Published On: Thu, Jan 28th, 2016

Glints Luncurkan Platform Karier Khusus Anak Muda Pertama di Indonesia

glintsJakarta, 28 Januari 2016 – Glints, startup dari Singapura pemrakarsa pengembangan karier bagi anakmuda, mengumumkan peluncuran platform karier pertama yang dikhususkan untuk profesional muda dan lulusanbaru. Platform ini bertujuan untuk membantu anak muda dalam menemukan passion mereka, serta mengembangkan keahlian khusus yang dibutuhkan untuk meniti karier yang diinginkan. Di sisi lain, platform ini juga membantu perusahaan pemberi kerja untuk mendapatkan kandidat muda berkualitas yang memiliki semangat tinggi secara lebih efektif. **

Glints didirikan oleh tiga orang pemuda berumur 22 tahun yang sangat bersemangat untuk memberikan solusi untuk mengatasi isu pengangguran di dunia. Semenjak didirikan, Glints telah meraih pendanaan yang hampir mencapai 5,4 miliar rupiah dari para investor guna mendirikan platform ini dan menghadirkannya ini di Indonesia. Hingga saat ini, Glints memiliki lebih dari 20.000 kandidat muda dan 2.000 perusahaan pemberi kerja yang tergabung di dalamnya.

Melalui peluncurannya di Indonesia, Glints berusaha menghadirkan solusi untuk menghadapi tantangan yang sering dialami oleh para pencari kerja maupun perusahaan pemberi kerja. Oswald Yeo, CEO of Glints, mengatakan, “Setiap tahunnya, Indonesia memiliki lebih dari 2 juta lulusan baru yang mencari kerja^^[1] <#_ftn1>. Namun, hal ini menjadi tantangan berat karena adanya jurang pemisah yang semakin melebar antara keahlian yang dibutuhkan sebagai pekerja dan pendidikan yang dikenyam. Pada saat yang sama, perusahaan juga dihadapkan pada kesulitan untuk mendapatkan kandidat muda yang memiliki pengalaman serta keahlian yang relevan dengan bidang pekerjaan yang sedang dibutuhkan.”

“Sebagai anak muda, kami memahami benar tantangan karier yang dihadapi oleh orang-orang seusia kami. Mereka belum mengetahui secara jelas tentang karier yang mereka inginkan dan bagaimana mendapatkan keahlian yang tepat untuk bergelut di bidang tersebut. Kami berharap agar Glints mampu membantu jutaan anak muda di Indonesia untuk mendapatkan pengalaman dan keahlian yang dibutuhkan demi menggapai pekerjaan impian mereka,” kata Looi Qin En, COO of Glints.

Lebih dari sekedar portal kerja, Glints adalah platform karier yang membantu anak muda mendapatkan pekerjaan impian mereka

Sebagai platform yang berfokus pada pengembangan kandidat muda, Glints memiliki sejumlah fitur spesial, yang memungkinkan penggunanya untuk menemukan dan mengembangkan karier mereka. Mengintip lebih lanjut tentang fitur dan layanan yang dimaksud:

●Kesempatan yang ditawarkan secara khusus untuk setiap individu: Selain menampilkan job posting, Glints juga menyediakan kesempatan spesial lainnya, seperti magang, pelatihan, proyek paruh waktu, yang secara khusus dihadirkan untuk mengasah keahlian khusus.

●Live Career Consultations: Glints menyediakan jasa konseling karier yang memberikan jawaban atas segala pertanyaan seputar karier dan rekomendasi pengembangan kariermelalui live chatting.

●Dynamic Career and Skills Path Explorer: fitur ini membantu kandidat untuk menjelajah berbagai bidang karier lainnya, serta memberikan bimbingan guna mendapatkan keahlian khusus yang dibutuhkan untuk berkarier di bidang tersebut. Fitur ini juga dilengkapi dengan Dynamic Skills Tree yang memberikan peta keahlian-keahlian yang dibutuhkan dalam setiap jenis karier.

Selain memanjakan kandidat dengan fitur-fitur di atas, Glints juga menyediakan peralatan inovatif untuk membantu perusahaan mendapatkan kandidat muda yang berkualitas dan memiliki keahlian yang sesuai dengan lebih cepat. Berkat algoritma yang dikembangkan secara khusus dan tenaga ahli manusiayang menjadi layanan khusus bagi perusahaan pemberi kerja, Glints menyediakan /database/ yang lebih baik sehingga perekrut akan mampu menyaring kandidat muda berkualitas dengan lebih cepat. Lebih lanjut lagi, jika perusahaan kesulitan menulis deskripsi pekerjaan, maka Glints juga menyediakan penulis khusus yang mampu membuat tulisan deskripsi pekerjaan dengan lebih menarik bagi kandidat muda unggulan.

Meskipun sebelumnya Glints baru melakukan promosi dari mulut ke mulut, saat ini Tokopedia, Happyfresh, hingga perusahaan multinasional seperti Adidas dan Puma sudah termasuk dalam 2.000 perusahaan yang tergabung dalam platform ini. Salah satu faktor yang membuat banyak perusahaan bergabung adalah pengembangan produk yang tiada henti dari minggu ke minggu berdasarkan masukan dari para pengguna, agar mampu memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna.

“Platform ini telah memudahkan saya untuk menemukan banyak talenta muda berkualitas, yang memiliki /passion/ serta keahlian yang sesuai dengan bidangnya,” jelas Risky Dwi Nugroho, Recruitment Specialist, Tokopedia.

Di Indonesia, Glints sudah mulai menjalin kemitraan dengan banyak universitas dan perusahaan. Salah satu contoh nyatanya adalah bekerjasama dengan banyak perusahaan startup yang bermarkas di East Ventures Hive untuk menyelenggarakan sebuah startup career fair. Di dalam career fair ini, Glints menawarkan suatu usesi yang dinamakan speed dating, yang memungkinkan partisipan untuk mendapatkan interview langsung di tempat. Lebih dari 100 interviewberhasil terwujud dalam waktu 1 jam dan tidak sedikit dari jumlah tersebut yang berlanjut ke langkah selanjutnya hingga penawaran kerja.

“Minat untuk bekerja di perusahaan startup belum begitu besar di Indonesia. Masih banyak kandidat muda yang lebih memilih untuk bekerja di perusahaan besar. Padahal, perusahaan startup yang berkembang sebenarnya menawarkan kesempatan belajar yang lebih besar bagi kandidat muda untuk mengasah keahlian mereka. Karena alasan inilah kami memutuskan untuk menyelenggarakan startup career fair,” tutup Oliver Yiu, Indonesia Country Manager, Glints.

Untuk mulai masuk ke jenjang karier baru dan mengetahui lebih lanjut tentang berbagai karier yang tersedia, kunjungi glints.id