santi, General Manager PT Sunlight Sports Indonesia sebagai pemegang merek Li Ning di Indonesia.

 

Basri Yusuf, Kepala Bidang Pengembangan Demisioner PP Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), menilai turnamen ini menjadi satu ajang baru untuk berkompetisi para bibit berbakat. “Selain itu, ajang ini dapat sekaligus mengukur kompetensi setiap atlet-atlet muda di Indonesia untuk berlanjut ke jenjang perlombaan skala dunia.”

 

Senada dengan pendapat Basri, Yoppy Rosimin, Ketua PB Djarum/Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation mengutarakan bahwa kompetisi ini menjadi sebuah sarana tolok ukur kesiapan para atlet muda sehingga lebih matang lagi. “Klub menjadi salah satu wahana pengasahan kemampuan atlet muda. Dan, kami berharap melalui turnamen ini menjadi ajang mengasah para pemain muda  yang bisa mengharumkan nama Indonesia ke depannya.”

 

Kompetisi antar regu pertama di Indonesia ini menjadi angin segar untuk kemajuan perbulutangkisan nasional. Legenda bulutangkis Susi Susanti mengatakan sebuah kebanggaan tersendiri bisa terpilih sebagai nama piala dari ajang bergengsi untuk para atlet muda tersebut. Mengenai kegiatan ini sendiri pun, Susi melihat kompetisi beregu ini punya keunikan tersendiri. “Selain mengasah kemampuan, pemain pertandingan beregu harus mampu menahan ego serta mengasah solidaritas kepada antar rekannya untuk semangat memenangkan pertandingan,” ujarnya.

 

Sementara Ketua Panpel Blibli.com Li Ning Superliga Junior U-19 2016 Andy Kridasusila menjelaskan bahwa pada kejuaraan tahun ini akan diikuti peserta Putra terdiri dari 8 regu yaitu Exist Jakarta, Djarum Kudus, Mutiara Cardinal Bandung, Jaya Raya Jakarta, SGS PLN Bandung, Wilayah Jatim-Bali, Wilayah Jateng-DI Yogya dan Wilayah Jabar-Banten. Tim Putri terdiri dari 7 regu yaitu Djarum Kudus, Mutiara Cardinal Bandung, Jaya Raya Jakarta, SGS PLN Bandung, Wilayah Jatim-Bali, Wilayah Jateng-DI Yogya dan Wilayah DKI Jakarta.

 

Pecinta bulutangkis tanah air pun bisa turut memantau sengitnya para pebulutangkis muda Indonesia bersaing. Update turnamen mulai dari berita, live score dan live streaming bisa diakses di www.djarumbadminton.com selama turnamen berlangsung. Fasilitas Media Center untuk para media, serta tak ketinggalan kehadiran booth Blibli.com di GOR Djarum Magelang, Jawa Tengah 21-26 November 2016 guna memperkenalkan e-commerce kepada penonton pertandingan dan masyarakat di area DI Yogyakarta dan Jawa Tengah.