Published On: Fri, Aug 19th, 2016

Henkel Capai Kinerja Kuartal Kedua yang Kuat

Share This
Tags

henkelDüsseldorf, 19 Agustus 2016 – “Henkel mencapai kinerja bisnis yang kuat di kuartal kedua 2016. Kami menghasilkan pertumbuhan penjualan organik yang solid, didukung oleh perkembangan kokoh di pasar berkembang dan pertumbuhan positif di pasar yang mapan. Kami juga mampu secara signifikan meningkatkan pendapatan dan profitabilitas. Pendapatan yang disesuaikan per saham preferensi tumbuh 8,5% menjadi 1,40 euro dan pengembalian yang disesuaikan pada penjualan naik menjadi 17,6 persen, menunjukan level rekor terbaru untuk Henkel. Keberhasilan pembangunan Henkel didorong oleh tiga unit bisnis,” kata CEO Henkel Hans Van Bylen. “Saya ingin berterima kasih kepada tim global kami yang memberikan kontribusi terhadap kinerja yang kuat pada kuartal kedua,”

 

“Kami juga sangat optimis melalui akuisisi The Sun Products Corporation yang disepakati pada kuartal kedua. Hal ini akan menjadi pengubah langkah posisi kami di Amerika Utara, salah satu region paling penting bagi Henkel global. Setelah penutupan transaksi ini, kami akan mencapai posisi nomor 2 dalam pasar laundry care di Amerika Serikat.”

 

Mengomentari tahun fiskal saat ini, Van Bylen mengatakan: “Kami menghadapi lingkungan pasar yang semakin menantang, dengan pertumbuhan ekonomi global yang moderat, dinamika pertumbuhan yang melambat, ketidakpastian yang tinggi di pasar dan perkembangan valuta asing yang tidak menguntungkan. Kami berkomitmen untuk mencapai target ambisius kami dan akan fokus dalam meningkatakan kemampuan inovasi kami, merek yang kuat, serta posisi kami sebagai pemimpin pasar.”

 

Pedoman untuk peningkatan margin EBIT yang disesuaikan setahun penuh

“Untuk tahun fiskal 2016, kami terus mengharapkan pertumbuhan penjualan organik dari 2 sampai 4 persen dan pendapatan yang disesuaikan per saham preferensi tumbuh antara 8 dan 11 persen. Untuk margin EBIT yang disesuaikan, saat ini kami mengantisipasi peningkatan lebih dari 16,5%. Kami sebelumnya sudah memperkirakan angka ini akan mencapai sekitar 16,5%,” kata Hans Van Bylen.

 

Kinerja penjualan dan pendapatan di kuartal kedua 2016

Pada kuartal kedua 2016, Henkel menghasilkan pertumbuhan penjualan organik -yakni disesuaikan dengan valuta asing dan akuisisi/divestasi- 3,2 persen. Secara nominal, penjualan mengalami penurunan sebesar 0,9 persen menjadi 4.654 juta euro akibat dampak negatif nilai tukar 5,3 persen.

 

Unit bisnis Laundry & Home Care mencatat pertumbuhan penjualan organik yang kuat sebesar 5,3 persen. Unit bisnis Beauty Care membukukan peningkatan yang solid dalam penjualan organik sebesar 2,1 persen. Unit bisnis Adhesive Technologies juga melaporkan peningkatan yang solid dalam penjualan organik sebesar 2,6 persen.

 

Setelah memungkinkan untuk biaya satu kali dan keuntungan dan biaya restrukturisasi, laba operasi yang disesuaikan (EBIT) naik 6,6 persen dari 715 juta euro menjadi 757 juta euro.

 

Laba atas penjualan yang disesuaikan (EBIT Marjin) menunjukkan peningkatan 1,2 persen menjadi 17,6 persen. Laba atas penjualan dilaporkan naik dari 15,2 persen menjadi 16,3 persen.

 

Kinerja keuangan Henkel meningkat dari -11 juta euro di kuartal kedua 2015 menjadi -1 juta euro pada saat ini. Hal ini bisa disebabkan karena perbaikan dalam hasil bunga bersih dan peningkatan hasil valuta asing. Tarif pajak yang dilaporkan adalah 24,3 persen; pada kuartal yang sama tahun sebelumnya adalah 24,6 persen.

 

Pendapatan bersih yang disesuaikan untuk kuartal ini setelah dikurangi bunga non-controlling tumbuh sebesar 8,8 persen dari 558 juta euro menjadi 607 juta euro. Pendapatan bersih yang dilaporkan untuk kuartal ini meningkat 7,7 persen dari 531 juta euro menjadi 572 juta euro. Setelah dikurangi 11 juta euro yang diakibatkan oleh bunga non-controlling, pendapatan bersih kuartal sebesar 561 juta euro (kuartal yang sama tahun sebelumnya: 521 juta euro).

 

Pendapatan per saham preferensi yang disesuaikan (EPS) naik 8,5 persen dari 1,29 euro menjadi 1,40 euro. EPS yang dilaporkan meningkat dari 1,20 euro menjadi 1,30 euro.

 

Modal kerja bersih terkait dengan penjualan meningkat dari tahun ke tahun sebesar 1,3 persentase poin menjadi 5,3 persen.

 

Kinerja Bisnis yang kuat di paruh pertama 2016

Pada paruh pertama 2016, Henkel menghasilkan pertumbuhan penjualan organic – yakni penyesuaian dengan valuta asing dan akuisisi/divestasi- 3,1 persen, dengan kontribusi dari semua unit usaha Henkel. Secara nominal, penjualan sedikit menurun sebesar 0,2 persen menjadi 9.110 juta euro karena efek negatif valuta asing.

 

Laba operasional yang disesuaikan naik 6,4 persen dari 1.475 juta euro menjadi 1.570 juta euro; laba atas penjualan yang disesuaikan meningkat dari 16,2 persen menjadi 17,2 persen. Setelah dikurangi bunga non-controlling, pemasukan bersih untuk setengah tahun yang disesuaikan naik 8,2 persen dari 1.068 juta euro menjadi 1156 juta euro.

 

Pendapatan per saham preferensi yang disesuaikan (EPS) meningkat sebesar 8,1 persen atau 20 euro sen dari 2,47 euro menjadi 2,67 euro.

 

Efektif per tanggal 30 Juni 2016, posisi keuangan bersih Henkel menunjukan saldo sebesar -118 juta euro (31 Desember 2015: 335 juta euro). Perubahan yang dibandingkan dengan akhir 2015 ini terutama disebabkan oleh deviden yang dibayarkan dan belanja untuk akuisisi.

 

Kinerja unit bisnis di kuartal kedua 2016

Kuartal kedua 2016 memperlihatkan unit bisnis Laundry & Home Care berhasil memperpanjang jalur pertumbuhan yang menguntungkan. Penjualan tumbuh secara organik sebesar 5,3 persen dari tahun ke tahun, sekali lagi mengungguli pasar-pasar yang relevan. Secara nominal, penjualan meningkat sebesar 2,4 persen menjadi 1.345 juta euro (tahun sebelumnya: 1.314 juta euro).

 

Peningkatan organik yang kuat ini didorong terutama oleh pertumbuhan bisnis di pasar berkembang. Di Asia (kecuali Jepang), unit bisnis mencapai pertumbuhan dua digit. Mencatat kenaikan yang sangat kuat dalam penjualan, daerah Eropa Timur dan Amerika Latin memberikan kontribusi terhadap kinerja baik yang dilaporkan. Wilayah Afrika/Timur Tengah mencatat pertumbuhan yang sangat kuat di bawah kondisi yang penuh tantangan dari lingkungan pasar yang masih sulit. Pertumbuhan penjualan di pasar yang sudah mapan juga kuat. Penjualan di wilayah Amerika Utara mengalami peningkatan yang sangat kuat dari tahun ke tahun. Eropa Barat mencatat kinerja penjualan yang positif di lingkungan yang sangat kompetitif.

 

Laba operasi yang disesuaikan pada unit bisnis Laundry & Home Care meningkat dengan sangat kuat 8,4% menjadi 244 juta euro. Pada 18,1%, laba yang disesuaikan pada penjualan meningkat dengan sangat baik 1,0 persentase poin dibandingkan dengan kuartal kedua 2015. Laba operasi yang dilaporkan meningkat 10,3 persen dari 198 juta euro menjadi 218 juta euro.

 

Unit Bisnis Beauty Care juga berhasil memperpanjang jalur pertumbuhan yang menguntungkan pada kuartal kedua 2016. Secara organik, penjualan naik sebesar 2,1 persen. Secara nominal, penjualan tercatat sebesar 988 juta euro setelah 1.006 juta euro pada kuartal tahun sebelumnya.

 

Unit Bisnis Beauty Care meneruskan kesuksesan pengembangannya di pasar berkembang dengan meningkatnya penjualan organik. Secara khusus, Eropa Timur dan Amerika Latin memberikan kontribusi pertumbuhan hingga dua-digit dan berhasil meraih pencapaian yang baik. Penjualan di wilayah Afrika/Timur Tengah berada di bawah tingkat kuartal kedua 2015, sementara itu di wilayah Asia (kecuali Jepang) mampu mencapai pertumbuhan yang kuat. Kinerja penjualan di pasar yang mapan diperhitungkan berada sedikit dibawah tingkat kuartal tahun sebelumnya. Mengingat ketatnya persaingan dan tekanan harga yang kuat, penjualan di Eropa Timur dan di pasar mapan wilayah Asia-Pasifik berada di bawah level kuartal kedua tahun 2015. Amerika Utara mencatatkan pertumbuhan penjualan organik yang solid.

 

Laba operasi disesuaikan dari unit bisnis Beauty Care menunjukan pertumbuhan solid sebesar 3,6 persen menjadi 172 juta euro. Peningkatan yang pesat juga terjadi pada keuntungan atas penjualan yang disesuaikan hingga 0,9 persen, sehingga meningkat menjadi 17,4 persen. Laba operasi yang dilaporkan tumbuh 2,0 persen menjadi 162 juta euro.

 

Pada unit Bisnis Adhesive Technologies penjualan solid yang organik tumbuh hingga 2,6 persen di kuartal kedua ini. Secara nominal, penjualan mencapai hingga 2.290 juta euro dimana pada kuartal tahun sebelumnya sebesar 2.343 juta euro.

 

Pasar negara berkembang terus memperlihatkan kinerja penjualan yang sukses dengan pertumbuhan penjualan organik yang solid. Baik Amerika Latin dan Eropa Timur keduanya mengalami pertumbuhan penjualan hingga dua digit. Penjualan di Afrika/ Timur Tengah menunjukan nilai pertumbuhan yang solid. Di wilayah Asia (tidak termasuk Jepang), penjualan tercatat berada sedikit dibawah tingkat kuartal tahun sebelumnya, mengingat pertumbuhan ekonomi di China yang sedang melemah. Kinerja penjualan di pasar mapan secara keseluruhan tergolong positif. Bisnis di Amerka Timur berhasil meraih peningkatan penjualan. Namun, penjualan di pasar mapan di wilayah Asia-Pasifik tercatat berada dibawah level kuartal kedua tahun 2015. Di Amerika Utara, penjualan tercatat berada sedikit dibawah level kuartal tahun sebelumnya.

 

Laba operasi disesuakan pada unit bisnis Adhesive Technologies tercatat meningkat semakin kuat dari tahun ke tahun. Kuartal ini tercatat meningkat hingga 7,1 persen menjadi 426 juta euro. Keuntungan atas penjualan yang disesuakan tercatat meningkat sempurna hingga 1,6 persentase poin menjadi 18,6 persen. Laba operasi yang dilaporkan meningkat hingga 3,7 persen menjadi 403 juta euro.

 

Kinerja regional di kuartal kedua 2016

Pada pasar yang tingkat persaingannya terbilang tinggi, penjualan Henkel di wilayah Eropa Timur naik secara organik sebesar 1,1 persen. Khususnya, negara-negara Eropa Selatan dan Inggris yang menunjukan kinerja yang kuat, sementara penjualan di Perancis dan Benelux menurun. Secara nominal, penjualan di wilayah

tersebut meningkat hingga 1,4 persen menjadi 1.585 juta euro. Di Eropa Timur, penjualan meningkat secara organik sebesar 9,7 persen di pasar yang termasuk kompetitif ini. Rusia, Turki dan Polandia menyumbang kontribusi yang cukup besar pada kinerja yang baik ini. Nominal penjualan di wilayah ini mencapai 698 juta euro (kuartal tahun sebelumnya: 707 juta euro). Pertumbuhan di wilayah Afrika/Timur Tengah cukup terpengaruh oleh kerusuhan geopolitik di beberapa negara. Namun demikian, peningkatan penjualan secara organik sebesar 4,4 persen. Nominal penjualan tercatat hingga 333 juta euro dimana sebelumnya 342 juta euro pada kuratal kedua tahun 2015.

 

Penjualan di wilayah Amerika Utara meningkat secara organik hingga 1,8 persen. Pada angka 932 juta euro, nominal penjualan berada pada level yang sama dengan tahun sebelumnya (kuartal tahun sebelumnya: 934 juta euro). Penjualan organik di Amerika Latin meningkat hingga angka ganda yaitu 11,0 persen, dengan kinerja bisnis di Meksiko berhasil membuat kontribusi yang signifikan pada peningkatan ini. Nominal penjualan terhitung mencapai 266 juta euro mengikuti 292 juta euro pada kuartal tahun sebelumnya. Penjualan di wilayah Asia-Pasifik meningkat secara organik hingga 0,4 persen. Peningkatan organik yang positif ini terutama disebabkan oleh kinerja bisnis yang cemerlang di India dan Korea Utara, sementara kinerja di China terbilang menurun. Pada angka 808 juta euro, nominal penjualan berada di bawah level kuartal tahun sebelumnya 2015 (826 juta euro).

 

 

Dengan peningkatan pada penjualan organik – yang didorong oleh ketiga unit Bisnis – hingga 6,1 persen, pasar berkembang sekali lagi telah memberikan kontribusi di atas rata-rata untuk perkembangan organik Grup. Karena efek negatif nilai tukar, saham pada penjualan Grup di pasar negara berkembang tercatat berada dibawah level kuartal tahun sebelumnya 2015. Sedangkan pada pasar mapan, penjualan meningkat secara organic hingga 1,0 persen menjadi 2.659 juta euro.

 

Pandangan untuk Grup Henkel di tahun 2016

Henkel telah memperbaharui panduan fiskalnya untuk tahun 2016. Henkel tetap mengharapkan untuk menciptakan penjualan secara organik dari 2 sampai 4 persen, dengan masing-masing unit bisnis turut menciptakan pertumbuhan dalam kisaran ini.

Perihal saham pada penjualan di pasar berkembang, kini Henkel mengantisipasi sedikit penurunan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya karena efek dari nilai tukar valuta asing. Untuk keuntungan atas penjualan yang disesuaikan (EBIT), Henkel kini bersiap untuk peningkatan lebih dari 16,5 persen dan pendapatan atas penjualan yang disesuaikan dari setiap unit bisnis diharapkan diatas level tahun sebelumnya. Henkel terus bersiap untuk peningkatan di pendapatan per saham preferensi yang disesuaikan diantara 8 hingga 11 persen.