Published On: Thu, Jun 2nd, 2016

Indonesia Cellular Show 2016: XL Sambut Ramadan Dengan Program “Xtra Berkah”

XL_ICS3

( ki-ka) David Arcelus Oses, Chief of Prepaid Business Officer XL, Presiden Direktur XL, Dian Siswarini, Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara, Chief Brand & Customer Experience Officer XL, Nicanor V. Santiago III dan Chief of Corporate Affairs XL, Eka Bramantya Danuwirana dalam acara pembukaan Indonesia Cellular Show 2016 di Jakarta. Kamis (2/6).

Jakarta, 2 Juni 2016- Bulan suci Ramadan yang berlanjut dengan Lebaran selalu ditunggu oleh umat Muslim di seluruh penjuru Tanah Air. Begitu pula dengan para pelanggan dan masyarakat yang selalu menanti program-program khusus dari PT XL Axiata Tbk (XL) di bulan Ramadan. Kali ini XL telah menyiapkan program khusus yang mengintegrasikan berbagai layanan yang menawarkan manfaat penuh bagi pelanggan dalam menjalani aktivitas di bulan Ramadan dan Lebaran. Program tersebut XL tampilkan melalui tema besar “Xtra Berkah” pada ajang Indonesia Cellular Show 2016 di Jakarta Convention Center, 2-5 Juni 2016.

 

Chief of Customer Experience Officer XL, Nicanor V Santiago III mengatakan, “Setelah sebelumnya kami memastikan kesiapan jaringan XL di berbagai wilayah untuk mengantisipasi potensi kenaikan trafik layanan, kami pun telah menyiapkan program layanan yang menawarkan berbagai manfaat bagi pelanggan dalam menjalani hari-hari selama Ramadan, baik untuk berkomunikasi, bersilaturahmi, juga untuk menunjang ibadah. Khusus di bulan Ramadan dan Lebaran ini, kami siapkan layanan yang memiliki keunggulan Xtra bagi pelanggan, yang meliputi yang layanan dengan Xtra Kuota, Xtra seru, Xtra Device, Xtra Festival, Xtra Amal, dan Xtra Mudik, serta Xtra Cepat.”

 

XL mempersiapkan Program “Xtra Berkah” ini sebagai jawaban atas kebutuhan pelanggan dan masyarakat agar bisa memenuhi kebutuhan berkomunikasi, bersilaturahmi, dan beribadah di bulan suci. Tentu saja dalam program yang disiapkan ini juga terdapat konten-konten yang bisa pula menjadi sarana hiburan. Seiring dengan semakin lengkap dan luasnya cakupan jaringan internet 4G LTE milik XL, maka semakin baik pula layanan yang bisa XL berikan kepada pelanggan untuk mengisi hari-hari selama Ramadan.

 

Layanan yang telah XL siapkan mulai paket layanan “Combo Xtra” yang penuh bonus, paket bundling smartphone, beberapa layanan digital, dan potongan harga belanja dengan XL Tunai. Lalu ada juga program berhadiah cantik untuk setiap pembelian ponsel merek tertentu, serta bonus belanja di berbagai mini market. Tidak ketinggalan, XL juga menyiapkan program donasi sosial bagi para penghafal Al Quran. Selain itu, XL juga telah menyiapkan program layanan bagi pelanggan yang mudik melalui program posko mudik yang akan membantu pelanggan saat perjalanan pulang kampung, serta juga tentunya program Mudik Bareng.

 

 

 

Layanan Xtra Kuota

Guna memenuhi kebutuhan pelanggan untuk berkomunikasi dan bersilaturahmi selama Ramadan, XL menyiapkan paket Combo Xtra. Setiap pembelian paket ini, pelanggan akan mendapatkan tambahan bonus dalam bentuk gratis menelepon ke seluruh operator, kuota di 2G/3G/4G yang lebih besar, dan bonus tambahan kuota 4G hingga 40GB.

 

Paket Combo Xtra ditawarkan mulai dari yang paling murah Rp 39 ribu, dan mendapatkan kuota 800MB, 30 menit gratis menelepon ke semua operator. Paket tertinggi seharga Rp 239 ribu, mendapatkan kuota 16GB, bonus tambahan 40GB di 4G, unlimited menelepon ke sesama XL, dan 150 menit ke operator lain. Pelanggan XL bisa mendapatkan paket ini dengan membeli Kartu Perdana Combo Xtra atau mengaktifkan Paket Combo Xtra melalui UMB *123# atau aplikasi MyXL.

 

Paket Combo Xtra ini sekaligus merupakan penawaran terbaik dari XL kepada pelanggan dan masyarakat yang telah menggunakan layanan internet cepat 4G LTE. Manfaat yang ditawarkan lebih menguntungkan karena juga memberikan manfaat berupa layanan menelepon. XL berharap paket baru ini akan lebih mempermudah pelanggan dan masyarakat yang hendak memanfaatkan layanan 4G LTE. Paket baru ini sekaligus semakin melengkapi ekosistem layanan 4G LTE dari XL.

 

 

Layanan Xtra Festival

Sementara itu, untuk mempermudah pelanggan dan masyarakat mendapatkan paket Combo Xtra, XL telah bekerjasama dengan sejumlah mini market dan supermarket guna menyediakan paket yang menawarkan banyak manfaat tersebut. Setiap pembelian di mini market tersebut, pelanggan juga akan mendapatkan bonus berupa makanan atau minuman, potongan harga untuk item barang tertentu, atau juga kesempatan memenangi suatu hadiah istimewa berupa nonton bareng Formula 1 di Jepang.

 

Mini market atau supermarket yang dimaksud adalah Alfamart, Indomaret, 7 Eleven, Circle K, Superindo, SB Mart, Griya Mart, Rajawali Mart, Yomart, Toserba Yogya, dan Hypermart. Program ini berlangsung mulai periode Juni – Juli 2016. 

 

 

Layanan Xtra Device

Selanjutnya, untuk lebih mempermudah pelanggan dalam mendapatkan ponsel pilihan, termasuk smartphone 4G, selama Ramadan, XL juga menawarkan beberapa program bundling. Salah satunya adalah pogram Shopping Poin bagi pelanggan XL PRIORITAS. Melalui program ini, pelanggan yang berlangganan XL PRIORITAS akan mendapatkan Shopping poin, semacam voucher yang bisa langsung dipakai untuk membeli ponsel pintar 4G yang diinginkan.

 

Besaran nilai yang didapatkan shopping poin tergantung pada paket PRIORITAS yang dibeli. Untuk paket berlangganan selama 12 bulan, pelanggan bisa mendapatkan Shopping Poin mulai Rp 750 ribu hingga Rp 2,5 juta. Pelanggan juga masih akan mendapatkan paket data mulai 2,5 GB hingga 10 GB. Sementara itu, untuk paket berlangganan 24 bulan, pelanggan akan mendapatkan Shopping Poin mulai Rp 1,5 juta hingga Rp 6 juta, plus paket data mulai 2,5 GB hingga 10 GB.

 

Jadi, dalam program bundling ini, konsumen lebih bebas memilih smartphone 4G dan accessories yang diinginkan dan bisa langsung bisa menggunakan shopping poin sebagai potongan langsung. Inilah yang membedakan dengan program-program bundling sebelumnya.

 

Untuk bisa mendapatkan program bundling menarik ini, pelanggan musti datang  ke XL Center dan XPLOR yang telah ditunjuk, yaitu di XL Center di Ciputra World, Kelapa Gading, Margorejo – Surabaya,  Martadinata – Bandung, Pemuda- Surabaya, Pondok Indah Mall 1, dan Sunset Road – Bali. Juga bisa di XPLOR Puri Indah, Central Park, dan Senayan City.

 

Program kedua adalah kerjasama XL dan penyedia ponsel Samsung juga menyelenggarakan program menarik untuk setiap pembelian ponsel Samsung di 10 lokasi di 10 kota. Untuk setiap pembelian ponsel Samsung dengan tipe-tipe tententu yang selanjutnya dibundling dengan paket Combo Xtra Rp 59 ribu ke atas, maka pembeli akan mendapatkan hadiah menarik atau cash back. Promo berlangsung pada tanggal 10 Juni – 17 Juli 2016.

 

Promo ini hanya berlaku untuk pembelian ponsel Samsung di lokasi-lokasi berikut, yaitu Pusat Grosir Cililitan – Jakarta, ITC Depok, Supermal Lippo Karawaci – Tangerang, Mega Hypermall – Bekasi, Plasa Simpang Lima – Semarang, Plasa Marina – Surabaya, Bengkulu Indah Mall – Bengkulu, Mall Lembuswana – Samarinda, MM A Yani – Pontianak, dan Mataram Mall – Mataram.

 

 

Layanan Xtra Seru

XL juga menyiapkan layanan Xtra seru baru pelanggan melalui layanan music Yonder dan video Tribe. Pengguna Yonder juga akan dimanjakan dengan konten-konten istimewa dalam menyambut Ramadan, yaitu Konten Bacaan Qur’an dari para Sheikh ternama seperti Sheikh Saad Al-Ghamdi, Sheikh Abdullah Basfar, Sheikh Maher al Muaiqly, Sheikh Sahl Yassin, dan Sheikh Mishary Rashid Alafasy. Juga ada Konten Zikir & Salawat, serta lagu-lagu islami dari berbagai artis popular

 

Selain itu juga ada satu program istimewa di mana “Heavy Hitters” (sebutan untuk pengguna Yonder) akan mendapatkan kesempatan berbuka puasa bersama 3 brand ambassador Yonder Music. Caranya sangat mudah, yaitu heavy hitters cukup mengikuti playlist & stream sebanyak-banyaknya, dan berbagi/share video Afgan kepada 5 teman di sosial media facebook.

 

Melalui Yonder, pelanggan juga bisa mengunduh lagu, memutarnya secara offline dan membagikannya ke orang lain. Untuk lebih memberikan pengalaman menyenangkan menggunakan Yonder, XL memberikan masa promo selama sebulan gratis akses Yonder untuk semua pelanggan XL. Masa promo mulai 19 Mei hingga 30 Juni 2016. Untuk menikmati layanan promo ini, pelanggan tidak perlu melakukan registrasi apapun.

 

Untuk bisa mengakses Yonder, pelanggan cukup mengunduh aplikasi Yonder Music di App Store (bagi pengguna iPhone) di http://bit.ly/1OAKgKP atau Play Store (Android) di http://bit.ly/1TIo5Ec. Aplikasi Yonder tersedia untuk smartphone atau tablet Android dengan OS versi 4.1x  ke atas dan Iphone dengan OS versi 7.1.2  ke atas.

 

Untuk membuat Ramadan dan Lebaran lebih menyenangkan, pelanggan XL juga menawarkan layanan akses ke berbagai film popular dan siaran olahraga menarik melalui “Tribe”. Saat ini TRIBE menyediakan konten film yang cukup lengkap dengan genre horor, action, maupun drama. Selain film Barat, juga tersedia film-film Asia, antara lain dari Korea, Asia, juga tidak ketinggalan film Indonesia terbaru. Selain film, ada juga layanan siaran dari saluran Oh!K TV Channel M dari Korea, dan yang terbaru adalah K Entertainment dengan subtitle bahasa Indonesia. TRIBE juga menyediakan layanan siaran langsung olahraga seperti Bundesliga, Eredivisie Liga Belanda, MotoGP, Formula 1, dan kejuaraan Bulutangkis BWF Championship Series.

 

Layanan Tribe menghadirkan program istimewa bagi pelanggan yang berbagi/share sebanyak 3 tayangan menarik Tribe dan posting pada akun sosial media Instagram akan mendapatkan kesempatan berbuka puasa bersama sutradara terkenal Joko Anwar dan Angga Sasongko. Selama Ramadan dan Lebaran layanan Tribe dapat dinikmati secara gratis hingga 30 Juli 2016.

 

 

Layanan Xtra Cepat

Dari sisi jaringan, XL telah menyiapkan jaringan sedemikian rupa sehingga akan mampu mendukung penyelenggaraan berbagai jenis layanan selama Ramadan dan Lebaran. Jaringan XL bahkan sudah siap menghadapi kemungkinan lonjakan trafik semua jenis layanan telekomunikasi dan data. Selain meningkatkan kapasitas jaringan, XL juga menerapkan pengelolaan jaringan dengan memanfaatkan teknologi terbaru dalam sistem jaringan sehingga semakin memudahkan dalam mengatur kemampuan jaringan menyesuaikan dengan kondisi trafik yang ada di suatu wilayah.

 

Diperkirakan akan terjadi kenaikan trafik layanan selama Ramadan dan Lebaran, yaitu pada layanan Data 30%-40%, percakapan dan SMS 5%-15%, dibandingkan kondisi trafik pada hari biasa. Kenaikan trafik ini terutama akan terjadi di Pulau Jawa. Trafik penggunaan layanan akan mengalami kenaikan karena diperkirakan pelanggan akan lebih aktif menggunakan semua layanan saat Ramadan dan libur panjang Lebaran.

 

Untuk antisipasi menghadapi masa-masa krusial tersebut, sejumlah langkah persiapan telah XL laksanakan. Sejumlah langkah telah dilakukan XL untuk memastikan kesiapan jaringan dan memastikan kualitasnya. Langkah-langkah tersebut antara lain, uji jaringan, penambahan kapasitas radio di jalur dan area tujuan mudik, penambahan kapasitas transmisi (600 Hops), serta penambahan kapasitas di jaringan core. Penambahan kapasitas jaringan core tersebut di dengan menggunakan teknologi Network Function Virtualization yang dapat memberikan skalabilitas dalam pengembangan.

 

Selanjutnya, XL juga melakukan optimisasi  dan rebalancing jaringan. Optimisasi juga dilakukan secara digital di beberapa kota dengan menggunakan Self Organized Network (SON), yaitu di  Medan,  Lombok, Surabaya, Bali, Bandung, dan Pekanbaru. Lalu juga ada pemasangan 20 M-BTS di Jalur Mudik dan Hot Spot, antara lain di exit Tol Bawen, Cipali, Jatim Park 2 Baru, dan Pelabuhan Bakauheni.

 

 

Layanan Xtra Berbagi

Khusus dalam rangka mendukung ibadah di Bulan Ramadan, XL juga menyelenggarakan program khusus yang mengajak pelanggan dan masyarakat untuk lebih perduli dengan masa depan dan pendidikan para anak-anak penghafal Al Quran atau Hafidz. XL membuka program donasi melalui dua cara.

 

Pertama, melalui fasilitas SMS Donasi dengan kirim SMS: donasi [spasi] Sedekah [spasi] nominal, kirim ke 6116. Besar donasi mulai dari 1000 (seribu) – 200.000 (dua ratus ribu rupiah). Kedua, lewat UMB *123*6116#. Di dalam menu tersebut pelanggan dapat memilih sedekah  dan nominal yang mereka inginkan dengan rentang Rp 1.000 hingga Rp 200.000.

 

Pada program sosial ini, XL akan menyalurkan donasi kepada para Hafidz di berbagai daerah di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Penyaluran akan dilakukan baik secara pribadi  ataupun melalui Yayasan atau Pesantren yang menaungi mereka. Ada puluhan Hafidz yang akan mendapatkan donasi tersebut. Kebanyakan para Hafidz tinggal di pesantren dan menjalani kehidupan sehari-hari dengan kondisi yang bersahaja. 

 

Layanan Xtra Mudik 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, XL juga menyiapkan program pulang kampung bareng dengan peserta para mitra penjual produk XL dari kalangan penjual pulsa atau paket layanan XL, penjaga toko di HP center, dan UKM mitra XL. Program ini akan membantu sedikitnya 1000 orang untuk mudik ke kampung halaman menggunakan moda transportasi darat, baik bus maupun minibus. Tujuan mudik ke berbagai kota di Jabar, Jateng dan DIY, serta Jatim. Selain itu, XL juga akan menyelenggarakan program khusus bagi fronliner dengan hadiah mudik menggunakan mobil premium.

 

XL juga akan menyediakan layanan Posko Mudik. Tempat ini akan menjadi sarana bagi XL untuk membantu para pelanggan yang melakukan perjalanan mudik, terutama di jalur mudik terpadat di Jawa. Selain menyediakan layanan terkait produk XL, posko ini juga menyediakan fasilitas untuk membantu istirahat para pelanggan.