Published On: Sun, Nov 22nd, 2015

Hari Terakhir di Malaysia, Presiden Jokowi Akan Bertemu Sekjen PBB, PM Jepang, dan PM Vietnam

Pasukan-Malaysia

Presiden Jokowi didampingi PM Malaysia Najib Razak memerika pasukan di Bandara Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (20/11) malam. Foto: Cahyo/Setpres

Jakarta, 22 November 2015- Pada hari terakhir kunjungannya ke Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (22/11), Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menghadiri beberapa pertemuan termasuk penutupan KTT ke-27 ASEAN, dan menghadiri tiga pertemuan bilateral, yakni dengan PM Vietnam Nguyen Tan Dung, PM Jepang Shinzo Abe, dan Sekjen PBB Ban Ki-Moon.

Tim Komunikasi Presiden, Ari Dwipayana, dalam siaran persnya Minggu (22/11) pagi menyebutkan, beberapa pertemuan yang akan diikuti Presiden Jokowi adalah Peringatan 40 tahun ASEAN – Selandia Baru, dan  Penandatanganan “The 2015 Kuala Lumpur Declaration on The Establishment of ASEAN Community & The Kuala Lumpur Declaration on The ASEAN 2025: Forging ahead Together”.

“Setelah penandatanganan, berturut-turut Presiden Jokowi menghadiri KTT KE-10 Asia Timur, KTT KE-18 ASEAN-Jepang, KTT KE-17 ASEAN-Republik Korea dan KTT KE-7 ASEAN-PBB,” kata Ari.

Sebelum acara penutupan digelar, menurut Ari, Presiden Jokowi juga akan mengikuti Joint Statement on The Regional Comprehensive Economic Partnership Negotiation.

Selanjutnya, pada pukul 18.00 Waktu Setempat, Presiden Jokowi akan menghadiri upacara penutupan KTT ASEAN, yang sekaligus diserahkan penyerahan posisi Ketua ASEAN dari Malaysia kepada Laos.

Meski upacara penutupan telah digelar, menurut Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana, Presiden Jokowi masih akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Sekjen PBB.

Selanjtnya, pada pukul 21.30 WS atau 20.30 WIB, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo direncanakan kembali ke tanah air, dan diperkirakan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma pada pukul 22.30 WIB.(ES)