Published On: Tue, Aug 22nd, 2017

“HBD Run To Shop” Menuju Festival Belanja Akbar “Hari Belanja Diskon Indonesia”

Share This
Tags

Jakarta, 13 Agustus 2017 – Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) menyelenggarakan HBD Run To Shop sebagai bagian dari rangkaian kegiatan menuju Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI). Kegiatan fun run ini mengambil start dan finish di Grand Indonesia, Jakarta dan menggunakan konsep “Urban Trail” yang mengharuskan peserta untuk berlari melewati berbagai lintasan.

Lomba lari berkonsep Urban Trail ini adalah yang pertama kali dilaksanakan di Indonesia dan mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.  Diikuti oleh 3.000 peserta, para peserta akan berlari melintasi jembatan penyebrangan, trotoar, lapangan parkir hingga halaman pusat perbelanjaan. Keunikan konsep Urban Trail akan menjadi daya tarik tersendiri bukan hanya bagi para peserta, namun juga para wisatawan dari berbagai penjuru, baik domestik maupun asing yang sedang berkunjung ke Jakarta.

Ketua Umum HIPPINDO, Budihardjo Iduansjah, mengatakan, “Melalui kegiatan HBD Run to Shop diharapkan dapat membangkitkan kembali sensasi berbelanja masyarakat luas. Konsep Urban Trail yang kami usung dalam kegiatan ini menandai industri ritel yang sangat dinamis. Demikian juga aktivitas lari pun bisa menjadi sangat dinamis, dilakukan bukan hanya di jalan datar, melainkan juga dengan naik ke trotoar, melalui jalan menanjak maupun menurun, bahkan melintasi jembatan penyeberangan.”

Sementara itu Ketua Panitia HBD Indonesia, Fetty Kwartati, juga mengungkapkan, “Kegiatan fun run ini merupakan salah satu rangkaian acara menuju HBDI (road to HBDI). Antara HBD Run To Shop dan HBDI, keduanya memiliki “benang merah”, yang dimaknai dengan adanya keterlibatan dan antusiasme para retailer serta peserta lari dalam acara ini. Terdapat sejumlah booth food & beverage, mini market bahkan pakaian yang ikut meramaikan HBD Run To Shop. Sehingga usai berlari para peserta maupun masyarakat dapat merasakan animo belanja sebagaimana yang akan dialami pada event HBDI di pusat perbelanjaan maupun HBDI Festival di Gambir Expo.”

HBD Run to Shop terbagi atas 3 kategori, yaitu 10K dan 5K untuk dewasa baik pria maupun wanita, dan 1.5K untuk anak-anak. Untuk kategori 1.5K, HIPPINDO juga melibatkan anak-anak berkebutuhan khusus setingkat SMP dan SMA dari SLB Asih Budi untuk turut berpartisipasi.

Berbagai acara yang turut memeriahkan HBD Run to Shop, diantaranya meet and greet dengan My Little Pony dan Transformer, penampilan dari DJ, serta acara hiburan dari Youtubers Indonesia.

Senior Vice President Credit Card  Bank Mandiri Vira Widiyasari mengatakan bahwa, nasabah dapat membeli tiket Run To Shop dengan diskon 20% dengan menggunakan Mandiri Kartu Kredit dan Debit. “Melalui dukungan ini, kami berharap peserta Run To Shop dapat mengetahui program-program Bank Mandiri dirangkaian kegiatan Hari Belanja Diskon Indonesia,” kata Vira.

Pada bazaar Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) di Gambir Expo Kemayoran di 15 – 27 Agustus 2017, masyarakat dapat menikmati potongan harga hingga 72% dan tambahan diskon hingga 17%. Selain itu, masyarakat juga bisa mendapatkan potongan harga hingga 45% dengan fiestapoin, serta cicilan dengan bunga 0%, dan program lainnya.

Kemudian, lanjut Vira, pada In Store promo di lebih dari 25 ribu outlet di seluruh Indonesia pada 17-20 Agustus 2017, masyarakat juga bisa mendapatkan diskon hingga 72% dan tambahan diskon hingga 17%, potongan harga hingga 45% dengan fiestapoin, serta cicilan dengan bunga 0%.

“Melalui program yang kami berikan, mudah-mudahan masyarakat luas dapat lebih mengenal event besar ini serta dapat memberikan nilai tambah yang baik bagi masyarakat,” ujar Vira

 

– Selesai –

 

Tentang Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO)

Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) didirikan pada tanggal 8 Juni 2016 sebagai bentuk kepedulian untuk memajukan usaha semua pihak terkait dalam dunia ritel yang semakin dinamis, khususnya para pelaku usaha baik skala mikro maupun skala besar yang memiliki gerai/ menyewa di pusat perbelanjaan. Melalui HIPPINDO, kerjasama yang erat antara para penyewa pusat belanja, pusat perbelanjaan itu sendiri dan pemerintah dapat semakin ditingkatkan sehingga tercipta keseimbangan yang akan memberikan manfaat besar bagi semua pihak untuk dapat maju bersama. Hal ini tercermin dalam slogan HIPPINDO: “Bermitra Maju Bersama”.

Ide pembentukan HIPPINDO bermula dari pertemuan informal Kamis tanggal 25 Februari 2016 dari beberapa pelaku ritel seperti: Hammer, Pojok Busana, Marco Group, Hero Group, Wacoal, Kawan Lama, Johnny Andrean, Boga Group, Delami Brands, MAP, Buccheri, Indahtex Group, Erafone, Yongki Komaladi, Ranch Market, Hoka Hoka Bento,  Funworld  dan Sunny Side Up  untuk berkontribusi terhadap kemajuan bangsa Indonesia khususnya bidang ritel di pusat perbelanjaan. Dalam pertemuan tersebut disadari bahwa untuk bisa mencapai kemajuan yang lebih baik, tidak bisa dilakukan secara terpisah dan sendiri-sendiri. Banyak pihak lain yang terlibat di dalamnya yang harus diajak bekerjasama khususnya pusat perbelanjaan itu sendiri dan tentunya pemerintah selaku regulator. Dengan melibatkan semua pihak terkait, kita akan mendapatkan gambaran lengkap mengenai apa yang terjadi dan langkah-langkah apa yang sebaiknya dilakukan oleh masing-masing pihak tersebut untuk bisa memajukan usaha di pusat perbelanjaan.

 

Adapun visi HIPPINDO menjadi himpunan penyewa di pusat belanja yang memberikan manfaat bagi bangsa dan negara. Sementara misi organisasi ini adalah: Memberikan kontribusi terhadap perekonomian nasional; Memajukan usaha para penyewa di pusat belanja agar mampu berkembang dan berkelanjutan untuk bersaing di era globalisasi; Bekerja sama dengan semua pihak yg berkepentingan (penyewa, pusat belanja dan pemerintah) untuk menciptakan kondisi seimbang yg saling mendukung; Menciptakan lapangan kerja & mengembangkan sumber daya manusia terkait dengan usaha di pusat belanja; dan Mendukung pengembangkan ekonomi kreatif yang menciptakan usaha-usaha baru.