Published On: Mon, Oct 10th, 2016

Indonesia dan Lithuania, Juara Bersama Street Soccer Tafisa 2016

inonesia lithuniaJakarta, 10 Oktober 2016- Indonesia dan Lithuania sepakat untuk menjadi juara bersama dalam gelaran pertandingan Final street soccer, Senin (10/10). Demikian pula dengan Malaysia dan Rumania yang memilih juara bersama dalam perebutan posisi ketiga olahraga tersebut.

 

Ketua Asosiasi Street Soccer Indonesia (ASSI), Mandira Isman mengatakan, sebenarnya Indonesia memiliki kans besar memenangkan pertandingan tersebut. Karena sebelumnya, dalam partai pembukaan, Indonesia berhasil mengalahkan Lithuania 12-1.

 

Indonesia melaju ke babak final setelah mengalahkan Malaysia 6-1 di semi final. Sementara Lithuania berhasil mengalahkan Rumania 6-5.

 

“Tadinya Lithunia merelakan Juara 1 diraih Indonesia, tapi Indonesia tidak mau dan akhirnya memilih untuk menjadi juara bersama. Jadi baik Indonesia maupun Lithuania sama-sama juara 1,” tuturnya.

 

Diterangkan, pertandingan final seharusnya dilaksanakan Minggu (9/10), namun karena cuaca buruk akhirnya pertandingan di tunda cukup lama. Faktor lainnya Tim Lithuania harus bersiap untuk kepulangannya kembali ke negaranya.

 

“Kami tidak ingin menang tanpa bertanding. Kedatangan mereka ke Indonesia pun harus diapresiasi karena jarak Lithuania ke Indonesia cukup jauh,” imbuhnya.

 

Selain itu, tambah Mandira, semangat diadakannya Tafisa bukan untuk mencari pemenang, tapi menjalin kebersamaan dan memupuk jiwa sportifitas.

 

Sebagai informasi, kejuaraan dunia street soccer dalam ajang Tafisa 2016 diikuti oleh 12 negara 3 benua. Yaitu, Indonesia, Malaysia, Timor Leste, Pakistan, Ghana, Palestina, Lithuania, Papua Nugini, India, Rusia, dan Rumania.

 

Di Indonesia sendiri telah berdiri 24 pengurus daerah ASSI. Dalam closing ceremony Street Soccer Tafisa 2016, akan di deklarasikan Internasional Federation Street Soccer Association (IFSSA). (Citra Banch Saldy/ Tenaga Humas Pemerintah)