Published On: Tue, Oct 25th, 2016

Dominasi Film Superhero di Box Office Dunia Tahun 2016

Jakarta, 25 Oktober 2016 – Menuju akhir bulan Oktober 2016, film-film superhero terus mengukuhkan eksistensinya di puncak Box Office dunia. Kejayaan film superhero seakan tidak terpatahkan meskipun banyak sekali genre-genre film lain yang hadir di sepanjang tahun 2016. Terbukti, dari 10 film terlaris Box Office dunia, 5 di antaranya adalah film-film pahlawan super.

 

Apalagi sebentar lagi kita akan kembali dihibur dengan hadirnya film superhero Marvel terbaru yang berjudul Doctor Strange. Film Hollywood yang menampilkan aksi Benedict Cumberbatch ini akan tayang di Indonesia pada 26 Oktober 2016. Penonton di Indonesia termasuk beruntung karena di negara asalnya, Amerika Serikat, film Doctor Strange baru akan dirilis pada 4 November 2016.

 

“Marvel dan DC Comics terus bersaing ketat. Hal ini terlihat dengan pencapaian film-film mereka yang saling berlomba memuncaki daftar Box Office. Mari kita lihat bagaimana performa Film Doctor Strange sebagai penutup aksi film superhero di tahun 2016 ini,” ungkap Sudhir Syal, Co-founder dan Director BookMyShow Indonesia.

 

Akankah film Doctor Strange mampu mengungguli kejayaan film-film superhero yang telah rilis sebelumnya? Dilansir dari Box Office Mojo, BookMyShow menyajikan 5 daftar film superhero terlaris yang telah rilis di sepanjang tahun 2016 ini:

 

 

Captain America: Civil War

Pendapatan kotor: Rp 15 triliun

Hingga di penghujung tahun 2016, film Captain Amerika: Civil War masih menjadi film superhero terlaris dari penayangannya di seluruh dunia. Film garapan Marvel-Disney ini berhasil meraup pendapatan gemilang sebesar Rp 15 triliun. Jumlah tersebut jelas sangatlah fantastis meski budget produksi filmnya sendiri menelan biaya yang cukup besar yaitu sekitar Rp 3 triliun. Dengan pendapatan hampir 5 kali lipat dari biaya produksinya, film yang menampilkan aksi peperangan para superhero Marvel ini pun sukses mengukuhkan diri sebagai film Hollywood terlaris hingga di awal kuartal terakhir 2016.

 

 

Batman V Superman: Dawn of Justice

Pendapatan kotor: Rp 11 triliun

Film Batman V Superman: Dawn of Justice menduduki peringkat kedua sebagai film superhero terlaris di tahun 2016. Film adaptasi DC Comics ini berhasil meraup pendapatan sebesar Rp 11 triliun. Dengan budget produksi setara dengan film Captain Amerika: Civil War, sayangnya film yang menampilkan kisah pertarungan Batman dan Superman tersebut tidak dapat menandingi kejayaan film ketiga Captain Amerika. Film ini pun harus puas duduk di posisi kedua sebagai film superhero terlaris hingga di awal kuartal keempat 2016.

 

 

Deadpool

Pendapatan kotor: Rp 10 triliun

Di posisi ketiga kembali ditempati oleh film superhero besutan Marvel. Kali ini aksi Deadpool yang diperankan oleh Ryan Renolds tersebut berhasil menyita perhatian publik di seluruh dunia dengan mengumpulkan pendapatan sebesar Rp 10 triliun. Film ini terbukti sukses besar mengingat budget produksinya sendiri hanya menelan biaya sebesar Rp 755 miliar.

 

 

Suicide Squad

Pendapatan kotor: Rp 9.6 triliun

Tak hanya sukses besar meraih atensi publik, aksi para villain di film Suicide Squad juga berhasil membuatnya berjaya di tangga Box Office dunia. Film besutan DC Comics ini sukses mengumpulkan pendapatan sebesar Rp 9,6 tiriliun. Dengan budget produksi sekitar Rp 2 triliun, film yang rilis pada 3 Agustus 2016 ini sukses menempatkan dirinya dalam daftar film superhero terlaris keempat hingga di awal kuartal keempat tahun 2016.

 

 

X-Men: Apocalypse

Pendapatan kotor: Rp 7 triliun

Lagi-lagi film superhero Marvel sukses mengukuhkan diri dalam deretan film superhero terlaris di tahun 2016. Film yang menampilkan aksi para mutan X-Men di masa mudanya ini berhasil meraih pendapatan sebesar Rp 7 triliun. Keuntungan yang diraih film X-Men: Apocalypse bernilai tiga kali lipat dari budget produksinya yang menelan biaya sekitar Rp 2 triliun.

Dominasi Film Superhero di Box Office Dunia Tahun 2016 - BookMyShow Indonesia

Platform Tiket BookMyShow Menyajikan Daftar Film Superhero Terlaris