Published On: Wed, Sep 9th, 2015

IAI dan PII Berpartisipasi di BuildTech Asia 2015

Share This
Tags

Visitors exploring BuildTech AsiaJakarta, 1 September 2015 – BuildTech Asia 2015, pameran dagang internasional untuk pembangunan sektor lingkungan akan hadir untuk kelima kalinya, menghadirkan langsung teknologi terkini dan temuan-temuan terbaru yang akan memperbaiki masa depan dari sektor ini. Pameran yang diadakan oleh Building and Construction Authority (BCA) dan Sphere Exhibits ini akan diselenggarakan pada tanggal 13 hingga 15 Oktober 2015 di Singapore Expo Hall 3, sekaligus berada dalam rangkaian event  “Singapore Construction and Productivity Week”.

Sekitar 150 perusahaan besar dan asosiasi industri yang berasal lebih dari 10 negara, termasuk Tiongkok, Perancis, Jerman, Hong Kong, Irlandia, Malaysia, Korea, Singapura, Taiwan, Amerika Serikat, dan Indonesia akan menampilkan teknologi konstruksi terbaru yang canggih, yang akan membantu perusahaan-perusahaan terkait pada industri ini mampu untuk memahami tantangan industri yang terjadi saat ini, termasuk kebutuhan standar industri yang terus tumbuh pada pembangunan sektor lingkungan.

Kawasan Asia Pasifik telah menjadi kawasan yang agresif dalam mengadopsi smart building dan teknologi konstruksi, diperkirakan pembelanjaan pada sektor ini mencapai US$ 17,4 milyar atau Rp. 244 trilyun hingga akhir tahun 2019. Pasar Asia akan terus  berkembang dan memimpin pasar konstruksi dunia, dengan komposisi saat ini yang sudah lebih dari 40 persen dan masih akan terus tumbuh hingga 50 persen sampai tahun 2020. Dihadapkan pada tuntutan standar kualitas yang tinggi, para pemain dari industri ini terus mencari cara yang inovatif untuk memperbaharui proses pembangunan dan memanfaatkan teknologi terkini untuk meningkatkan efisiensi dan produktifitas, menuju teknologi dan metodologi konstruksi yang pintar.

Chua Wee Phong, Ketua dari Sphere Exhibits Pte Ltd. mengatakan, “Perkembangan cepat pada teknologi yang ada telah membuat para pemain dalam industri ini kesulitan. Kerjasama kami dengan BCA yang semakin kuat dari tahun ke tahun, terus berupaya untuk membantu para perusahaan dari sektor konstruksi ini agar dapat mengejar tren yang sedang terjadi di sektor pembangunan lingkungan, baik itu di Singapura, maupun kawasan Asia. BuildTech Asia menampilkan terobosan teknologi terkini dan dapat meningkatkan wawasan dari pemaparan yang akan disampaikan oleh para ahli bangunan dari seluruh dunia. Tahun ini, kami juga memperluas cakupan pameran dengan menghadirkan teknologi konstruksi untuk mengimbangi tren yang terus berkembang.”

Dihadirkan untuk bangunan dan konstruksi yang pintar, BuildTech Asia menghadirkan pilihan yang luas dari beragam produk dan teknologi terkini yang berkaitan dengan proses pembangunan dan konstruksi, mulai dari peralatan berat dan alat-alat kelistrikan, sampai dengan perangkat lunak dan solusi manajemen. Tahun ini, BuildTech Asia akan menghadirkan segmen khusus tentang teknologi bangunan bersama dengan perusahaan-perusahaan terdepan, seperti Boral Plasterboard, DuckShin Housing Company Ltd, NewForma Asia Pacific, dan ST Building Systems. Diharapkan lebih dari 6.000 pengunjung akan menghadiri pameran ini yang sangat dinantikan.

Dalam rangka mempersembahkan ikhtisar komprehensif dari produk dan teknologi terkini, BuildTech Asia terus melanjutkan kerjasama dengan berbagai organisasi dan asosiasi, baik lokal maupun internasional, untuk memberikan kesempatan kepada mereka  dalam memperluas jaringan dan memenuhi target bisnisnya. Delapan dari organisasi lokal yang tergabung dalam Construction Industry Joint Committee sudah berkomitmen mendukung event Singapore Construction Productivity Week dan BuildTech Asia. Beberapa organisasi internasional seperti The International Power Access Federation (IPAF), Master Builders Association of Malaysia (MBAM), Prefabricated Access Suppliers & Manufacturers Association (PASMA), Saigon Construction and Building Material Association (SACA), Singapore Institution of Safety Officers (SISO), Vietnam Association of Building Materials (VABM), Vietnam Federation of Civil Engineering Association (VFCEA), Workplace Safety & Health (WSH) Asia, serta dua organisasi dari Indonesia: Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) merupakan organisasi dari luar Singapura yang juga sudah berkomitmen untuk berpartisipasi dalam BuildTech Asia 2015.

 

Sekilas BuildTech Asia 2015:

BuildTech Asia tahun ini akan fokus pada tujuh teknologi dan proses yang akan menjadi katalisasi produktifitas konstruksi, yakni: Building Information Modelling (BIM); Construction IT; Prefabricated Structural Systems; Prefabricated Architectural Systems; Prefabricated Mechanical and Electrical (M&E) Systems; Smart Materials; dan Smart Construction.

Perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam BuildTech Asia merupakan perusahaan dunia yang sudah berpengalaman dalam menyediakan model sistem informasi bangunan yang terintegrasi sepenuhnya, seperti Glodon International, pemimpin pasar untuk mesin ekskavasi, seperti JCB Southeast Asia, dan penyedia utama dan mesin pompa semen, seperti ACME Equipment yang sudah empat kali mengikuti BuildTech Asia.

 

Konferensi Lainnya di BuildTech Asia 2015

Workplace Health & Safety Conference akan diselenggarakan pada 15 Oktober, juga masih diselenggarakan oleh Sphere Exhibits yang didukung oleh International Power Access Federation (IPAF), Singapore Institute of Safety Officers (SISO), Institution of Engineers Singapore (IES), Institution of Occupational Safety & Health (IOSH), Singapore Institute of Building Limited (SIBL), dan Royal Institution of Chartered Surveyors (RICS). Konferensi yang diselenggarakan dalam satu hari ini akan menjadi kegiatan menarik bagi para stakeholder dari industri konstruksi untuk menjalin relasi, mempelajari pembangunan dan trend terkini.

Dengan mengambil tema “Zero in on Safety”, Workplace Health and Safety Conference 2015 bertujuan memperkaya para delegasi dengan beragam keahlian yang diperlukan, termasuk pengetahuan dan wawasan, melalui pertukaran ide panel diskusi dari para pembicara lokal dan internasional. Konferensi ini diharapkan dapat mengumpulkan lebih dari 200 delegasi dari seluruh dunia untuk membahas pentingnya mengelola resiko keamanan dan kesehatan dalam lingkungan kerja.

 

Pekan Produktifitas Konstruksi Singapura Tampilkan Teknologi Canggih Advanced untuk Meningkatkan Kolaborasi pada Sektor Pembangunan Lingkungan

Pekan Produktifitas Konstruksi Singapura atau Singapore Construction Productivity Week (SCPW) yang akan diselenggarakan pada tanggal 13 sampai 16 Oktober 2015 di Singapore Expo Max Atria dan Hall 3 oleh Building and Construction Authority (BCA), akan fokus memfasilitasi diskusi yang akan mengubah cara kita membangun dan meningkatkan kolaborasi antar pihak di dalam industri konstruksi, agar sektor pembangunan lingkungan dapat mengurangi ketergantungannya pada tenaga kerja asing. Tahun ini BCA bekerja sama dengan Infocomm Development Authority (IDA) Singapore menyajikan solusi teknologi yang dapat mengubah sektor pembangunan lingkungan dan meningkatkan produktifitas.  Acara tahunan ini diharapkan dapat menarik 6.000 praktisi industri dan akademisi dari seluruh dunia untuk berbagi dan mempelajari bersama trend produktifitas konstruksi dan teknologi konstruksi yang sudah semakin maju.

Dr. John Keung, Chief Executive Officer dari BCA, mengatakan, “ Dengan senantiasa maju untuk mencapai perubahan besar dalam perbaikan produktifitas, kita harus mengubah cara berpikir untuk fokus mendesain konstruksi dengan tenaga kerja yang lebih efisien dan bergerak maju secepat mungkin. Untuk menyukseskan program Design for Manufacturing and Assembly (DfMA), telah disiapkan tambahan dana sebesar US$450 juta atau sekitar Rp. 6 trilyun untuk mendukung perusahaan-perusahaan terkait dalam mengadaptasi teknologi konstruksi yang berpengaruh, serta melatih dan meningkatkan kemampuan para pekerja mereka dalam penguasaan teknologi yang terus berkembang. Kami juga menyajikan sebuah eco-system untuk DfMA dan mengembangkan pelatihan baru untuk membantu meningkatkan industri dalam kemampuannya mengadopsi DfMA.”

“SCPW akan menjadi ajang yang sempurna bagi perusahaan konstruksi besar maupun kecil untuk hadir, berbagi wawasan dan pengalaman, dan mengatasi tantangan dari meningkatkan produktifitas dalam sektor pembangunan lingkungan,” tambah Dr. Keung.

Kegiatan-kegiatan dalam SCPW:

  1. International BIM Competition, tempat bagi para pelajar atau mahasiswa perguruan tinggi untuk memperagakan kemampuan mereka dalam Building Information Modelling (BIM) di bawah bimbingan praktisi industri.
  2. Government BIM Symposium, tempat berbagi para praktisi BIM dengan berbagai perwakilan pemerintah dari seluruh dunia.
  3. Skilled Builders Project, yang akan mempertunjukkan secara langsung proses pembuatan struktur modul Cross Laminated Timber dan Glue-Laminated Timber yang penyelesaian arsitekturnya dibuat seperti penutup dinding dan lantai.
  4. Build Smart Conference, konferensi dua hari yang memberikan kesempatan bagi para praktisi industri untuk berbagi ide dan teknologi dalam meningkatkan produktifitas konstruksi. Topik yang dibahas akan berkaitan dengan DfMA, konstruksi yang ramping, dan
  5. Productivity Challenge & Productivity Rg ace yang akan melibatkan mahasiswa tingkat lanjut dalam mengkonsep produktifitas konstruksi.
  6. BuildTech Asia 2015 yang fokus pada pemanfaatan teknologi pintar untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh industri dalam sektor bangunan dan konstruksi di Asia.

 

BCA juga akan menyelenggarakan pertemuan International Panel of Experts (IPE) ketiga tentang Building Information Modelling (BIM) pada tanggal 9 hingga 12 Oktober 2015. Pertemuan ini akan melibatkan pemain terkemuka dari dalam dan luar negeri yang akan membagi wawasannya dalam menggali produktifitas dan kemampuannya dalam membangun sektor lingkungan di Singapura dengan menggunakan BIM.

Kunjungi www.buildtechasia.com untuk informasi dan pendaftaran pengunjung. Pendaftaran secara online akan dibuka mulai 7 Oktober 2015.

Pendaftaran online untuk Workplace Health & Safety Conference 2015 sudah dibuka, silahkan mengunjungi www.buildtechasia.com/whsconference/ untuk lebih jelasnya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Pekan Poduktfitas Konstruksi Singapura, kunjungi www.scpw.sg

 

 

Diterbitkan oleh Building and Construction Authority dan Singapore Press Holdings Limited (Co. Regn. No. 198402868E)

 

———————————–END———————————–

 

Tentang BuildTech Asia 2015

Diadakan oleh Building and Construction Authority (BCA) Singapura, dan diselenggarakan dalam Pekan Produktifitas Konstruksi Singapura/ Singapore Construction Productivity Week (SCPW), BuildTech Asia 2015 kini sudah memasuki usia penyelenggaraannya yang kelima, dan fokus pada pemanfaatan teknologi pintar untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh industri dalam sektor bangunan dan konstruksi di Asia. BuildTech Asia 2015 adalah pameran tiga hari yang dipersembahkan untuk membawa perubahan bagi masa depan industri. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi www.buildtechasia.com.

 

Tentang Singapore Construction Productivity Week (SCPW)

Diadakan oleh Building and Construction Authority (BCA) Singapura, SCPW merupakan event penting bagi  para pengembang, arsitek, konsultan, kontraktor, dan supplier untuk bertukar ide tetang produktifitas konstruksi, juga berbagi perkembangan terakhir dalam teknologi produktif terbaru dari para praktisi terbaik. Diadakan pada 13 – 16 Oktober 2015, kegiatan kunci pada event ini adalah pameran BuildTech Asia, Build Smart Conference, Skilled Builders Project, Productivity Race dan Building Information Modelling (BIM) Competition. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi www.scpw.sg

Tentang Sphere Exhibits Pte Ltd

Anak perusahaan yang dimiliki penuh oleh Singapore Press Holdings (SPH), Sphere Exhibits yang merupakan singkatan dari “SPH Events, Roadshows and Exhibitions”, merupakan organizer yang menyajikan beragam pameran yang disesuaikan dengan kebutuhan industri. Dengan didukung oleh tim yang berpengalaman dan professional, serta ragam media dari SPH, beragam event dari Sphere Exhibits hadir dengan konsep unik dan melibatkan pengunjung lokal dan partisipasi internasional. Dari 20 event yang diselenggarakan oleh Sphere Exhibits, beberapa diantaranya adalah The IT Show, COMEX, Licence2Play, Asian Masters, dan Kidz Academy. Dengan keahliannya membuat konsep, merencanakan, dan menjalankan beragam event, Sphere Exhibits selalu mempersembahkan pengalaman terbaik dan event berkualitas yang sesuai dengan harapan klien.

 

Tentang Singapore Press Holdings Ltd

Berdiri sejak 1984, Singapore Press Holdings Ltd (SPH) merupakan organisasi media Asia terkemuka yang menarik pikiran dan memperkaya hidup dengan beragam bahasa dan pilihan media. SPH memiliki 19 judul terdaftar di bawah Newspaper Printing dan Presses Act, dimana sembilan diantaranya merupakan koran harian yang memiliki empat bahasa. Dalam rata-rata perharinya, ada 3,05 juta penduduk atau 76 persen dari penduduk diatas usia 15 tahun yang membaca satu koran terbitan SPH. Selain cetak, SPH juga sudah memiliki produk digital, termasuk koran edisi online dan majalah, juga aplikasi untuk smartphone. Produk online kami dikunjungi oleh 360 juta orang perbulan atau 23 juta pengunjung baru setiap bulannya. Media lain yang juga menjadi andalan adalah AsiaOne, omy.sg, ST701, Stomp, dan SPH Razor. SPH juga memiliki perusahaan penerbitan buku, penyiaran, periklanan, dan perumahan. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi www.sph.com.sg.

 

Tentang Building and Construction Authority

Building and Construction Authority (BCA) Singapura merupakan otoritas yang bertanaggung jawab dalam membangun kesempurnaan pembangunan lingkungan di Singapura. Misi dari BCA adalah membentuk lingkungan yang aman, berkulitas tinggi, berkelanjutan, dan ramah. Untuk melakukannya, BCA berusaha membedakan pembangunan lingkungan di Singapura dari kota-kota lainnya di dunia, serta berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup warganya. Bersama dengan lembaga edukasi yang dimilikinya, BCA Academy of the Built Environment, BCA bekerjasama erat dengan partner industri untuk mengembangkan kemampuan dan keahlian yang akan membantu membentuk pembangunan lingkungan Singapura yang siap akan masa depan. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi www.bca.gov.sg.