Published On: Thu, Apr 21st, 2016

Hotel Borobudur Jakarta Merayakan Hari Kartini

Kartini_BorobudurHari Kartini adalah merupakan hari bersejarah bagi perempuan Indonesia dimana setiap tanggal 21 April masyarakat Indonesia merayakan kelahiran wanita agung Raden Ajeng Kartini, salah satu pahlawan nasional Indonesia dan pelopor dalam emansipasi wanita.

Hadir sebagai tokoh feminis pertama di Indonesia, Raden Ajeng Kartini lahir pada bulan April tahun 1879 di Jawa dari keluarga bangsawan. Ia menerima pendidikan dasar bersama dengan anak-anak dari pekebunan kolonial Belanda dan berada di bawah pengaruh istri feminis dari salah satu pengusaha perkebunan. Mulai dari usia 12, ia mengikuti tradisi lokal, ia turut diasingkan sampai menikah. Selama periode itu, ia menulis surat memprotes ketidakadilan gender yang terjadi tradisi Jawa. Pada tahun 1903, di bawah tekanan keluarga, ia menikah dengan seorang bupati setempat yang berusia 26 tahun lebih tua – meskipun ia ditawari beasiswa untuk belajar di luar negeri. Pada tahun yang sama, dia membujuk suaminya untuk untuk membuka sekolah dasar pertama di Indonesia yang tidak ada diskriminasi pada sistem pendidikannya. Pada akhirnya, Bapak J. H. Abendanon, Menteri Kebudayaan, Agama dan Industri di Hindia Timur, mengumpulkan dan menerbitkan surat-surat Ibu Kartini, menurut Bapak J. H. Abendanon akan banyak perempuan Indonesia terinspirasi untuk memperjuangkan hak-hak penting seperti Ibu Kartini.

Dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun 2016, Hotel Borobudur Jakarta turut merayakan. Semua karyawan wanita mengenakan pakaian tradisional Indonesia ‘Kebaya’ yang biasanya dipakai oleh keluarga kerajaan di Jawa dan terkenal identik dengan pakaian Ibu Kartini. Semoga semangat Ibu Kartini selalu menjadi inspirasi untuk kita selamanya!