Published On: Thu, Feb 4th, 2016

Garena Tunjuk MP & Silva Sebagai Mitra  Hak Pemasaran Global Eksklusif

garenaJakarta, 4 Februari 2016 – MP & Silva, perusahaan hak siar media internasional terkemuka yang memiliki, mengelola dan mendistribusikan hak siar televisi dan media untuk beberapa acara olah raga paling bergengsi di seluruh dunia, hari ini mengumumkan penunjukkannya sebagai mitra hak pemasaran global dari Garena, perusahaan platform internet dan mobile terbesar di Asia Tenggara.

Penunjukan ini akan membantu Garena mengembangkan potensi eSports yang besar di wilayah Asia, terutama Asia Tenggara di mana Indonesia memiliki populasi gaming terbesar yaitu 52,6 juta dari 126 juta gamer**, yang menjadikannya target utama para sponsor dan berbagai brand.

Dengan penunjukan ini, MP & Silva akan bekerja sama dengan Garena untuk memperkuat kemitraan brand dalam memaksimalkan peluang komersial di Asia Pasifik untuk produk tiga electronic sports (eSports) utama:

  • Garena Premier League (GPL): GPL adalah turnamen League of Legends (LoL) profesional terkemuka di Asia Tenggara, yang menampilkan tim-tim papan atas dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. GPL menarik 140.000 pengunjung di 2015. LoL adalah salah satu game yang paling banyak dimainkan di PC secara global, dengan komunitas yang terdiri dari 67 juta pemain aktif setiap bulannya dan 27 juta pemain aktif setiap harinya.
  • Vietnam Championship Series A (VCSA): VCSA adalah turnamen profesional tertinggi untuk tim-tim League of Legends Vietnam.
  • League of Legends Masters Series (LMS): LMS adalah liga eSports League of Legends di Taiwan, Hong Kong dan Macau.

Kesepakatan sponsorship ini penting bagi MP & Silva sebagai langkah pertama memasuki industri eSports. Dengan jumlah penonton global mencapai 256 juta orang, eSports adalah industri yang sangat menarik dan sedang menanjak dengan prediksi pendapatan global akan mencapai US$463 juta di 2016 melalui iklan, sponsorship, hak siar media, merchandise & tiket dan investasi tambahan dari publisher game.

Asia Tenggara adalah wilayah yang berkembang pesat dengan potensi besar yang belum tergarap untuk industri eSports, dengan lebih 126 juta gamer dan menghasilkan pendapatan US$1,1 milyar di 2014. Angka ini diperkirakan akan meningkat dua kali lipat di 2017.

Pertumbuhan eSports di Indonesia juga diharapkan akan meningkat dengan diakuinya Indonesia eSports Association (IeSPA) sebagai lembaga formal oleh Kementrian Pemuda dan Olah Raga dan akan berada dibawah Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI).

CEO, MP & Silva, Marco Auletta, mengatakan: “Pengumuman ini adalah tonggak penting bagi MP & Silva dan kesepakatan kuat untuk bisnis sponsorship kami yang sedang tumbuh, dan saya berterima kasih atas kepercayaan Garena kepada tim kami untuk memberikan hasil yang dapat terus mengembangkan nilai properti mereka. Pengumuman ini juga merupakan langkah awal bagi kami untuk masuk ke industri eSports dan menegaskan kepemimpinan dan visi kami dalam memasuki industri baru dengan potensi yang begitu besar.”

Vice President of Group Game Operations, Garena, Jason Ng mengatakan: “Kami senang dapat bermitra dengan MP & Silva untuk membantu mewujudkan potensi penuh eSports di kawasan Asia. Sebagai pendukung besar eSports, kami gembira menyaksikan popularitas eSports yang semakin menanjak dan berharap dapat menjadikannya lebih besar di kawasan ini. Secara historis, acara eSports Garena telah menarik puluhan ribu penggemar dan kami yakin rekam jejak MP & Silva di industri olah raga dapat membantu meningkatkan kehadiran eSports melalui kemitraan strategis dengan brand konsumen dan komersial.”

Rene Valencia, Global Head of Sponsorship, MP & Silva, mengatakan: “Kami telah memperhatikan profil eSports selama beberapa waktu, dan dari analisis pasar kami, kami dapat melihat bahwa pendapatan sponsorship eSports saat ini belum mencapai potensi penuh. Dilihat dari jangkauan dan skala eSports di Asia, dan kemampuannya untuk mengakses demografi generasi millenial tech-savvy yang sulit dijangkau dengan pendapatan bersih di atas rata-rata, kami percaya kami dapat membantu mewujudkan potensi komersial properti Garena.”

Contoh dari entitlement dan platform sponsorship potensial selama turnamen meliputi tampilan logo selama gameplay berlangsung dan pemutaran screensaver berulang-ulang, penyiaran sponsorship, iklan online, eksposur media dan promosi, serta penempatan produk dan kegiatan di turnamen.