Published On: Tue, Mar 8th, 2016

HISTORY Mempersembahkan GENIUS: Orang-Orang yang Beradu Otak Paling Cerdas dalam Sejarah

geniusMereka adalah ikon legendaris – tokoh-tokoh yang mengubah dunia melalui inovasi monumental dan kecerdasan yang mengejutkan. Mereka para penemu yang melegenda, bukan hanya yang berada di balik temuan-temuan yang hebat. Namun juga mereka yang memberikan dukungan. Di balik setiap jenius hebat ada rival yang hebat – seorang lawan tak terbendung yang memiliki pandangan luar biasa, kegigihan dan ambisi menjadi tandingan mereka. Hasil perseteruan mereka muncul terobosan, hasil dari pertarungan sengit antara pesaing. Mereka adalah hasil dari ambisi keras dan pertarungan kekuatan yang sengit, penipuan, waktu yang berpihak dan pengkhianatan yang sempurna.
Taruhan mereka sangat tinggi dan kejatuhan mereka lebih hebat, karena terkait siapa yang mengalahkan mereka kembali. Ini adalah cerita tentang bagaimana para pesaing hebat jatuh, kehilangan segalanya atau menang demi generasi manusia selanjunya. Mini seri 8-bagian ini menampilkan kisah manusia paling epik. GENIUS mengungkap kekuatan yang menentukan masa depan di balik persaingan terbaik untuk inovasi. Orang-orang yang beradu otak paling cerdas dalam sejarah bersaing satu sama lain dalam lomba untuk mengklaim masa depan.
Sinopsis Episode
Episode 1: PERSONAL COMPUTERS Bill Gates vs. Steve Jobs 1961 – 1997
Tayang perdana 16 Maret 2016, Rabu pukul 20.00 WIB
Pada pertengahan abad ke 20, “komputer” adalah benda raksasa. Mesin 2 ton yang berdiri di laboratorium riset dan pusat teknologi di universitas serta tidak dapat diakses oleh publik. Namun hal ini tak berlangsung lama. Pada 1980-an, Bill Gates dan Steve Jobs muncul dalam pertarungan sengit untuk membuat komputer agar dapat diakses massa. Pertarungan ini untuk melihat siapa yang akan berhasil menciptakan komputer pribadi bagi dunia – pertarungan dimana ego Steve Jobs mungkin akan mengeluarkan yang terbaik darinya.
Episode 2: ELECTRICITY Thomas Edison vs. Nikola Tesla 1868 – 1892
Tayang perdana 23 Maret 2016, Rabu pukul 20.00 WIB
Thomas Edison adalah satu salah penemu paling produktif di dunia. Ia mengembangkan gramopon, kamera film dan bola lampu listrik. Namun ketika mantan asistennya Nikola Tesla menyarankan untuk menggunakan arus listrik yang berbeda dan bergabung dengan rival terbesar Edison, kedua penemu ini berseteru untuk membuktikan siapa yang akan menentukan masa depan dunia.
Episode 3: THE TELEVISION Philo Farnsworth vs. RCA 1918 – 1939
Tayang perdana 28 Maret 2016, Rabu pukul 20.00 WIB
Setelah menuangkan idenya tentang “televisi listrik” di papan tulis sekolah menengahnya, Philo Farnsworth mendedikasikan hidupnya untuk mengembangkan pengetahuan yang diperlukan guna mewujudkan impiannya. Namun ketika RCA mencoba untuk membeli hak patennya (dan kekayaan yang akan menyertainya), Farnworth dan pendiri RCA, David Sarnoff, berseteru. Hasil konfrontasi mereka akan selamanya mengubah cara kita menikmati dunia.
Episode 4: PLANES The Wright Brothers vs. Glenn Curtiss 1902 – 1919
Tayang perdana 6 April 2016, Rabu pukul 20.00 WIB
Ketika Orville dan Wilbur Wright membuat dan menerbangkan pesawat pertama di dunia, hanya ada satu masalah: tak seorangpun mempercayai mereka. Selama bertahun-tahun, Wright bersaudara bekerja tanpa kenal lelah untuk membuktikan mereka benar-benar penemu pesawat. Pada masa itu, perintis penerbangan Glenn Curtiss mulai membuat dan menjual pesawatnya sendiri sehingga menghasilkan banyak sekali uang. Hal ini memicu perang besar dalam hak paten yang mengancam untuk menghancurkan seluruh industri penerbangan bahkan sebelum pesawat itu mengudara.
Episode 5: JOURNALISM William Randolph Hearst v Joseph 1884 ‐ 1900
Tayang perdana 13 April 2016, Rabu pukul 20.00 WIB
Joseph Pulitzer telah mengangkat derajatnya dari seorang imigran miskin menjadi pemilik raksasa surat kabar di New York City. Keteguhannya soal akurasi dan berita utama yang inovatif telah membuat ‘New York World’ miliknya menjadi surat kabar dengan penjualan tertinggi di negara itu. Namun integritas jurnalistik Pulitzer diuji ketika orang kaya muda, William Randolph Hearst, berhasil mencuri ‘tahta’ tersebut dengan surat kabar miliknya. Sebuah surat kabar yang tak lebih dari koran gosip picisan.
Episode 6: GUNS Samuel Colt vs. Smith & Wesson 1830 – 1867
Tayang perdana 20 April 2016, Rabu pukul 20.00 WIB
Pada 1836, Samuel Colt mengubah jalannya perang dengan hak paten untuk pistol dan meraih keuntungan sangat besar. Namun ketika ia memecat asistennya Rollin White karena menyarankan perbaikan pada desainnya, White membawa ide inovasi tersebut kepada Smith & Wesson yang kemudian melahirkan lomba “senjata” pertama yang sesungguhnya. Ketika perang saudara meletus, kebutuhan terhadap senjata api meledak, dan hanya satu pemasok yang akan keluar tanpa cedera.
Episode 7: The ATOM BOMBS J. Robert Oppenheimer vs. Werner Heisenberg 1918 – 1945
Tayang perdana 27 April 2016, Rabu pukul 20.00 WIB
Ketika jutaan orang bertempur dan meninggal di medan perang dalam Perang Dunia II, terjadi perang lain di laboratorium. J. Robert Oppenheimer bertugas mengembangkan bom nuklir pertama dunia. Namun ia berlomba melawan Hitler, Stalin bahkan rekan-rekanya sendiri yang berkhianat. Mereka semua berupaya menjadi orang pertama yang mewujudkannya. Nasib perang dan masa depan manusia dipertaruhkan.
Episode 8: SPACE RACE Wernher Von Braun vs. Sergei Korolev 1925 – 1966
Tayang perdana 4 Mei 2016, Rabu pukul 20.00 WIB
Segera setelah Perang Dunia II berakhir, konflik lain dimulai. Namun perang ini bukanlah perang senjata, melainkan menjadi pertarungan otak. Amerika dan Soviet, menemui jalan buntu dalam Perang Dingin yang membuat mereka berada di “perbatasan akhir” dalam perlombaan menuju ruang angkasa. Hanya satu pihak yang mampu menjadi yang pertama. Juga Tom Kelly, Walt Disney dan Kolonel Holger Toftoy.
FAKTA MENARIK TENTANG JENIUS

  1. Senjata pertama dibuat pada 1000 SM di China. Senjata ini dibuat dari bambu dan menggunakan serbuk mesiu untuk melontarkan tombak.
  2. Senjata api paling awal yang ditemukan berasal dari Oteppa, Estonia, dan dibuat setidaknya pada 1396.
  3. Sebuah pistol memiliki silinder berputar dengan nomor kartrid tetap. Silinder “berputar” untuk menyelaraskan setiap ruang dengan bagian belakang laras.
  4. Gatling gun adalah senjata api cepat pertama yang sukses digunakan dalam Perang Saudara Amerika pada1860-an. Dioperasikan dengan engkol tangan dengan beberapa laras berputar. Senjata ini digantikan senapan yang diisi peluru dari bagian belakang pada pertengahan abad ke-19.
  5. Satu unit SI menggunakan ukuran untuk kekuaran medan magnet, Tesla, yang dinamai demikian untuk menghormati Nikola Tesla.
  6. Nikola Tesla memiliki kemampuan memori yang hebat. Ia mampu menghafal seluruh buku dan gambar dalam detil yang luar biasa.
  7. Nikola Tesla terobsesi oleh angka 3 dan menggunakan 18 serbet (kelipatan 3) untuk membersihkan ruang makan sebelum menyantap hidangan malamnya.
  8. Terdapat patung Nikola Tesla setinggi tujuh kaki dengan Wi-Fi hotspot gratis untuk digunakan siapa saja di Palo Alto, California.
  9. Neil Armstrong membawa bagian dari Wright Flyer bersamanya ke bulan.
  10. Orville Wright menolak untuk menyumbangkan Wright Flyer kepada Smithsonian. Hanya pada 1948, setahun setelah kematiannya, Orville melakukannya dengan mendaratkan pesawat ini di lembaga tersebut.
  11. Setelah empat penerbangan dengan Wright Flyer pada 17 Desember 1903, pesawat ini tak pernah terbang lagi karena angin yang keras membalikkan Flyer dan membuatnya rusak parah.
  12. Sebuah helikopter yang terbuat dari bambu, gabus dan kertas diperkuat dengan karet gelang telah memicu penciptaan pesawat pertama.
  13. Sebanyak 6 juta jiwa diselamatkan oleh Bill Gates dengan vaksin dan perawatan kesehatan yang lebih baik.
  14. Sejauh ini Bill Gates telah menyumbangkan 28 miliar dolar.
  15. Dalam pembicaraan TED tentang malaria, Bill Gates membuka wadah penuh dengan nyamuk di panggung agar hadirin dapat lebih berempati.
  16. Bill Gates Foundation mengeluarkan dana untuk kesehatan global tiap tahun lebih besar dari yang dikeluarkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) PBB.

 
MENJADI JENIUS SETIAP HARI
Meningkatkan kreativitas dan inovasi di tempat kerja.
Memandang sesuatu yang biru atau hijau. Warna cenderung meningkatkan kinerja kognitif. Ilmuwan mengatakan hal ini karena kita mengasosiasikan biru dengan laut, langit dan keterbukaan secara umum, sedangkan hijau diasosiasikan dengan pertumbuhan.

Bahasa tubuh dengan dua tangan. Sebuah penelitian menemukan bahwa menggunakan dua tangan untuk menjelaskan sesuatu mendorong otak untuk mempertimbangkan hal-hal dari segala sudut pandang.
Menyontek ide seseorang. Salah satu cara terbaik untuk berinovasi adalah mencontek ide yang berhasil di suatu tempat dan menerapkan dalam usaha anda. Henry Ford melakukan itu.
Memperhatikan pelanggan. Jangan hanya bertanya kepada mereka, perhatikan mereka. Cobalah untuk melihat bagaimana pelanggan menggunakan produk anda. Apakah mereka menggunakannya dengan cara baru? Ini yang Levi Strauss lakukan ketika melihat pelanggan merobek jeans – sehingga ia membuat produk jeans robek.
GENIUS tayang perdana 16 Maret, Rabu pukul 20.00 WIB, di Saluran HISTORY Indovision (ch.206), Transvision (ch.604), Aora TV (ch.19), Okevision (ch.44), Big TV (ch.334) HD (ch.335) , First Media (ch.365), Topas TV (ch.183), Max3 (ch.126) HD (ch.127).