Published On: Thu, Oct 6th, 2016

GameStart 2016 Kembali Digelar dengan Konten Baru dan Favorit Penggemar

gamestarJakarta, 23 September 2016 – Layaknya beberapa trilogi terbaik, tahun ini GameStart Asia kembali menyelenggarakan konvensi tahun ketiganya. Memenuhi permintaan para  penggemar dari konvensi perdananya yang dikunjungi oleh 12,000 gamers dan GameStart 2015 oleh 17,000 gamers, GameStart 2016 akan menghadirkan kembali konten favorit penggemar dan memperkenalkan konten yang baru dan menarik selama tiga hari yang beragam, penuh keseruan, dan aksi gaming yang tiada henti.

Menempati ruang seluas 4,000m2 di Suntec Convention Centre dari tanggal 7 hingga 9 Oktober 2016, GameStart 2016 akan memberikan penggemar game selama tiga hari penuh dengan keseruan game, termasuk pameran dan preview, tamu internasional, cosplay, dan hal-hal yang menjadi favorit pengunjung seperti permainan arkade populer Retro DNA, dan juga permainan konsol dari generasi sebelumnya secara gratis maupun berbayar. Tahun ini, penggemar akan dapat melihat fokus yang lebih tajam pada eSports, atau game yang kompetitif, dengan beberapa turnamen yang dapat diregistrasi oleh pengunjung. Selain itu, akan ada juga penawaran khusus pada game, perangkat peripheral, perangkat keras, dan berbagai merchandise dari franchise game populer bagi mereka yang tidak ingin pulang dengan tangan kosong.

Selaras dengan tujuan GameStart untuk menyatukan semua aspek dari gaming di satu tempat, termasuk dalam daftar peserta tahun ini adalah peserta kelas berat seperti PlayStation, Bandai Namco Entertainment Asia dan FunPlus, serta menonjolkan pengembang dan perusahaan game lokal dan indie seperti Witching Hour Studios, pembuat koleksi patung Kinetiquettes dan Armageddon, merk perangkat peripheral game Singapura.

Berikut adalah beberapa kegiatan utama GameStart 2016:

 

Game StarPAMERAN GAME DAN TAMU INTERNASIONAL

Pengunjung GameStart 2016 dapat memainkan semua jenis permainan – dari retro ke indie, triple A, dan bahkan permainan kartu, dengan highlight utama pada demo preview game yang belum dirilis. Daftar game yang akan hadir akan diumumkan pada saat mendekati acara. Penggemar game Jepang Touken Rambu dapat bertemu dengan Yuta Hanazawa dari DMM Games. GameStart 2016 menjadi ajang pertama kalinya bagi DMM Games datang ke Singapura melakukan kegiatan promosi.   Selain itu, pertunjukan special dari Az Samad, gitaris dari Malaysia yang telah membawa Distant Worlds: Music from Final Fantasy juga akan hadir membawakan beberapa lagu terpilih.

Cosplay adalah bagian besar dari konvensi game berbagai jenis, dan GameStart 2016 akan membawa dua cosplayer ternama, Miu (Vietnam) dan Okageo (AS), yang akan menjadi juri di acara GameStart Cosplay Runway, bertemu dengan penggemar dan menjual barang merchandise. Para Cosplayers juga dapat menikmati masuk secara gratis ke GameStart 2016 ini.

ESPORTS

eSports, atau game yang kompetitif, telah merubah dunia gaming secara dahsyat, secara live-streaming dan berbagi video telah membuat gaming sebagai semacam olahraga yang memiliki penonton jutaan orang dan menarik miliaran sponsor serta  biaya periklanan di seluruh dunia. PlayStation kembali sebagai peserta utama tahun ini dengan fokus baru mendukung pertumbuhan eSports di Singapura dan sekitarnya. PlayStation sekali lagi akan memiliki booth terbesar di GameStart 2016, sebagai Presenting Sponsor for South East Asia Major 2016 , turnamen permainan konsol terbesar di Asia Tenggara yang akan diselenggarakan di GameStart untuk pertama kalinya.

Pengunjung dapat menikmati pengalaman akhir pekannya yang penuh aksi dari eSports kelas berat, dan pemain Street Fighter ternama dari seluruh dunia yang akan berkunjung ke Singapura untuk bersaing di tempat yang didambakan   Capcom Cup 2016 Finals, yaitu final liga global selama setahun yang akan memberikan hadiah senilai USD 500,000. Termasuk turnamen ternama lainnya adalah Guilty Gear Xrd –REVELATOR–, BlazBlue Central Fiction dan aksi yang sangat ditunggu-tunggu yaituKing of Fighters XIV, dimana  sebagian besar pemainnya merupakan kualifikasi final turnamen regional di Jepang dan Cina.

Termasuk figur-figur ternama yang akan hadir adalah Daigo “The Beast” Umehara, Gootexks dan Mike Ross dari Cross Counter TV, Mark “Markman” Julio dan Ho Kun Xian, dan bintang Singaporean Street Fighter Ho Kun Xian, yang merupakan gamer profesional yang disponsori oleh Razer.

MyRepublic adalah Official Fibre Broadband Partner untuk GameStart 2016, yang  juga merupakan Presenting Sponsor  turnamen Overwatch Champions Singapore. Di booth ini pengunjung akan dapat,melihat beberapa tim terbaik dari Singapura bersaing di booth memperebutkan uang tunai lebih dari $5,000, dan juga hadiah dari  sponsor lainnya: Armageddon. Turnamen FIFA tahunan GameStart dan GameStart Championship Cup juga akan kembali hadir dengan dukungan dari Xbox Singapore, dan lebih dari $4,000 dalam bentuk uang tunai dan hadiah yang disponsori oleh GameStart, Xbox, dan Monitor Sponsor, ViewSonic akan diperebutkan.

 

FOUNDERS BASE & DOUJIN MARKET

GameStart berpedoman mendukung dan mengekspos bakat indie dan bakat-bakat baru dari Singapura dan sekitarnya. Founders Base adalah tempat dimana pengembang game indie dan start-up ditawarkan booth bersubsidi untuk menunjukkan karya mereka kepada para pengunjung. GameStart baru saja memperpanjang kemitraannya dengan Taipei Game Show, dimana kedua belah pihak  masing-masing akan mempromosikan game asal Singapura dan Taiwan dan mengundang beberapa perusahaan masing-masing negara tersebut ke pameran masing-masing. Sejumlah studio indie dari Taiwan akan mengadakan pameran di Founders Base dibawah Taipei Game Show. GameStart Indie Awards yang pertama kali diselenggarakan akan mengajak pengunjung GameStart 2016 untuk memilih indie game favorit mereka di GameStart 2016, dan game yang nantinya mendapatkan suara terbanyak akan memenangkan kesempatan untuk mengadakan pameran di Taipei Game Show 2017.

Doujin Market adalah acara terbesar untuk seniman amatir yang berfokus kepada konten dari Jepang, dan sebagai kolaborasi baru di tahun 2016, Doujin Market @ GameStart akan membawa 24 seniman amatir ke GameStart 2016, yang dikuratori oleh Cosplay Partner dan Neo Tokyo Project, penyelenggara  Doujin Market. (Doujin – istilah Jepang untuk karya-karya yang diterbitkan sendiri dan karya seni oleh seniman amatir).

“Kolaborasi antara GameStart Asia dengan Dounin Market akan memberikan peluang besar bagi para seniman baru untuk menampilkan karya-karya mereka, sebab kami berkeinginan membantu mengekspos bakat-bakat besar dari para seniman yang berada di Singapura dan sekitarnyatersebut,” kata Elicia Lee, Direktur Eliphant Pte. Ltd.

 

PENUKARAN BARANG, PENAWARAN EKSKLUSIF, DAN HADIAH GRATIS

Mengikuti tradisi GameStart, 300 pengunjung pertama setiap harinya akan menerima goodie bag ‘Random Loot’, yang berisi ­t-shirt atau cetakan dari Xmashed Gear, perangkat peripheral gaming, perangkat penyimpanan canggih dari Seagate atau merchandise eksklusif dari sponsor lainnya. The Quest, Powered by Armageddon, akan membawa para pengunjung ke sebuah petualangan  menyelesaikan tugas-tugas tertentu di sekitar lokasi acara untuk SWAG.  Merekapun akan lebih banyak memilki kesempatan  memenangkan hadiah di GameStart Lucky Draw, seperti kursi gaming ergonomis oleh Secret Lab dan buku tulis gaming dari Official Notebook Sponsor MSI. Pengunjung yang  bosan dengan laptop tua, konsol game, game (kecuali platform PC), dan perangkat mobile milik mereka dapat membawa barang-barang bekas tersebut ke booth Gadget Solution untuk ditukarkan dengan voucher GameStart yang dapat digunakan di mana saja di lokasi GameStart, termasuk membeli dan pre-order konsol, game, merchandise baru dan lebih banyak lagi hal lainnya di berbagai stan penjualan, seperti ritel lokal TOG (Toy or Game), Secret Lab, Armageddon, Liongeeks dan Xmashed Gear.

 

“Kami sangat senang dapat membawa kembali konvensi gaming perdana di Asia Tenggara yang diselenggarakan untuk ketiga kalinya ini. Gamers dari Singapura dan sekitarnya akan disambut oleh konten yang lebih beragam, kegiatan, dan semua-hal-gaming selama tiga hari,” tambah Elicia.

Tanggal: 7—9 Oktober 2016

Tempat: Suntec Convention Centre, Hall 405 dan 406, Singapura

Harga Tiket:

  • 1 Hari (Standard): S$12
  • 3 Hari (Standard): S$30
  • VIP Passes: S$70 (termasuk tiket masuk untuk tiga hari, tiket Priority Queue, dan lebih banyak lagi)
  • Gratis untuk Cosplayers

Hashtag: #GameStart2016