Published On: Wed, Jul 5th, 2017

Endless Memperkenalkan Endless OS untuk Meningkatkan Akses Rakyat Indonesia Terhadap Teknologi 

Share This
Tags

JAKARTA, 4 JULI 2017—Endless Computers, produsen komputer yang mudah dimengerti secara universal, hari ini meluncurkan di Indonesia Endless OS, sebuah sistem operasi yang mumpuni untuk bekerja dan bermain yang dilengkapi dengan berbagai aplikasi bawaan untuk browsing, mengakses media sosial, pekerjaan kantor, permainan serta menyediakan kumpulan artikel dan literatur yang bisa diakses langsung tanpa dukungan koneksi internet sekalipun. Salah satu misi global Endless adalah memberikan jaminan akses teknologi terbaik yang berguna untuk ranah pendidikan.

Matt Dalio, CEO dan Pendiri Endless Computers mengatakan, “Melalui Endless OS, kami membuktikan komitmen kami sebagai penyedia teknologi yang memberikan akses teknologi yang lebih luas hingga ke seluruh dunia.” Matt menambahkan bahwa perusahaannya berfokus untuk memecahkan dua hambatan teknologi utama, yakni tingginya biaya dan konektivitas. “Endless adalah peranti lunak gratis, yang akan menjadikan komputer ada berjalan sempurna dalam berbagi kondisi penggunaan, bahkan saat koneksi internet lemah, labil, atau ketika biaya internet terlalu tinggi.”

Situasi ideal di mana koneksi internet cepat pun bisa bermasalah, seperti saat kuota data tertentu bisa mencukupi penggunaan di ponsel pintar namun tidak mumpuni untuk penggunaan di laptop atau komputer desktop. Para pengguna komputer rata-rata membutuhkan lebih karena peramban desktop umumnya mengakses informasi yang lebih banyak dan data yang lebih besar, sedangkan peramban mobile lebih ramah data mengingat ia mengakses aplikasi dan laman situs versi mobile. Endless merancang peranti lunaknya dengan purwarupa aplikasi, sehingga semua perangkat Endless OS berkinerja lebih baik dalam berbagai kondisi konektivitas, bahkan saat internet terbatas atau tidak ada.

Saat meluncurkan Endless OS di Indonesia, CMO dan CGO Endless Computers, Beta Antunes mengatakan, “Endless bekerja sama secara global dengan merek-merek teknologi ternama seperti Acer dan Asus guna memastikan ketersediaan produk kami terutama bagi pengguna pemula. Bersama mitra kami, kini kita selangkah lebih dekat menuju kesetaraan teknologi.” Beta melanjutkan, “Kami ingin agar setiap orang bisa memiliki komputer—sesederhana itu, dan peluncuran hari ini menandai awal misi kami di Indonesia”.

Pasar Indonesia memiliki banyak ruang untuk tumbuh lantaran tingkat penetrasi komputer masih di angka 21% dan penetrasi internet baru saja melampaui angka 51%1. Jika data ini disandingkan dengan tingkat penetrasi di negara-negara maju, potensi penjualan komputer di Indonesia masih akan melampaui puluhan juta unit lagi.

Endless menghadirkan pengalaman berkomputer terbaik yang dirancang khusus sesuai pasar Indonesia  Endless OS menawarkan antarmuka intuitif seperti di ponsel pintar. Selain bebas dari ancaman risiko keamanan yang menyerang kebanyakan OS, pengguna juga disuguhi jajaran aplikasi siap pakai. Aplikasiaplikasinya menghasilkan file yang kompatibel dengan berbagai program dan OS lain yang ada di pasaran, dan juga dirancang untuk bisa digunakan secara offline untuk menjawab tantangan permasalahan konektivitas di Indonesia. Pengalaman pengguna yang dirancang khusus tersebut adalah wujud nyata komitmen perusahaan dalam mendengarkan masukan pengguna di lebih dari dua puluh negara, yang menginginkan perangkat lunak yang sesederhana ponsel pintar, bebas virus dan bekerja baik dalam kondisi konektivitas internet apapun.

Endless menyediakan pusat download—App Center yang mudah diakses dan mengemas ratusan aplikasi yang bisa digunakan para pengguna di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan penggunaan utama2 laptop mereka, yakni bekerja, belajar, menjelajah web dan berhubungan melalui media sosial, serta menikmati multimedia dan permainan.

 

Aplikasi-aplikasi yang sangat diminati pengguna dan ditawarkan di Endless OS meliputi:

 

 

 

 

 

 

 

Di dalam Endless OS juga tersedia kumpulan konten offline yang berguna bagi pengguna di daerah terpencil atau kesulitan koneksi internet. Ada lebih banyak konten untuk edukasi sehingga pelajar dapat belajar kapan saja, walaupun saat ada keterbatasan internet. Pengguna Endless OS bisa melakukan penelitian, mempelajari berbagai buku panduan dan referensi tentang dunia hewan, sejarah serta matematika di ekosistem aplikasi yang berfokus pada pendidikan ini. Tersedia segera di update OS berikutnya, para pengguna Endless OS bisa menikmati aplikasi-aplikasi gaya hidup, berita, info selebritis dan dunia hiburan lengkap dengan konten-konten offline yang akan diperbaharui setiap kali perangkat terhubung ke internet.

Selain itu, Endless OS juga mendukung Steam, platform gaming terbesar di dunia. Kini pengguna memiliki akses ke lebih dari 1.800 game dan komunitas yang beranggotakan lebih dari 65 juta gamer di 237 negara dengan 21 bahasa yang berbeda. Game andalan Valve yang tersedia termasuk Dota 2, Team Fortress 2, dan juga game independen seperti Rocket League, Garry’s Mod, dan Ark: Survival Evolved. Untuk tutorial pemasangan Steam selengkapnya, kunjungi blog Endless di sini.

Harga dan Ketersediaan Endless OS akan terpasang pada seluruh jajaran perangkat Acer dan Asus yang sebelumnya nir-OS, dan sudah tersedia di toko-toko ritel and kanal penjualan modern milik masing-masing merek. Perangkatperangkat yang tersedia saat ini adalah:

 

Perangkat Endless OS ACER

  • Aspire ES1-132, mulai dari IDR 3.249.000
  • Aspire ES1-432, mulai dari IDR 3.599.000
  • Aspire E5-475, mulai dari IDR 5.499.000
  • Aspire E5-475G, mulai dari IDR 6.099.000

 

Perangkat Endless OS ASUS

  • Laptop Asus X441NA, mulai dari IDR 3.649.000
  • AIO Asus V221IC, mulai dari IDR 6.499.000
  • Desktop Asus M32CD-K, mulai dari IDR 7.999.000
  • Laptop Asus A456UQ, mulai dari IDR 8.449.000

 

Kutipan Tambahan

Herbet Ang, Presiden Direktur Acer Indonesia Kami di Acer percaya bahwa memahami perilaku pengguna terhadap teknologi mendefinisikan value dari brand kami, dan kami bangga untuk terus membuktikan komitmen Acer di Indonesia melalui inovasi dan produk yang berkualitas. Kolaborasi yang terjalin dengan Endless OS memperkuat komitmen kami untuk melanjutkan misi “Memecahkan hambatan antara manusia dan teknologi”. Kami ingin mendorong pelanggan kami untuk menjadi lebih produktif, ekpresif dan kreatif dengan dukungan notebook gaya penuh fitur, mulai dari notebook 2-in-1, premium hingga notebook gaming dari Acer, yang membuat komputasi menjadi lebih menyenangkan bagi semua orang.”

Galip Fu, Country Marketing Manager, ASUS Indonesia “ASUS menyambut baik kerja sama dengan Endless dan turut merayakan bersama para pelanggan, kebebasan memilih perangkat komputasi terbaru mereka”.

 

 

Sumber:

1 Digital in 2017: Southeast Asia, We Are Social Singapore and Hootsuite. 2 Indonesia Laptop Market Consumer Report 2017, DI-Marketing .

 

 

Tentang Endless

Endless didirikan pada tahun 2012 dengan sebuah misi yaitu membuat komputer yang tersedia bagi semua orang di seluruh dunia. Endless OS, sistem operasi unggulan perusahaan merupakan lingkungan hidup, pekerjaan, dan permainan yang lengkap, menyediakan segala hal yang anda butuhkan untuk menjadi produktif sejak perangkat dihidupkan bahkan tanpa terhubung koneksi internet. Tersedia untuk diunduh secara gratis di situs web Endless, antarmuka intuitif yang familiar ini dimuat dengan lebih dari 100 aplikasi yang sudah dipasang sebelumnya seperti kesehatan, edukasi, hiburan, usaha kecil menengah dan aspek lainnya guna membantu pengguna menggapai kehidupan yang lebih baik. Endless OS memanfaatkan sumber terbuka (open source) demi menghilangkan hambatan dalam mencapai misi komputer bagi semua orang, dan menyediakan platform terbaik untuk mendistribusikan aplikasi open source kepada khalayak yang luas sehingga dapat dipastikan siapa pun dapat menggunakannya dan bahkan menjadi co-creator dari ekosistem aplikasi yang dinamis. Endless berbasis di San Francisco dan memiliki kantor di Rio de Janeiro, Mexico City, Guatemala, Taipei dan London, serta tim lapangan di Yordania dan UEA.

Hak cipta dilindungi undang-undang. Seluruh produk dan layanan yang disebutkan di sini serta setiap logo, merek dagang, dan/atau merek dagang terdaftar milik perusahaan atau organisasi adalah hak milik yang dilindungi.   Pelajari lebih lanjut tentang Endless di www.EndlessOS.com.

 

Tentang Acer Indonesia

Acer Indonesia mulai beroperasi tahun 1998 dan saat ini telah menjadi pemain utama di industri PC Indonesia. Acer mencatat pertumbuhan yang stabil dan positif di pasar Indonesia, terbukti dengan berhasil menjadi merek No.1 untuk kategori notebook selama 8 tahun berturut-turut dan No.1 untuk kategori PC selama 7 tahun berturut-turut di Indonesia (IDC PC Tracker & Gartner Inc). Prestasi tersebut sekaligus menempatkan Acer sebagai merek Notebook dan PC pilihan masyarakat Indonesia, terbukti dengan berbagai penghargaan bergengsi yang diterima Acer, di antaranya: Top Brand Award, Indonesia Best Brand Award, Customer Service No.1 di Indonesia untuk kategori notebook, Indonesian Customer Satisfaction Award selama 9 kali berturut-turut, termasuk mendapatkan penghargaan internasional sebagai The Most Socially Devoted Brand di Facebook untuk Kategori Elektronik untuk layanan pelanggan melalui media sosial dari www.socialbakers.com. Acer berkomitmen untuk menjalin komunikasi tanpa batas dengan konsumen di seluruh Indonesia. Hal ini diwujudkan melalui jaringan layanan purnajual yang dapat ditemui di 101 lokasi di 80 kota di Indonesia, Acer Contact Center dengan tarif lokal 1500-155, serta layanan melalui media sosial selama 24 jam setiap harinya.

 

Tentang ASUS

ASUS adalah Top 2 produsen notebook konsumen dunia dan penghasil motherboard terbaik di dunia. ASUS mendesain dan memproduksi berbagai jenis produk IT untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-hari, mulai dari notebook, tablet, PC desktop, server, perangkat jaringan, dan smartphone.

Dimotivasi oleh inovasi dan berkomitmen pada kualitas, ASUS berhasil memenangkan 4.385 penghargaan di tahun 2016. Untuk ZenFone sendiri, ASUS telah meraih lebih dari 721 penghargaan sejak 2014. Saat ini ASUS memiliki lebih dari 16.000 orang karyawan di seluruh dunia, di mana 5.200 orang di antaranya adalah insinyur di tim R&D (riset dan pengembangan) berkelas dunia. ASUS sangat fokus untuk menyediakan produk berkualitas dengan desain yang menarik.

Di Indonesia, pada kuartal keempat 2016, IDC melaporkan bahwa di bisnis notebook di Indonesia, ASUS terus tumbuh pesat meski telah menempati posisi pertama akhir 2013 lalu. Posisinya sangat kuat dengan pencapaian pangsa pasar sebesar 51,7 persen. Selisihnya dengan produsen terbesar kedua di Indonesia telah mencapai sekitar 33 persen. Bahkan jika digabungkan dengan total market share milik produsen terbesar ketiga dan keempat, penguasaan pasar ASUS di notebook consumer masih lebih besar.

Adapun hingga awal kuartal kedua 2017, GfK menyebutkan, pangsa pasar notebook consumer ASUS mencapai 39,4 persen. Di industri smartphone, menurut data GfK hingga kuartal pertama 2017, ASUS meraih posisi di empat besar di Indonesia.

ASUS juga mendapatkan TOP Brand Award untuk kategori bisnis notebook di tahun 2017 dan juga WOW Brand Award di tahun 2015 untuk kategori bisnis smartphone.