Published On: Mon, May 25th, 2015

Bosch Drive and Control Buka Kantor di Indonesia

Share This
Tags

Bosch1Jakarta – Bosch, penyedia teknologi dan layanan global terkemuka, melalui Bosch Rexroth memperluas bisnis Drive and Control di Indonesia dengan memperkokoh kehadirannya di dalam negeri. Pada semester kedua 2015, Bosh merencanakan untuk membuka kantor baru di Sumatera Selatan, menambahkan kantor-kantor yang telah didirikan di beberapa kota sebelumnya yaitu, Jakarta, Medan, Semarang, Surabaya, Makassar, dan Balikpapan.

Sebagai pemimpin dalam industri yang terkait solusi motion, drive and control (segala hal yang membutuhkan pergerakan alat), Bosch Rexroth melihat adanya potensi yang kuat untuk memenuhi beragam kebutuhan berbagai bisnis di industri berat yang saat ini tengah berkembang di berbagai daerah di Indonesia. “Kami melihat Sumatera Selatan merupakan salah satu daerah yang memiliki perkembangan positif untuk industri berat. Dengan pembukaan kantor ini, kami dapat menyediakan akses mudah bagi klien, khususnya untuk layanan purna-jual,” kata Ronald Suurd, Managing Director Bosch Rexroth, lini bisnis Bosch yang fokus pada drive and control di Indonesia.

Keahlian Bosch Rexroth meliputi sistem hidrolik yang canggih, hingga sistem drive and control yang mampu memindahkan mesin ringan ataupun berat serta segala perangkat yang beratnya mencapai 50 ribu ton. Layanan ini juga dapat menggerakkan dengan presisi yang sangat akurat hingga ke skala nano. “Teknologi ini dapat diterapkan untuk beragam industri, mulai dari kecil sampai besar, dari yang sederhana hingga yang rumit,” ucap Ronald.

Bosch Rexroth menyediakan produk, solusi, dan layanan yang komprehensif dan beragam serta disesuaikan dengan kebutuhan dari sektor pertambangan dan penggalian (quarrying), pabrik gula, pabrik kertas, pengerjaan baja dan besi, makanan dan pengemasan, minyak sawit, bahan baku (gula, karet, etc.), otomotif dan bahkan industri kimiawi.

“Setiap industri dan daerah memiliki kebutuhan dan tantangan yang berbeda yang akan berdampak kepada operasional bisnis untuk pemain industri berat. Kedekatan pada lokasi klien berada membuat kami memahami lebih baik kebutuhan mereka. Kami juga dapat memberikan solusi yang disesuaikan secara khusus dengan tantangan dan kebutuhan spesifik mereka,” ujar Ronald.

Usaha dan performa Bosch secara global

Solusi teknologi inovatif merupakan hasil dari riset dan pengembangan intensif yang memperhatikan keselamatan dan berkomitmen kepada siklus kehidupan. Bosch Rexroth telah berinvestasi sebanyak EUR 370 juta kepada divisi riset dan pengembangan untuk mendorong inovasi secara agresif, meningkatkan dan memperluas portofolio produk, sebelum menggabungkannya untuk membuat konsep mesin yang lebih canggih dan adaptasi solusi untuk kebutuhan regional. “Investasi ini menggunakan sekitar enam persen dari total pendapatan penjualan. Hal ini menunjukkan besarnya usaha perusahaan untuk mengembangkan produk dan layanan demi memenuhi kebutuhan klien di bisnis operasional melalui riset,” seperti yang diutarakan oleh Ronald.

Persentase sebanyak 6 persen didasari oleh total pendapatan penjualan yang diterima oleh Bosch Rexroth sebesar EUR 5,7 miliar secara global di 2013. Eropa memberi kontribusi terbesar dengan mendapatkan EUR 3,4 miliar. Peringkat selanjutnya dihuni oleh Asia Pasifik dan Afrika dengan EUR 1,3 miliar dan pada akhirnya daerah Amerika dengan EUR 1 miliar.

Masa depan Drive and Control di Indonesia

Kepulauan Indonesia memiliki sumber daya berlimpah yang dikelola dalam skala besar, mulai dari industri pertambangan, sampai gula, dan kimiawi. Bosch optimistis mengenai masa depan bisnis perusahaan di Indonesia dengan solusi teknologinya yang maju. Kekayaan pengalaman yang berasal dari divisi riset dan pengembangan menghasilkan solusi bernilai tambah.

“Sebelum 1998, layanan kami berbasis di Singapura. Untuk efektivitas dan efisiensi, sekarang kami terletak di beberapa kota besar demi melayani kebtuhan sesuai ekspetasi pelanggan terhadap Bosch Rexroth,” ujar Ronald. Sejak 2002, drive and control merupakan salah satu kontributor utama bisnis Bosch di Indonesia, “Kebutuhan klien kami terus meningkat. Dengan kehadiran kami di Sumatera Selatan, kami akan lebih dekat ke klien kami.”

*selesai*