Published On: Thu, Dec 10th, 2015

F5 Networks Umumkan Solusi Web Fraud Protection Atas Meningkatnya Serangan Siber

F5_Networks_logoJakarta, 10 Desember 2015 — Hari ini F5 Networks, Inc. (NASDAQ: FFIV) mengumumkan ketersediaan layanan Web Fraud Protection di wilayah Asia Pasifik dengan menghadirkan F5® WebSafe™ and MobileSafe™. Kedua layanan ini sudah dapat diakses oleh berbagai perusahaan di sektor finansial, e-retail, dan berbagai sektor industri lainnya. Solusi Web Fraud Protection merupakan wujud dari komitmen F5 untuk memberikan perlindungan terhadap aplikasi di dunia hybrid, yang dapat membantu para pemain di industri untuk mengaminkan aset terpenting dalam perusahaan mereka – yaitu kepercayaan pengguna layanan mereka.

 

Di dunia sekarang ini, penjahat siber memiliki kanal dan metode yang lebih beragam untuk melancarkan aksinya dalam mencuri data dan credential pengguna internet, salah satunya adalah dengan memanfaatkan celah keamanan di aplikasi.  Perkembangan yang mengkhawatirkan tersebut, mendesak perusahaan untuk bisa mengamankan aplikasi mereka setiap saat dan mampu mengimbangi serangan yang semakin canggih dan bervariasi. Solusi F5 Web Fraud Protection menawarkan kemudahan untuk diterapkan dengan segera, kemampuan untuk membangun profil anti-fraud serta melakukan konfigurasi dengan cepat.

 

Selain meningkatkan keamanan, solusi ini juga memungkinkan perusahaan menjaga pengalaman pengguna dalam memanfaatkan aplikasi. Pasalnya, pengguna tidak dilibatkan secara langsung dalam proses peningkatan keamanan. Dengan begitu, mereka tidak diganggu oleh berbagai aktivitas tambahan yang dapat berpengaruh buruk terhadap pengalaman dan tingkat kepuasan mereka dalam menggunakan aplikasi.

 

“Kami di F5 sadar bahwa keamanan sudah berkembang menjadi fokus utama di banyak perusahaan, bahkan kebutuhannya juga menjadi semakin kompleks. Ketersediaan WebSafe dan MobileSafe di wilayah Asia Pasifik, menawarkan visibilitas dan kontrol bagi perusahaan untuk bisa memastikan keamanan informasi dan data perusahaan mereka,” ujar Emmanuel Bonnaisse, Senior Vice President for Asia Pacific, F5 Networks.

 

Bisnis Maupun Pengguna Sama-sama Terlindung Dari Online Fraud

Websafe, yang merupakan bagian dari layanan solusi Web Fraud Protection, memungkinkan perusahaan melindungi pengguna layanan online mereka dari berbagai macam serangan malware dan online fraud berbasis web yang secara khusus menargetkan para pengguna aplikasi situs web. Layanan ini mampu mengenali berbagai teknik web fraud, usaha untuk meneruskan trafik pengguna ke suatu situs tertentu, dan berbagai pola malware lainnya, sehingga memberikan kemampuan bagi perusahaan untuk mendeteksi ancaman yang ada, memberikan peringatan dan perlindungan kepada pengguna mereka terhadap berbagai jenis malware, phising, fraud yang menargetkan end-user, dalam rangka mengurangi pencurian identitas, transaksi fraud, dan tindakan pengambil alihan akun.

 

Fitur-fitur utama dari WebSafe:

  • Malware and fraud detection: Mengenali berbagai variasi dari Zeus, Citadel, Dyre, Carberp, dan malware yang menargetkan end-user lainnya, mengidentifikasi pengguna yang sudah terinfeksi, serta membantu perusahaan untuk bisa memahami serangan yang lebih menyeluruh serta memastikan keamanan pengguna layanan mereka. Selain perusahaan, pemilik web juga mampu mengidentifikasi beragam jenis malware finansial, MITB, zero-day fraud, dan berbagai serangan fraud lainnya guna melindungi pengunjung situs mereka.
  • Advanced and pre-emptive phishing and pharming detection: Membantu perusahaan untuk mampu mengidentifikasi serangan, bahkan sebelum serangan tersebut dilancarkan oleh penjahat dan disebarluaskan melalui kanal email. Fitur ini mampu mendeteksi dan memberikan peringatan kepada tim perlindungan fraud di perusahaan akan adanya situs phishing yang di upload ke suatu domain. Selain itu fitur ini juga menyediakan kemampuan dalam mengenali penyerang, orang yang mereferensikan situs tersebut, hingga berbagai detail lainnya untuk dilaporkan kepada perusahaan.
  • Device and behavior analysis: Mengidentifikasi dan mencegah terjadinya pembayaran dan transfer uang secara otomatis yang dilakukan oleh bot malware, dengan cara menganalisis berbagai variabel di dalam perangkat, termasuk pola penggunaannya. Dengan begitu, fitur ini mampu membedakan aktivitas mana yang benar-benar dilakukan oleh pengguna dan mana yang diotomasi oleh bot malware. Hal unik yang ditawarkan oleh fitur ini adalah kemampuan tersebut dapat diterapkan tanpa perlu membuat modifikasi pada aplikasi ataupun mengharuskan pengguna menginstal sesuatu, sehingga tidak mengganggu pengalaman pengguna dalam memanfaatkan layanan.

 

Perangkat Mobile Terlindung Dari Online Fraud

MobileSafe, yang merupakan bagian dari layanan solusi Web Fraud Protection, memungkinkan institusi finansial untuk menetralkan ancaman yang terdapat di dalam perangkat mobil milik pengguna tanpa mengharuskan pemilik perangkat untuk menginstal / melakukan sesuatu. Layanan ini dapat diterapkan secara terpisah maupun dikombinasikan dengan WebSafe untuk menghasilkan sistem keamanan yang lebih lengkap. MobileSafe mengeliminasi pencurian identitas yang memanfaatkan perangkat mobile pengguna sebagai celahnya, dan mencegah terjadinya serangan lainnya, seperti mobile phising, Trojan, dan Pharming secara real-time.

 

Fitur-fitur Utama dari MobileSafe:

  • Client-side mobile threat Protection: Menyediakan berbagai kemampuan yang dapat mencegah serangan Man-in-The-Middle (MiTM). DNS spoofing, dan certificate forging. Fitur ini mampu mendeteksi berbagai jenis malware yang menyerang perangkat mobile, baik Android maupun iOS, karena mampu mengidentifikasi modifikasi yang tidak memiliki izin di dalam perangkat, dan menyediakan layanan penelitian dan analisis malware yang dilakukan oleh para ahli agar mampu memerangi penjahat siber dengan lebih efektif.
  • Rooted/Jailbroken device detection: Fitur ini bertujuan untuk menguji dan memeriksa apakah perangkat yang digunakan untuk mengakses aplikasi telah di root/jailbrake atau belum. Kemudian, fitur tersebut bisa menilai apakah setiap transaksi yang dilakukan melalui perangkat yang rentan terhadap risiko keamanan tersebut memiliki korelasi dengan malware seperti Zeus atau Citadel. Kedua malware ini dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam aplikasi yang telah di crack, dan digunakan oleh penjahat untuk mendapatkan OTP dan informasi log korban, meneruskan pesan SMS secara otomatis.

 

Solusi F5 Web Fraud Protection didukung oleh Security Operation Centers (SOC) F5, sebuah solusi layanan keamanan berbasis cloud, di mana para ahli keamanan IT global bekerjasama dengan penegak hukum di beberapa negara untuk mengawasi dan meneliti serangan-serangan siber yang terjadi di seluruh dunia.