Published On: Thu, Nov 9th, 2017

Endless Tunjuk Enam Ambassador Pertama dari Indonesia

Share This
Tags

JAKARTA, 9 November 2017—Endless Computers, perusahaan asal Silicon Valley penghasil solusi teknologi yang terjangkau semua orang, resmi mengangkat enam Endless Ambassador dari Indonesia—pasar perdana programnya—dan masih mencari kandidat tambahan. Endless Ambassadors adalah program global yang bertujuan untuk mempererat hubungan perusahaan dan pengguna lokal Endless OS—sistem operasi unik yang menawarkan berbagai program dan konten bawaan siap pakai, yang bisa diakses dengan atau tanpa koneksi internet sekalipun.

Peresmian program Endless Ambassadors Indonesia adalah bagian dari rangkaian perjalanan tim internal Endless di Indonesia. Selama beberapa pekan terakhir, tim yang membawa 20 orang insinyur perangkat lunak, perancang, dan ahli media sosial telah berkeliling di dalam negeri untuk mempelajari budaya dan kebiasaan setempat, serta menjalin hubungan kerja sama. “Penunjukan Indonesia sebagai pasar perdana program dan perjalanan di dalam negeri menunjukkan komitmen kuat Endless di Indonesia,” ujar Septira Taruna, Country Operations, Endless Computers, Indonesia. “Melalui inisiatif Endless Ambassadors, kami mampu menciptakan perubahan sosial yang berarti, sejalan dengan misi kami untuk memberikan akses teknologi kepada jutaan orang yang belum terhubung (internet)”.

Endless Ambassador adalah kunci pengembangan dukungan penuh bagi Endless Community—sebutan komunitas pengguna dan penggiatnya. Memiliki akses langsung dengan para eksekutif dan pengambil keputusan di Endless, para Ambassador menjembatani hubungan antara komunitas dan perusahaan, serta memberi masukan penting kepada para pengembang dan perancang Endless tentang bagaimana seharusnya produk mereka dibuat dan diadaptasikan untuk memenuhi kebutuhan pengguna di Indonesia dengan tepat.

Seiring perkembangan programnya, para Ambassador akan bergabung dengan jaringan pimpinan komunitas global, mendapatkan akses ke alat-alat dan materi dari Endless untuk pengembangan kepemimpinan komunitas, serta memperoleh dukungan sponsor perjalanan untuk mewakili Endless di berbagai konferensi dan acara.

Para Ambassador awal dipilih melalui proses seleksi ketat oleh tim internal, namun ke depannya Endless Ambassadors akan dipilih oleh anggota Endless Community, sehingga mereka  bisa menunjuk jagoannya sendiri, dan anggota komunitas lainnya memiliki kesempatan untuk berkembang menjadi pemimpin Endless Community global.

Siapapun bisa menjadi bagian Endless Community, dan Endless memang sedang menggarap program keanggotaan untuk individu-individu paling aktif di komunitasnya. Keuntungan keanggotannya akan meliputi hak suara untuk keputusan-keputusan penting, dan penggantian biaya mengikuti acara dan perjalanan atas nama Endless OS.

Program Endless Ambassadors mulai diumumkan bulan lalu dan kini Indonesia resmi memiliki 6 Ambassador yang bertempat di Jakarta, Depok, Bogor, dan Yogyakarta. Endless masih mencari 4 Ambassador lagi untuk ditempatkan di wilayah utama luar Jawa, yakni Papua, Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatra.

Endless secara khusus mendukung perempuan untuk mengikuti program Endless Ambassadors untuk mulai menghadirkan nilai keberagaman. “Organisasi teknologi cenderung didominasi para lelaki dan insinyur. Kami ingin memulai perubahan—kami membuat sistem operasi untuk semua orang dan itu berarti semua orang perlu berpartisipasi untuk menciptakan teknologi tersebut,” kata Nuritzi Sanchez, Ecosystem Team Manager, Endless Computers. “Kami ingin lebih banyak orang nonteknis bergabung, lebih banyak perempuan, lebih banyak gagasan dan keberagaman gaya hidup. Jika para Ambassador kami bisa mewakili beragam komunitas, maka produk kami akan menjadi lebih baik untuk para penggunanya”.

Untuk menjadi Endless Ambassador, syarat utamanya adalah antusiasme dan keinginan untuk menghadirkan perubahan bagi masyarakat melalui teknologi. Sosok kandidat yang ideal juga adalah mereka yang paham akan kebutuhan komunitas lokal, aktif atau terlibat dalam memjembatani kesenjangan digital, serta mengkampanyekan penggunaan teknologi di Indonesia. Di awal, para Ambassador diharapkan sudah lancar berbahasa Inggris karena mereka akan berkomunikasi secara reguler dengan karyawan Endless di seluruh dunia.

Aplikasinya tersedia secara daring di bit.ly/EndlessAmbassadorsID. Informasi selengkapnya mengenai program ini bisa dibaca di forum Endless Community.

Para Endless Ambassador Indonesia Sudah Memulai Aksinya

Keenam Endless Ambassador sudah mulai memberikan perubahan. Mereka membuka wawasan mengenai komunitas, produk, dan perkembangan pasar, serta mengadakan acara dan memfasilitasi tim Endless untuk berbicara di depan publik selama perjalanan di Indonesia—menghubungkan dengan organisasi-organisasi gerakan sosial, penggiat teknologi, siswa dan mahasiswa, calon mitra produsen konten, dan pengguna-pengguna baru.

Pekan lalu, para Ambassador bertemu di Yogyakarta untuk berkumpul dan saling berkenalan satu sama lain, berjumpa dengan tim internal Endless, dan juga mendiskusikan strategi pengembangan komunitas di Indonesia. Di penghujung pekan, para Ambassador dan tim internal Endless berpartisipasi sebagai mentor Hackatown, sebuah acara besutan Facebook di Jogja Digital Valley. Sendy Aditya Suryana, Endless Ambassador Jogja akan mewakili Endless sebagai juri babak final pada 12 November untuk menentukan pemenang utama Hackatown.

Michael Hall, Community Manager Endless menjelaskan bahwa Endless percaya pada pendekatan holistik di mana komunitas lokal dilibatkan dalam pembuatan alat bantu untuk permasalahan sehari-hari mereka. “Dengan bantuan Endless Ambassador dan Endless Community yang kian berkembang, kami ingin lebih  bisa dan cepat mengerti akan kebutuhan utama komunitas kami di Indonesia, yang tersebar di ratusan pulau dengan budaya dan kebiasaan yang berbeda-beda. Kami tidak akan bisa melakukannya dengan tim internal kami sendiri—kami memerlukan koneksi langsung walaupun kami sudah memiliki perwakilan di Indonesia”.

Michael menambahkan bahwa sebagai negara berpenduduk terbanyak keempat di dunia dan negara yang berkembang pesat, Indonesia menawarkan kesempatan luas untuk membuat perubahan sosial yang berarti, serta menjadi contoh untuk pembelajaran pasar lain. Pengetahuan yang didapat di Indonesia akan membimbing implementasi program Endless Ambassadors negara lain di Asia dan Amerika Latin tempat Endless beroperasi.

***

 

 

Tentang Endless OS

Endless OS adalah perangkat lunak gratis baru yang menyediakan lebih dari 100 aplikasi bawaan siap pakai yang bisa digunakan dengan atau tanpa koneksi internet sekalipun. Beberapa aplikasinya termasuk ensiklopedia lengkap, paket LibreOffice, permainan e-Learning dan masih banyak lagi. Endless OS menyediakan dukungan penuh untuk Indonesia dan bisa dijalankan di desktop, laptop, dan AIO baru maupun lama dengan berbagai merek, termasuk Asus, Acer, HP, Lenovo, Dell, Toshiba, bahkan NUC dari Intel. Syarat utamanya adalah prosesor 64-bit dan ruang penyimpanan 32 GB. Sistem operasi ini tersedia untuk diunduh secara gratis di endlessos.com.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>