Published On: Mon, Feb 22nd, 2016

Cisco Firepower Next-Generation Firewall Membantu Perusahaan Menghadapi Serangan Cyber yang Semakin Canggih

logo-ciscoJakarta, 22 Februari 2016 – Sebagai perusahaan global yang senantiasa mengembangkan bisnis digital, cybersecurity selalu menjadi perhatian utama bagi Cisco karena dapat menghambat pertumbuhan dan inovasi bisnis digital. Untuk memberi kepercayaan diri pada bisnis dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mendorong pertumbuhan, Cisco menjadikan isu keamanan sebagai prioritas utama. Oleh karena itu, hari ini Cisco juga mengumumkan inovasi terbaru pada sistem Next-Generation Firewall. Tujuan dari inovasi ini adalah untuk memberikan perlindungan utama dalam mengamankan perusahaan dari berbagai serangan cyber.

Pengamanan terintegrasi penuh pertama dari Cisco, Cisco Firepower™ Next-Generation Firewall (NGFW) dengan fokus pada ancaman atau threat-focused ini menandai perubahan signifikan dari seri NGFW yang sebelumnya hanya fokus pada kontrol aplikasi. Selain fokus pada pertahanan terhadap serangan, melalui sistem baru ini, Cisco akan membantu perusahaan dalam mengatur dan meminimalisasi resiko dengan lebih baik. Bayangkan kemampuan NGFW ini seperti perlindungan terhadap “rumah” dengan mengamankan jendela dan pintu, maka pendekatan Cisco adalah dengan mengindetifikasi, mendeteksi, dan melindungi rumah tersebut dari pencurian terlepas dari bagaimana pencuri berupaya mendapatkan akses ke properti tersebut.

Cisco juga memperkenalkan Security Segmentation Service atau Layanan Segmentasi Keamanan, sebuah layanan yang dapat membantu perusahaan menciptakan kontrol keamanan dengan cara meningkatkan kepatuhan, penahanan pelanggaran, deteksi ancaman, pengamanan konten, dan pencegahan kehilangan data di seluruh infrastruktur TI.

Kedua layanan ini dibuat dengan tujuan untuk melindungi perusahaan dari serangan yang kuat dan berbahaya akibat serangan cyber yang semakin canggih.

Kemampuan Fokus pada Ancaman Membedakan Firepower NGFW Baru dengan Versi Lama
NGFW tradisional fokus pada pemberdayaan dan kontrol terhadap aplikasi, sehingga memiliki keterbatasan dalam melawan besarnya ancaman yang ada pada lingkungan bisnis seperti sekarang ini. Pendekatan yang dilakukan Cisco tidaklah sama. Cisco membantu pelanggan untuk melakukan pengaturan dengan mudah dan memperbarui perlindungan secara dinamis dari endpoint ke network, dan ke cloud, dengan upaya melebihi aplikasi yang ada dan mengidentifikasi serta menghentikan ancaman baik yang diketahui maupun yang tidak diketahui.

Firepower NGFW dari Cisco merupakan yang pertama di industri dalam menghubungkan informasi kontekstual tentang bagaimana pengguna terhubung ke aplikasi dengan intelejensi ancaman dan pelaksanaan kebijakan. Dengan mencapai level visibilitas ini di berbagai lingkungan bisnis, akan mempercepat pendeteksian dan respon terhadap ancaman serta meningkatkan perlindungan.

NGFW dari Cisco juga dapat meng-otomasi dan menyesuaikan pengukuran keamanan untuk perlawanan yang semakin keras, berdasarkan kemampuannya untuk melihat kelemahan, aset, dan ancaman. Kapabilitas keamanan tingkat lanjut yang konsisten dan memiliki daya tembus tinggi memberikan perlindungan yang tidak dapat diberikan oleh NGFW tradisional.

Firepower NGFW Mengintegrasikan Kontrol serta Deteksi dan Respon Serangan untuk Mendukung Pertumbuhan Bisnis
Firepower™ NGFW baru dari Cisco secara signifikan meningkatkan kecepatan, kemudahan, dan efektivitas dari proses deteksi dan respon terhadap serangan. Sistem ini mengkombinasikan teknologi stateful firewalling dan layanan perlindungan ancaman terdepan di industri ke dalam satu solusi. Layanan perlindungan terhadap ancaman ini membawa perlindungan ke level baru, melebihi visibilitas dan kontrol aplikasi, termasuk Next-Generation Intrusion Prevention System, perlindungan malware tingkat lanjut, dan penyaringan URL berdasarkan reputasi.

NGFW terintegrasi dari Cisco menggabungkan solusi Cisco dan solusi pihak ketiga dan secara unik memungkinkan intelijen maupun konteks untuk dibagikan antara solusi yang ada. Kini, bisnis dapat secara efektif mengkorelasikan cuilan informasi-informasi berbeda yang ada sebelumnya untuk mengidentifikasi dan menghentikan serangan tingkat lanjut secara cepat dimana pun mereka berada. Sistem ini memiliki implikasi kompetitif bagi organisasi yang menerapkan cloud, lingkungan virtual, solusi Internet of Things (IoT) dan endpoint mobile untuk mendorong pertumbuhan bisnis secara aman.

Perangkat Firepower Terbaru Diluncurkan untuk Mendukung Aplikasi Berkinerja Tinggi
Cisco mengeluarkan perangkat Cisco Firepower 4100 Series baru untuk mendukung aplikasi berkinerja tinggi bagi organisasi kelas menengah-besar. Perangkat ini berkinerja tinggi, mempunyai kepadatan paling optimal di kelasnya, mampu menangani beban yang tinggi, dan inspeksi ancaman yang low latency, memadai untuk transaksi dengan frekuensi tinggi dan penyebaran pusat data. Perangkat ini sebenarnya adalah konektivitas jaringan 40GbE pertama dalam bentuk yang lebih kompak dan cukup untuk satu unit rak.

Pusat Manajemen Firepower Mengintegrasikan Solusi Keamanan dalam Satu Titik Pusat
Pusat Pengelolaan Firepower Cisco yang baru ini bertindak sebagai titik pusat bagi Firepower NGFW, menyediakan pengaturan konsol yang kaya dan terunifikasi. Sistem ini menampilkan shared intelligence, kesadaran kontekstual, dan pelaksanaan kebijakan yang konsisten untuk Firepower NGFW serta solusi keamanan dan jaringan Cisco lainnya.

Solusi pelengkap dari pihak ketiga, mulai dari Radware untuk Distributed Denial of Service (DDoS), juga terintegrasi melalui pusat pengelolaan Cisco Firepower. Pusat pengelolaan ini menyediakan  pengaturan yang kaya dan komprehensif, memberikan informasi dan insight dalam satu konsol. Sementara itu NGFW lainnya mengharuskan pengguna untuk menggunakan tiga atau lebih konsol untuk mendapatkan kualitas yang sama.

Security Segmentation Service Mengkustomisasi Desain untuk Mengelola Risiko
Security Segmentation Service dari Cisco merupakan sebuah layanan konsultasi yang merancang sebuah framework yang dapat disesuaikan untuk mengurangi risiko, menyederhanakan profil audit, dan mengamankan data serta membantu bisnis memenuhi persyaratan pada level yang lebih tinggi.

Cisco telah membuat Security Segmentation Service untuk membantu perusahaan menciptakan strategi segmen infrastruktur yang strategis. Pendekatan Cisco mengacu pada pelanggan, memperluas hingga di luar jaringan, dan menyatukan pola desain yang bisa digunakan kembali untuk mengaplikasikan kontrol keamanan pada kepatuhan, penahanan pelanggaran, pendeteksian anacaman, keamanan konten, pencegahan kehilangan data, dan berbagai macam disiplin keamanan yang berbeda-beda.

Peluang untuk Channel Partner
Sistem keamanan baru yang ditawarkan menyediakan portfolio end-to-end yang telah diperluas dan menawarkan tambahan peluang profit bagi para channel partner. Jika dikombinasikan dengan pendekatan keamanan threat-centric dari Cisco, channel partner bisa menyederhanakan dan mengurangi biaya pengelolaan lingkungan keamanan pelanggan mereka melalui platform manajemen yang terunifikasi. Mereka juga dapat meningkatkan kesempatan penjualan dengan integrasi jaringan yang kuat, dan mendorong sumber penghasilan baru melalui layanan baru dan berbagai pilihan lisensi. Sebagai tambahan, Cisco juga mengembangkan program akselerasi praktis, training, dan pemberdayaan baik untuk produk maupun layanan, sehingga channel partner dapat menggenjot pertumbuhan dan meningkatkan keuntungan.