Published On: Tue, Nov 8th, 2016

Ikuti Insting Anda, Percaya pada Keunikan Diri Sendiri, dan Jangan Pernah Takut untuk Melangkah ke Dunia yang Baru

Priyanka Chopra_Foto Profil

Priyanka Chopra

 

Hari itu, tanggal 25 September 2015, hari dimana Quantico pertama kali ditayangkan secara global. Saya sedang duduk di samping kolam renang sambil meminum Bellini, menyaksikan episode pertama di televisi dan Iive-tweeting pada saat yang bersamaan. Tangan saya terasa dingin, dan saya berpikir, “Tuhan, saya tidak tahu apakah orang-orang di India, pertama-tama, siap untuk melihat akting saya berbahasa Inggris. Menjadi karakter yang berbeda, memainkan karakter seorang wanita berkebangsaan Amerika Serikat. Dan, apakah orang-orang di Amerika Serikat siap melihat seorang wanita India menjadi pemeran utama dalam sebuah acara?” Mungkin hari itu merupakan saat-saat paling menakutkan dalam hidup saya.

 

Melihat ke belakang, saya menyadari bahwa momen tersebut terus terjadi secara berulang kali, lagi dan lagi. Hal itu selalu muncul ketika saya bertanya pada diri saya sediri: Apa yang KAMU inginkan?

 

Pertanyaan itu merupakan satu-satunya pertanyaan paling penting dalam hidup saya, yang memungkinkan saya untuk melakukan berbagai hal selama 16 tahun perjalanan karier profesional saya.

 

Pada awal perjalanan karier saya, jawaban dari pertanyaan tersebut membantu saya untuk memperkuat tujuan saya dan memungkinkan saya untuk memiliki kebebasan mental dalam mengejar mimpi-mimpi yang sebelumnya terlihat mustahil untuk dijadikan kenyataan

 

Ini bukanlah konsep utopia seperti “temukan diri sendiri, temukan kedamaian batin, kontrol takdir Anda sendiri.” Ini lebih seperti berbicara, “Hilangkan omong kosong, jadilah nyata, dan lakukan hal tersebut,” kepada diri sendiri, sehingga Anda siap untuk melangkah ke depan.

 

Kita semua membuat rencana-rencana untuk kehidupan, namun seringkali merasa terlalu takut atau, bahkan, malu untuk mulai mengejar ambisi dan rencana tersebut dengan sepenuh hati. Dan inilah yang membuat semuanya menjadi berantakan.

 

Perjalanan saya di Miss World dimulai ketika ibu saya mendaftarkan saya ke Miss India sebagai sebuah bercandaan belaka, tanpa sepengetahuan saya. Saya baru saja kembali dari Amerika Serikat, saya memiliki rencana untuk cuti dari sekolah selama setahun dan melakukan perjalanan. Ketika saya menerima telepon (dari Miss India), kami sekeluarga duduk bersama dan berdiskusi, dan ditanya oleh kedua orang tua saya, “Apa yang kamu inginkan?” Saya menjawab ingin mencobanya (ikuti ajang Miss India), karena ini merupakan sebuah pengalaman baru (saya sangat terbuka dengan pengalaman baru) dan sesuatu yang belum pernah dilakukan keluarga saya yang kebanyakan merupakan akademisi (saya juga sangat terbuka untuk mencoba pengalaman baru – yang mungkin belum pernah dialami oleh orang lain) dan ini terlihat seperti hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Saya sangat jelas dengan tujuan saya yaitu mencoba hal baru ini dengan semua yang saya miliki. Jika hal ini tidak berhasil, saya akan kembali ke rencana lama, namun jika saya berhasil maka saya menanti ke mana kehidupan akan membawa saya.

 

Wawancara Priyanka Chopra

Wawancara Priyanka Chopra

Aturan serupa juga berlaku ketika saya mulai mendapatkan tawaran untuk berakting; ketika saya mulai mendapatkan tawaran untuk ikut ambil bagian dalam karakter dan film yang menarik; ketika saya memulai karier musik saya, dan sekarang, ketika saya memutuskan untuk terjun ke akting secara global dengan sebuah acara TV Amerika Serikat. Ketika saya menjawab pertanyaan pada tiap tahap, hal itu memungkinkan saya untuk menyusun rencana permainan saya guna menjamin bahwa saya telah memberikan segala yang saya punya pada tiap kesempatan yang datang. Sisanya, saya serahkan kepada Tuhan dan para audiens

 

Hal ini mungkin terdengar sederhana dan sedikit naif, namun pada kenyataannya, saat Anda memenangkan pertempuran dengan diri sendiri, maka setiap tantangan lain yang datang akan terlihat mudah untuk diatasi, karena Anda mendekatinya dengan keberanian dan keyakinan bahwa ini memang adalah apa yang Anda inginkan.

 

Dan pertanyaan tersebut kembali menjadi penting untuk menjawab kapan saya memulai perjalanan sebagai seorang entrepreneur. Ya, saya ingin berbagi kisah namun apa yang sebenarnya saya inginkan? Hal tersebut membuat saya untuk mulai berpikir, mengkonsolidasikan pemikiran dan ide, serta mengkristalisasikan rencana untuk mengetahui apa yang sebenarnya saya ingin raih melalui Production House saya. Hal ini membantu saya dalam memahami bahwa saya ingin menceritakan kisah tanpa memandang bahasa, genre, atau media yang digunakan. Saya ingin memberikan peluang yang tepat pada talenta baru. Dan lahirlah Purple Pebble Pictures (PPP), dan kami memulainya dengan memproduksi sebuah seri digital yang diikuti dengan langkah menuju sinema regional. Kini kami mulai menceritakan kisah-kisah menarik, memberikan kesempatan pada talenta baru untuk bersinar, dan ambisi serta mimpi kami turut berkembang hari demi hari. Kami baru saja merilis film regional kedua kami di India, dan juga seluruh dunia pada Jumat 4 November 2016 lalu. Ventilator adalah film Marathi (film India yang diproduksi dengan bahasa Marathi) pertama PPP, dan saya sangat senang dengan berbagai feedback dan cinta yang kami dapatkan sejak film ini diputar di bioskop.

 

Jadi, apa yang saya pelajari dalam perjalanan ini?

 

  • Akan selalu ada evolusi terus-menerus dalam setiap karier yang sukses, di berbagai bidang. Kepuasan sesaat akan timbul jika Anda tidak mencoba dan berevolusi.
  • Saya ingin sesuatu yang ada dalam jalur saya, dibuka oleh saya. Sesuatu yang menjadi warisan saya sendiri, ketimbang menjadi satu dari banyak orang yang sukses di dunia. Jadi saya berusaha untuk meraihnya
  • Ada masa di dalam karier (Anda akan mengetahuinya), Anda harus menuju “The Unknown” / sesuatu yang penuh dengan ketidakpastian… Anda harus mencobanya dalam rangka meraih sesuatu…. Anda harus berani untuk melakukannya hingga beberapa kali.
  • Ikuti insting Anda.
  • Mempertahankan identitas diri sendiri.
  • Miliki keunikan diri sendiri.
  • Jujurlah pada diri sendiri tentang apa yang ingin Anda raih. Jangan malu untuk bermimpi.
  • Ketika Anda mencoba hal baru… terbukalah untuk memahami dan menerima bahwa Anda tidak tahu segalanya, dan orang-orang tidak akan tahu segalanya tentang Anda. Ini adalah sebuah proses pembelajaran dan Anda harus terbuka untuk terus belajar.
  • Selalu berusaha untuk berbagi… dalam berbagai cara yang Anda tahu.

 

Jadi… saya di sini dan sangat terbuka dengan apa yang akan terjadi selanjutnya, termasuk kesempatan untuk bertukar pikiran serta ide dengan komunitas yang dinamis ini. Let’s do this!

 

Ditulis oleh Priyanka Chopra, Aktris, Entrepreneur, Filantropis

Artikel ini juga diterbitkan pada laman LinkedIn milik Priyanka Chopra

####