Published On: Thu, Mar 3rd, 2016

Cisco Perkenalkan Inovasi Data Center Terbaru untuk Mempercepat Penerapan Hybrid Cloud

unduhanJakarta, 2 Maret 2016 – Cisco hari ini mengumumkan inovasi teknologi data center yang fokus ke 3 area kunci: jaringan, infrastruktur hiperkonvergensi, dan paduan hybrid cloud yang akan membantu penyebaran application-centric hybrid cloud. Cisco terus melakukan inovasi data center dengan memperkenalkan switch Nexus yang mendukung software-defined networking (SDN) yang menawarkan kecepatan 10/25/40/50/100Gpbs, dengan peningkatan kinerja mencapai 10 kali lipat dengan harga bersaing. Platform switch baru ini menawarkan skala, telemetri, keamanan, dan kinerja yang dibutuhkan untuk distributed container dan microservice, juga lossless traffic yang dibutuhkan untuk IP storage dan infrastruktur hiperkonvergensi. Switch baru dari Cisco ini memberikan inovasi terdepan kepada pelanggan dibandingkan dengan teknologi sejenis lainnya.

 

Cisco juga memperkenalkan Cisco HyperFlex™ Systems, sebuah sistem yang dilekatkan pada platform komputasi UCS yang terdepan di industri, yang membawa pendekatan arsitektural baru untuk infrastruktur hiperkonvergensi. Cisco HyperFlex™ Systems ini menyederhanakan otomasi kebijakan di seluruh jaringan, komputasi, dan storage untuk aplikasi skala enterprise yang terbesar. Cisco HyperFlex telah melampaui solusi hiperkonvergensi generasi pertama yang memiliki keterbatasan dalam hal kinerja, fleksibilitas, dan kemudahan operasional yang dibutuhkan oleh lingkungan TI microservice, container, aplikasi-aplikasi baru, dan cloud. Teknologi baru ini memperluas portfolio Cisco dalam bidang software-define infrastructure (SDI), mulai dari komputasi dengan UCS, jaringan dengan ACI, dan solusi SDN, hingga sekarang HyperFlex untuk storage.

 

Inovasi ini merupakan inovasi pada hardware dan software pertama yang diumumkan Cisco pada tahun 2016. Tujuan dari inovasi ini adalah untuk membantu pelanggan mendapatkan solusi data center yang aman, mudah, mampu memenuhi kebutuhan besar maupun kecil, dan hemat, sehingga tetap sejalan dengan kecepatan bisnis serta mempercepat adopsi hybrid cloud.

 

Cisco HyperFlex™ Systems

Berdasarkan award yang dimenangkan Cisco untuk teknologi UCS, Cisco HyperFlex™ Systems terbukti dapat mewakili infrastruktur hiperkonvergensi generasi berikutnya dengan lompatan teknologi yang menawarkan solusi terkonvergensi terlengkap pertama di industri. Portfolio HyperFlex ini memperluas bisnis UCS dan infrastruktur terkonvergensi Cisco, dimana keduanya telah memiliki lebih dari 50.000 pelanggan di seluruh dunia. Seri Hyperlex menyediakan sebuah platform ideal untuk pelanggan dalam menerapkan aplikasi enterprise pada data center mereka dan pada kantor cabang. Infrastruktur hiperkonvergensi diharapkan menjadi industri besar dalam 3 sampai 4 tahun mendatang.

 

Kelebihan HyperFlex antara lain:

  • Set up Plug-n-Play yang mudah hanya dalam hitungan menit dengan skala komputasi, jaringan serta kapasitas storage yang independen dan adaptif.
  • Layanan pengelolaan data seperti rapid clone dan snapshot non-intrusif dengan deduplikasi dan kompresi yang selalu aktif, sehingga mengurangi data footprint hingga 80%.
  • Dirancang dari awal untuk mengurangi Total Cost of Ownership (TCO) hingga 30 persen dan meningkatkan kinerja 40 persen lebih baik daripada solusi lain, sehingga dapat memperluas konvergensi ke spektrum beban kerja enterprise yang lebih luas.

 

Switch dan Software Nexus Generasi Baru dari Cisco: Kecepatan dan Telemetri

Inovasi ASIC dari Cisco memperkuat switch generasi terbarunya, memungkinkan pelanggan untuk merasakan kecepatan 25/50/100Gbps dengan biaya dan kepadatan yang setara dengan jaringan berkecepatan 10/40Gbps dan peningkatan bandwidth hingga 10 kali lipat.

 

Switch Nexus 9000 baru ini menawarkan:

  • Kinerja unggul di industri untuk 1000Gbps dengan kemampuan non-blocking 25 persen lebih baik dan biaya lebih hemat 50 persen jika dibandingkan solusi sejenis, serta ketahanan yang lebih baik dan daya yang lebih rendah.
  • Telemetri jaringan yang real-time dengan kecepatan 100Gbps pada kabel, memastikan keamanan jaringan dengan NetFlow yang menjalar dan troubleshooting pada struktur yang lebih luas.
  • Kemampuan untuk meningkatkan IP address dan end point hingga 10 kali pada skala cloud dengan kapasitas 1 juta container untuk setap rak sebagai pendukung.
  • Layanan cloud yang unik dengan kapasitas adaptif dan kendali congestion atau kepadatan, memungkinkan pelanggan untuk mendukung lossless traffic untuk IP storage, infrastruktur hiperkonvergensi dan terkonvergensi pada single unified fabric yang memungkinkan waktu penyelesaian operasi aplikasi 50 kali lebih cepat daripada platform tradisional lain.
  • Future-proofing dengan cloud economic untuk transisi ke infrastruktur hiperkonvergensi dan infrastruktur application-based pada microservice dan container.

 

Selain pengumuman di atas, Cisco juga mengumumkan:

  • Perbaikan pada software yang memungkinkan ACI mendukung switch Nexus 7000, melindungi investasi teknologi pelanggan pada skenario penyebaran yang umum.
  • Switch data center baru dari Cisco, Nexus 3000, yang membawa berbagai pilihan arsitektural untuk pelanggan yang lebih memilih solusi silicon, diciptakan dengan chip terbaik di industri dan mampu memberikan kecepatan 25/50/100Gbps. Cisco menawarkan portfolio switch data center terbesar di industri dan saat ini merupakan yang terdepan dalam penjualan platform silikon dengan penjualan switch dari keluarga Nexus 3000 mencapai 10 juta port.

 

Otomasi dengan Cisco Nexus Fabric Manager

Nexus Fabric Manager terbaru dari Cisco memungkinkan otomasi pengelolaan lifecyle fabric yang menyeluruh dengan point-and-click sederhana pada web interface dan menawarkan otomasi snapshot konfigurasi dan rollback. Nexus Fabric Manager membangun dan mengelola VXLAN-based fabric, mengkonfigurasi switch secara dinamis berdasarkan user-based action yang telah

disederhanakan. Seorang Manager TI bisa dengan mudah menerapkan VXLAN-based fabric hanya dengan 3 langkah, bisa diselesaikan tanpa sentuhan, dan dapat mengupgrade seluruh fabric switch ke software baru ini hanya dengan satu kali klik.

 

Kutipan untuk Switch Nexus Baru

“Bisnis kami memerlukan bandwidth tinggi dan lebih dari 180 petabyte kapasitas storage untuk pelanggan kami,” kata Arslan Munir, Director of Cloud Engineering, Shutterfly. “Switch Nexus 9200 baru dari Cisco bisa memenuhi permintaan kami dengan kecepatan mencapai 100Gbps. Dengan dasar ini, kami dapat terus memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin meningkat, sementara kami bisa terus berinovasi. Hal ini memungkinkan kami untuk menawarkan layanan baru dan lebih baik tanpa mengurangi kualitas pengalaman pelanggan yang merupakan hal penting bagi bisnis kami. Melalui otomasi, kami juga dapat mencapai hasil lebih cepat, zero-touch provisioning, sehingga mampu menghemat waktu tiga sampai empat jam dari waktu yang dihabiskan seseorang setiap kali sebuah switch atau router disediakan.”

 

“Saya menunggu platform Nexus 9000 yang baru karena platform 9200, 9300-EX, dan 9500 akan membuat universitas kami mampu menangani trafik yang muncul dari kegiatan mahasiswa secara lebih efisien,” kata Davis Schrok, Network Engineer, Avans University of Applied Sciences.

 

“Platform Nexus 9200 dan 9300-EX membuat kami unggul dalam kompetisi dengan 10/25/40/50/ untuk akses dan 40/50/100G di intinya,” kata Peter Elbertse, Managing Director, PPRO’s Hosting provider, Belanda.

 

“Nexus 9200 dari Cisco merupakan switch generasi terbaru yang unggul melampaui kemampuan solusi yang ada saat ini,” kata Trey Layton, Senior Vice President dan Chief Technology Officer, VCE, Divisi Platform Terkonvergensi EMC. “Switch ini memenuhi kebutuhan untuk komputasi yang padat serta hyperconverged atau ter-hiperkonvergensi termasuk aplikasi IO intensif yang dibutuhkan sistem VCE VxRack. Sebagai contoh, tidak jarang seorang pelanggan akan memiliki ratusan atau bahkan ribuan simpul jaringan VxRack untuk mendorong jutaan IOPS, sekaligus ratusan gigabite per detik sistem bandwidth. Cisco Nexus 9200 bisa menyelesaikan permasalahan ini.”

 

Layanan Cloud pada Skala Cloud dengan Cloud Economics

Inovasi hardware dan software dari Cisco akan membantu perusahaan TI mempercepat adopsi hybrid cloud yang akan memenuhi kebutuhan bisnis mereka saat ini dan di masa yang akan datang.

  • Skala Cloud: Kecepatan 1/10/25/40/50/100Gbps, jumlah IP address dan end points hingga 10 kali lipat, termasuk 1 juta container per rak sebagai pendukung.
  • Layanan Cloud: infrastruktur hiperkonvergensi, telemetri real-time, intelligent buffers untuk lossless traffic, waktu komplesi aplikasi yang lebih tinggi hingga 50 persen, visibilitas untuk setiap paket, setiap aliran, dan setiap kecepatan.
  • Cloud Economics: Proteksi investasi dan future-proofing 25Gbps dengan harga layaknya 10Gbps dan 100Gbps dengan harga layaknya 40Gbps.

 

Memperluas Ekosistem ACI

Cisco memperluas ekosistem ACI bersama beberapa pelopor di dunia teknologi: Infoblox, yang membuat konfigurasi dan perubahan jaringan ter-otomasi; N3N, yang memperluas visibilitas ACI di luar jaringan di seluruh data center; vArmour yang menyediakan application-aware micro-segmentation dengan analitik keamanan tingkat lanjut, dan Veritas, yang mengumpulkan, menganalisa dan mengoptimalkan global data milik pelanggan.

 

Sebagai tambahan, Cisco juga memperkenalkan beberapa innovator teknologi pada ekosistem ACI yang mengambil keuntungan dari otomasi ACI melalui REST API terbunya untuk memberikan hyper-agile application deployment, keamanan, tata kelola serta operasi cloud. Anggota-anggotanya meliputi:

 

Peluang-peluang untuk Partner

 

Solusi baru dari Cisco memberikan portfolio data center yang lebih maju, sehingga para partner bisa memberikan layanan yang lebih baik untuk pelanggan mereka. “Solusi data center dan cloud baru dari Cisco memungkinkan para partner untuk membantu pelanggannya seiring dengan pergeseran kebutuhan mereka menuju infrastruktur data center yang application-centric sekaligus menjawab kebutuhan DevOps dan developer aplikasi,” ujar Ken Trombetta, Vice President, Global Partner Organization, Cisco. “Kami percaya hal ini dapat memperluas kesempatan untuk menarik sumber pendapatan baru dan meningkatkan layanan professional para partner Cisco.”

 

Additional Resources

Sumber-sumber Tambahan

Baca blog yang ditulis oleh Cisco SVP Soni Jiandani: Delivering Cloud Services at Cloud Scale with Cloud Economics

Baca blog yang ditulis oleh Cisco VP Satinder Sethi: Introducing Cisco HyperFlex Systems

Pelajari lebih lanjut tentang: Cisco’s latest data center innovations

Hadiri Webcast pada 10 Maret Introducing Cisco Hyperconverged Infrastructure, HyperFlex Systems

Lihat video tentang Memorial Care dan Cisco HyperFlex Systems: “Epic Flexibility”

Lihat video tentang Meander Health Care Centre dan Cisco HyperFlex Systems: “Tomorrow’s Healthcare IT”

Pelajari lebih lanjut tentang: Cisco’s newest ACI ecosystem members

Lihat Video IDC Getting Datacenter Networks Ready for Next-Generation Workloads

Baca laporan dari Miercom: Cisco Systems Speeding Applications in Data Center Networks

Pelajari lebih lanjut tentang: Cisco end-to-end 40Gbps

Pelajari lebih lanjut tentang: Cisco Data Center Services