Published On: Wed, Aug 12th, 2015

Dilema Teknologi NFV: Manfaat dan Tantangan yang Menghadang

Share This
Tags

Fetra SyahbanaTeknologi NFV digadang-gadang mampu memberikan segudang manfaat bagi pelanggan dan operator telekomunikasi. Namun, mengapa belum banyak yang menerapkannya?

Semakin banyak perangkat yang terhubung dengan jaringan di dunia meningkatkan tantangan yang dihadapi operator telekomunikasi. Pasalnya, pelanggan yang mengadopsi perangkat tersebut menuntut operator telekomunikasi agar selalu dapat menyediakan layanan yang lebih terpersonalisasi dan sesuai dengan setiap kebutuhan mereka. Untuk menjawab tantangan tersebut, operator telekomunikasi sebenarnya dapat menerapkan teknologi NFV sebagai solusi.

Meskipun begitu, operator telekomunikasi masih mengalami dilema dalam proses penerapan NFV ke dalam jaringannya. Seperti yang terungkap dalam sebuah studi, meskipun NFV mulai menunjukkan potensinya ternyata hampir seluruh operator telekomunikasi di dunia (93%) baru sampai pada tahap perencanaan guna menerapkan teknologi NFV ke dalam jaringannya[1]. Lantas, apa yang masih menjadi momok bagi operator telekomunikasi dalam menerapkan teknologi tersebut?

Dalam menghadirkan layanan kepada pelanggannya, operator telekomunikasi menerapkan berbagai macam teknologi ke dalam ekosistem jaringannya. Karenanya, ketika memiliki rencana menerapkan sebuah teknologi baru seperti NFV ke dalam ekosistem jaringan, ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan matang-matang. Karena walaupun NFV dapat menambahkan kemampuan baru bagi operator telekomunikasi guna menghadirkan layanan baru untuk pelanggan, belum tentu teknologi lain yang telah diterapkan memiliki kompatibilitas yang sesuai dan mendukung layanan baru tersebut. Belum lagi dengan kompleksitas jaringan yang terjadi akibat penerapan NFV di atas teknologi lain yang sudah diterapkan terlebih dahulu di dalam jaringan.

Terpenting, mereka juga tidak ingin proses tersebut mengganggu atau bahkan menurunkan kualitas layanan dan ketersediaan jaringan untuk pelanggan yang pada akhirnya akan menurunkan tingkat kualitas pengalaman pelanggan / Quality of Experience (QoE). Hal tersebut dikarenakan operator telekomunikasi selalu menginginkan agar jaringan mereka dapat berjalan dengan baik serta mampu diubahsuai sesuai kebutuhan. Karenanya, mereka ingin NFV dan teknologi lainnya dapat diterapkan secara cepat dan fleksibel ke dalam jaringan.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, operator telekomunikasi harus memanfaatkan solusi yang dapat membantu mereka untuk mengorkestrasi semua teknologi yang terdapat di dalam jaringan agar terus berjalan dengan lancar, seperti yang disediakan oleh F5 Networks. Sehingga semua teknologi yang diterapkan ke dalam ekosistem jaringan dapat berjalan secara harmonis, layaknya sebuah alunan simfoni indah yang dihasilkan oleh berbagai macam alat musik di dalam sebuah orkestra. Apabila mampu mengharmonisasikan berbagai macam teknologi di dalam ekosistem jaringan, maka operator telekomunikasi akan mampu menyederhanakan serta lebih mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam jaringan mereka.

Lebih lanjut, karena memakai teknologi yang berbeda-beda, operator telekomunikasi juga harus memperhatikan keamanan di dalam ekosistem jaringan. Karena itu, dalam melakukan orkestrasi di dalam ekosistem jaringan diperlukan solusi yang menawarkan fitur keamanan multi-layer dan multi-domain. Sehingga, operator telekomunikasi mampu mengamankan berbagai perangkat, jaringan, hingga aplikasi yang dimiliki operator telekomunikasi demi mampu menyediakan layanan yang optimal dan aman.

Pada akhirnya, dengan menerapkan solusi yang mampu mengorkestrasi segala teknologi yang ada di dalam jaringan, operator telekomunikasi dapat memanfaatkan peluang bisnis dengan lebih optimal dan tentunya menjaga keamanan para penggunanya. Operator telekomunikasi juga lebih dimungkinkan untuk menjawab tantangan di masa depan yang muncul berkat ledakan jumlah aplikasi, perangkat, dan pemanfaatan data internet broadband.

***

 

Tentang Penulis

Fetra Syahbana adalah Country Manager F5 di Indonesia. Dia bertanggung jawab untuk mengelola serta mengembangkan pasar di Indonesia secara keseluruhan, dan memegang peranan penting untuk menjadikan F5 sebagai mitra strategis bagi seluruh pelanggannya.

[1] http://www.infonetics.com/pr/2014/SDN-and-NFV-Strategies-Survey-Highlights.asp