Published On: Thu, Dec 7th, 2017

Home Credit India Meluncurkan Kontrak Sekuritisasi Aset Pertama untuk Consumer Durables Senilai INR 1,53 Miliar

Share This
Tags

Gurugram, 5 Desember 2017: Home Credit India Finance Pvt. Ltd, salah satu lembaga keuangan non-bank India dengan pertumbuhan tercepat telah berhasil mendapatkan suntikan dana sebesar INR 1.53 milyar melalui sekuritisasi aset atas pinjaman consumer durables. Ini juga merupakan sekuritisasi aset pertama untuk consumer durables yang disepakati oleh lembaga pemeringkat kredit di India.

Kesepakatan ini telah disahkan oleh DCB Bank dan IFMR Capital. Sebagai bagian dari transaksi, Tarini IFMR Capital 2017 mengeluarkan dua tahapan pengumpulan dana. Dan dalam hal ini IFMR Capital merupakan penanggungjawab penuh dalam mengumpulkan pendanaan ini.

Mengomentari transaksi tersebut, Mariusz Dabrowski, Chief Financial Officer, Home Credit India mengatakan, “Pasar sekuritisasi aset di India telah berkembang secara konsisten selama beberapa tahun terakhir, baik dalam transaksi maupun dalam nilai transaksi. Transaksi ini merupakan batu loncatan bagi Home Credit India dan mencerminkan komitmen kami untuk mengembangkan pasar melalui transaksi sejenis. Baik DCB Bank maupun IFMR Capital merupakan investor penting kami dan kami berharap dapat terus menjaga hubungan baik ini untuk transaksi sekuritisasi lainnya di masa yang akan datang.”

“Transaksi ini merupakan contoh aplikasi keahlian IFMR Capital untuk menciptakan produk inovatif yang sesuai dengan kebutuhan klien kami. Ini adalah kesepakatan sekuritisasi yang menantang karena merupakan kategori kelas aset baru dengan tenor yang sangat singkat. Kami percaya bahwa akan ada peningkatan minat investor terhadap transaksi serupa dan strukturnya dapat disesuaikan dengan kelas aset lain dengan pinjaman jangka pendek juga. Kami juga senang bisa menjadi bagian dari pertumbuhan Home Credit di India dengan memberi mereka produk lain untuk meningkatkan modal dan mempercepat ekspansi mereka,” jelas Kshama Fernandes, CEO IFMR Capital. Saat ini, transaksi ini merupakan sekuritisasi pinjaman ketiga yang sukses untuk Home Credit India. Sebelumnya pada bulan Juli, Home Credit India untuk pertama kalinya mengumpulkan INR 413 juta dalam kesepakatan sekuritisasi pinjaman kendaraan roda dua. Selain itu, Home Credit juga baru saja menyelesaikan sekuritisasi pinjaman kendaraan roda dua lainnya senilai INR 453 juta.

“Sekuritisasi aset pinjaman consumer durables akan memperluas pilihan kelas aset yang tersedia untuk pasar sekuritisasi dan memenuhi kelas investor baru dengan melihat tenor yang lebih singkat. Ini mencerminkan kemajuan industri secara keseluruhan,” kata Rajesh Mokashi, MD & CEO, CARE Ratings. Menurut IFMR, ini merupakan transaksi sekuritisasi aset consumer durables yang pertama di India dalam tempo lebih dari satu dekade. Transaksi semacam ini biasanya memiliki tenor lebih pendek dengan jangka waktu 6 sampai 10 bulan dan digunakan untuk mendanai pembelian aset seperti telepon genggam, peralatan rumah tangga dan sebagainya melalui kerjasama dengan berbagai toko ritel.  Sekuritisasi pinjaman adalah proses dimana kumpulan aset terstruktur disusun atau dikemas dan dijual sebagai instrumen keuangan bagi investor baik secara langsung maupun melalui instrumen khusus. Biasanya di India, pencetus atau penjualnya adalah bank, perusahaan pembiayaan non-bank, perusahaan pembiayaan perumahan & investor sejenis lainnya. Home Credit Group mengembangkan jejaknya di pasar Asia yang tumbuh cepat dan pasar berpotensi tinggi di Amerika Serikat, sambil terus mempertahankan perannya sebagai pemimpin pasar di Eropa Tengah dan Timur dan CIS. Model bisnisnya yang khas untuk menyediakan produk pembiayaan konsumen yang mudah diakses bahkan bagi masyarakat dengan kelas ekonomi bawah merupakan formula yang telah berhasil dijalankan di Tiongkok, India dan Asia Tenggara. Home Credit Group telah mengembangkan strategi yang tepat dan distribusi online yang membuatnya sangat menarik bagi produsen dan peretail yang mencari mitra pembiayaan konsumen. Hal ini pada akhirnya mendukung pesatnya perkembangan portofolio pembiayaan Home Credit.

***

 

Tentang Home Credit India

Home Credit India Finance Pvt. Ltd. adalah layanan pembiayaan bagi pelanggan yang beroperasi di 11 negara Merupakan perusahaan pembiayaan terdepan yang berkomitmen untuk memajukan penetrasi kredit dan inklusi keuangan dengan menawarkan solusi keuangan yang mudah, transparan dan terjangkau bagi semua kalangan. Salah satu lembaga keuangan non-bank unggulan di India, Home Credit India beroperasi di 89 kota di lebih dari 19 negara bagian di India. Perusahaan memiliki koneksi di lebih dari 20,000 point of sales (PoS) dan melayani hampir 5 juta pelanggan melalui lebih dari 19.000 karyawan hingga saat ini. Home Credit India telah diakui oleh Aon Hewwit sebagai pemegang penghargaan Regional AON Best Employer 2017 untuk kategori employer excellence.

 

Tentang Home Credit Group:

Home Credit India merupakan bagian dari Home Credit Group, perusahaan pembiayaan international di 11 negara dengan potensi tinggi untuk tumbuh. Didirikan pada 1997, kami berfokus pada layanan pinjaman yang bertanggungjawab terutama bagi mereka yang hanya memiliki sejarah kredit yang minim atau bahkan tidak sama sekali. Layanan kami sangat prakits, mudah dan cepat. Kami beroperasi di negara yang memiliki pasar sangat menarik dengan berbagai kendala ketika memulainya. Kami adalah layanan pembiayaan terkemuka bagi pelanggan di negara-negara terpilih. Dengan pengalaman dan pengetahuan kami yang berkelanjutan di seluruh pasar yang berbeda-beda, sehingga menempatkan posisi kami di depan para pesaing. Kami mengedukasi dan memperluas inkulusi keuangan bagi masyarakat yang tidak memiliki rekening bank dengan menyediakan pengetahuan mengenai pinjaman yang aman untuk pertama kalinya bagi pelanggan kami. Kami mendukung peningkatan standar hidup yang lebih baik dan memenuhi kebutuhan keuangan peminjam. Kami memiliki 102.200 karyawan, melayani 83.7 juta pelanggan melalui jaringan distribusi yang luas yang terdiri dari 364,735 titik penjualan, kantor pinjaman, kantor cabang dan post office.

Informasi lebih lanjut mengenai Home Credit India dapat diakses di www.homecredit.co.in

Informasi lebih lanjut mengenai HCBV dapat diakses di www.homecredit.co.in

 

Tentang IFMR Capital

IFMR Capital, yang didirikan pada tahun 2008, telah mengumpulkan lebih dari INR 46.000 crore of debt untuk klien sampai saat ini. Ini menghubungkan NBFC berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan rumah tangga dan bisnis secara finansial, seperti keuangan mikro, pembiayaan perumahan yang terjangkau, pembiayaan usaha kecil, pembiayaan konsumen, keuangan pertanian dan pembiayaan kendaraan dengan investor dan kreditur melalui pasar modal utang.

IFMR Capital telah mempelopori beberapa struktur inovatif di pasar India termasuk Multi-Originator Securitization (MosecTM) dan merupakan salah satu unggulan di pasar sekuritisasi di India. Baru-baru ini melaksanakan Collateralized Loan Obligation (CLO pertama sejak pedoman sekuritisasi diluncurkan pada tahun 2006.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>