Published On: Thu, Jun 9th, 2016

BRIsat Melesat Tanggal 16.6.16

16616Jakarta,9 Juni 2016 – Pasca penundaan peluncuran BRIsat dalam misi peluncuran VA 230 yang dijadwalkan 8 Juni 2016 waktu Kourou, Guyana Perancis, Arianespace telah menetapkan tanggal baru untuk peluncuran seperti yang dijabarkan dalam press release perusahaan asal Perancis tersebut (http://www.arianespace.com/press-release/flight-va230-echostar-xviii-and-brisat-new-targeted-date-for-launch-june-16-2016/).

Arianespace menjadwalkan Satelit BRI (BRISat) segera dapat meluncur pada tanggal 16 Juni 2016 waktu Kourou, Guyana Perancis, atau 17 Juni dini hari waktu Indonesia, atau 8 hari dari tanggal peluncuran semula, setelah melakukan penggantian konektor cairan antara kriogenik bagian atas roket Ariane 5 dengan landasan peluncuran landasan peluncur ELA-3.

Direktur Utama Bank BRI, Asmawi Syam, menyampaikan, “Alhamdullilah, setelah dilakukan evaluasi menyeluruh, akhirnya Arianspace menetapkan Satelit BRI (BRISat) segera dapat meluncur pada tanggal 16.6.16 waktu Kourou, Guyana Perancis, atau 8 hari dari tanggal peluncuran semula.”

Sebelumnya Arianespace memproyeksikan time-frame penundaan 5-10 hari, dan ternyata hasilnya masih masuk dalam time frame tersebut.

“Kami menghargai upaya yang ditempuh Arianespace, sehingga kendala teknis bisa diatasi dengan tetap mengutamakan aspek keamanan. Dan sekali lagi, kami memohon doa restu, semoga peluncuran BRIsat yang akan datang berjalan lancar sehingga BRIsat bisa membawa manfaat untuk negeri,” pungkas Asmawi.

 

sumber:BRI