Published On: Thu, Nov 12th, 2015

Dukung Kegiatan Bisnis di Kalimantan, XL Luncurkan Layanan Data Center di Balikpapan

XL Data Center_2 (2)

(Ki-Ka) Vice President XL North Region, Francky Rinaldo Pakpahan, Direktur/Chief Digital Service XL, Ongki Kurniawan dan General Manager Cloud & Business Development XL, Arkav Juliandri di dalam ruangan Data Center Balikpapan. Kamis (12/11).

Balikpapan, 12 November 2015– PT XL Axiata Tbk (XL) terus mengembangkan layanan Data Center untuk kalangan bisnis. Guna merespon kebutuhan sarana penyimpanan data di wilayah Kalimantan yang terus berkembang, XL membangun layanan Data Center di Balikpapan. Peresmian fasilitas Data Center XL ini berlangsung di Balikpapan, Kamis (12/11).

Direktur Digital Services XL, Ongki Kurniawan mengatakan, “Kita pasti sepakat bahwa Balikpapan telah berkembang sedemikian rupa menjadi sebuah kota industri yang semakin maju. Kota ini pun merupakan kota yang tidak terletak di ring of fire-nya Indonesia. Karena hal tersebut, maka XL memilih membangun Data Center di sini sebagai respon atas kebutuhan berbagai kalangan terhadap fasilitas penyimpanan data berstandar internasional dengan kualitas layanan yang maksimal. Juga, ini merupakan respon XL untuk mendukung program pemerintah akan peningkatan pembangunan infrastruktur di Kalimantan.”
Ongki menyebut, Data Center baru ini akan mulai beroperasi secara penuh pada akhir tahun 2015. Perusahaan-perusahaan dan institusi yang XL bidik berasal dari semua sektor yang membutuhkan fasilitas penyimpanan data dengan skala kebutuhan tidak terlalu besar. Selain kalangan bisnis dan industri, XL juga membidik kalangan instansi Pemerintah Daerah dan juga perguruan tinggi.

Data Center Balikpapan merupakan Data Center modular pertama di Kalimantan yang melayani publik. Beberapa keunggulan Data Center modular ini antara lain tetap mempertahankan prinsip zero downtime, terletak di daerah khusus, dan tersedianya pasokan listrik yang cukup besar untuk pelanggan-pelanggan XL nantinya. Produk yang ditawarkan meliputi antara lain penyewaan rak, penyewaan space, dan juga Managed Service.

Menurut Ongki, XL sengaja membangun Data Center Balikpapan dengan konsep modular karena memang konsep ini cocok dengan pasar Balikpapan. Dari total 661 meter persegi tanah yang tersedia, untuk tahap awal, XL hanya membangun Data Center seluas 115 meter persegi. Bangunan Data Center ini dapat menampung 14 rak dan dijadwalkan mejadi data center yang netral sebelum Juni 2016.

Disamping Data Center Balikpapan, XL  melalui Divisi XCloud, saat ini telah memiliki tiga Data Center yang dapat dipergunakan oleh publik di seluruh Indonesia. Ketiga Data Center tersebut berlokasi di Arengka-Pekanbaru, Bintaro-Jakarta, dan Kali Rungkut-Surabaya. Dengan beroperasinya Data Center Balikpapan, secara total, XL telah menyiapkan lahan seluas 17.456 meter persegi dan space seluas 21.655 meter persegi. XL XCloud saat ini telah melayani lebih dari 200 korporasi dan merupakan salah satu unit bisnis di XL Digital Services dengan peningkatan pendapatan lebih dari dua kali lipat per tahunnya.

Saat ini XL Data Center merupakan Data Center pertama di Indonesia yang memiliki sertifikasi internasional ISO/IEC 27001 untuk Information Security Management, ISO/IEC 20000-1 untuk Information Technology Service Management, Uptime TIER III Design, dan juga dilengkapi dengan sertifikat nasional MAWAS ID yang dikeluarkan oleh lembaga lokal Cloud Security Identity yang terafiliasi dengan Universitas Indonesia.

Balikpapan Data Center juga merupakan data center yang 100% didesain dan dibangun oleh putera-puteri terbaik Indonesia di dunia Data Center. Hal ini sangat sesuai dengan misi XL tentang memajukan negeri dan memberikan kesempatan kepada para talenta Indonesia untuk terus tumbuh dan berkembang.