Published On: Wed, Nov 25th, 2015

Cloudmatika Meluncurkan BaaS di Indonesia dengan dukungan Acronis Backup Cloud

 

Acronis-logo-invert1Jakarta, 25 November 2015 — Acronis®, pemimpin global di bidang perlindungan data generasi baru, hari ini mengumumkan ketersediaan Acronis Backup Cloud di Indonesia melalui kemitraan baru dengan Cloudmatika, penyedia layanan komputasi awan yang didukung oleh perusahaan Jepang untuk UKM, perusahaan, dan organisasi pemerintah.

 

Layanan ini disediakan dari dua pusat data yang terpisah secara geografis di Jakarta Pusat, untuk memastikan ketersediaan dan keamanan semua data pelanggan yang tersimpan di dalam jaringan Cloudmatika secara maksimal. Pelanggan Acronis Backup Cloud menjalin koneksi secara langsung dengan pusat data, dan tidak ada data yang ditransfer keluar dari negara ini. Filosofi perusahaan adalah untuk menghadirkan solusi komputasi awan terbaik dari seluruh dunia dan mengelola serta meng-hosting-nya secara penuh di Indonesia, untuk pasar negara Indonesia.

 

“Setelah penerapan Acronis Backup Cloud yang sukses di Jepang, kelompok perusahaan kami mencatat angka pertumbuhan penjualan yang pesat dan peningkatan pada tingkat kepuasan pelanggan. Menjadi jelas bagi kami bahwa kami perlu meningkatkan kesuksesan tersebut lebih lanjut dengan meluncurkan layanan awan (cloud) Acronis di Indonesia juga. Meskipun target pelanggan utama kami adalah UKM, kami sudah mendapat banyak perhatian dan permintaan dari para pelanggan Perusahaan dan Pemerintah di masa pra-peluncuran layanan ini. Ada permintaan yang tinggi terhadap layanan kami dan kami sangat gembira bisa menawarkan Pencadangan sebagai Layanan (Backup-as-a-Service) dalam kemitraan kami bersama dengan Acronis,” ungkat Ted Hilbert, CEO dari Cloudmatika.

 

Menurut penelitian Wawasan Awan UKM yang dirilis oleh Odin pada awal tahun ini, pasar layanan awan bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia diperkirakan meningkat pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 30 persen dalam jangka waktu tiga tahun ke depan, dari Rp. 15 Triliun (USD 1,2 Miliar) pada tahun 2015 hingga Rp. 33 Triliun (USD 2,7 Miliar) pada tahun 2018. Pertumbuhan ini terutama didorong oleh para UKM yang memindahkan fungsi usahanya ke awan, dengan didorong oleh ketersediaan alat bantu dan solusi yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan seperti Cloudmatika.

 

Acronis berkomitmen untuk mendukung para penyedia layanan dalam menawarkan solusi perlindungan data secara lengkap, yang mencakup pencadangan, pemulihan bencana, dan sinkronisasi serta pembagian berkas. Acronis percaya bahwa perlindungan data secara menyeluruh tidak hanya membutuhkan keamanan data yang paling canggih, tetapi juga keamanan data untuk melindungi perusahaan dari ancaman luar, dan privasi data untuk memastikan bahwa mereka tetap bisa mengendalikan data mereka setiap saat –dalam perjalanan, pada perangkat mobile dan di awan. Untuk mencapai hal ini, Acronis memanfaatkan arsitektur yang sangat fleksibel dan terbuka yang mendukung integrasi secara mudah dengan solusi pihak ke-3 terkemuka lainnya, standar enkripsi global terbaru, termasuk AES256, dan pencarian yang bersifat pribadi dan aman.

 

Acronis Backup Cloud dirancang untuk memenuhi kebutuhan beban kerja dan sumber data secara luas yang dikelola oleh para penyedia layanan dan pengguna akhir dewasa ini, termasuk Windows®, Mac®, Linux, Hyper-V, VMware®, RHEV, XEN, KVM, Oracle® VM, Microsoft Exchange®, dan SQL, serta XEN®, KVM, Linux®, Virtuozzo, Docker®, Open-Xchange, dan MySQL®.

 

“Solusi perlindungan data Acronis dirancang untuk memastikan keselamatan, keamanan, dan privasi data, serta membuatnya terlihat sederhana bagi para penyedia layanan dan distributor agar bisa dijual sebagai layanan baru untuk meningkatkan pendapatan mereka,” ungkap Rudy Rangkuti, Acronis Country Manager di Indonesia. “Kami bertujuan untuk menjadi yang terbaik dalam hal keamanan untuk perlindungan data awan, dan kemitraan dengan para pemimpin di bidang industri setempat mendukung tujuan kami ini.”