Published On: Thu, Dec 10th, 2015

Inilah 6 Alasan Berinvestasi di Surabaya

Jakarta, 10 Desember 2015– Sebagai alternatif dari Kota Jakarta, banyak orang kemudian mengalihkan perhatiannya ke Bandung, tapi tahukah Anda bahwa Surabaya berada di tingkat kedua dari seluruh dunia tentang kepuasan warga?

 

Itu bukan berarti prestasi ini diberikan begitu saja kepada kota yang memiliki jumlah populasi lebih dari 3.2 juta orang pada tahun 2014 dan jumlah perumahan Surabaya yang menampung lebih dari 10.1 juta orang ini. Rekayasa kota untuk menjadikannya seperti Kota Chennai di India, memang merupakan sebuah tantangan; tetapi Walikota perempuan pertama di Surabaya, Tri Rismaharini berhasil memenuhi tantangan tersebut sejak berkuasa tahun 2010. Portal properti global Lamudi telah merangkum 6 alasan mengapa Anda harus membeli properti di Surabaya.

5 reasons Surabaya

 

  1. Termasuk Dalam 10 Kota Teraman di Dunia

Seperti dikutip dari ujaran Kapolri Surabaya, “Kami menyediakan pekerjaan bahkan untuk pengemis dan artis jalanan. Kami juga menyediakan pendidikan dan layanan kesehatan gratis.” Di kota ini terdapat kesetaraan, dengan peran atau tanggung jawab untuk semua orang, dan ini mendorong rasa komunitas. Dengan mendukung warga yang berada di kelompok sosial ekonomi rendah – semua orang menjadi lebih puas. Seperti negara-negara Skandinavia yang memiliki kesenjangan lebih rendah antara si kaya dan si miskin, warga rata-rata menjadi lebih bahagia.

 

  1. Tingkat Pertumbuhan Ekonomi yang Tinggi

Dengan angka pertumbuhan ekonomi berada di atas angka nasional, yaitu di tingkat 7.6%, Surabaya memberikan kesempatan besar bagi investor real estate. Angka pertumbuhan yang tinggi ini mencerminkan sektor swasta yang berkembang. Kota ini menawarkan beberapa pusat perbelanjaan terbesar di Asia Tenggara. Kota ini juga dipenuhi oleh restoran karena budaya makan di luar sangat kuat. Selain itu terdapat juga Pasar Genteng, yang merupakan pasar suku cadang terbesar di Indonesia.

 

  1. Harga Real Estate Kompetitif

Harga apartemen di Surabaya tetap berada pada tingkat yang berpotensi untuk dijadikan investasi, ini berarti jika Anda membeli hari ini, nilai properti cenderung akan meningkat dalam jangka pendek dan menengah. Banyak pengembang yang mencoba mengembangkan sayap bisnis dengan membangun apartemen di Surabaya, salah satunya seperti PT Intiland Development Tbk yang saat ini membangun apartemen The Rosebay di wilayah barat Surabaya dengan unit yang dipasarkan mulai Rp. 1,9 miliar.

 

Bagi mereka yang mencari apartemen dengan harga lebih terjangkau, sebuah apartemen satu kamar tidur di area pusat kota dengan luas 21m2 yang dilengkapi fasilitas kolam renang dibanderol 370 juta Rupiah, dengan angsuran bulanan sebesar 12.1 juta per bulan. Angsuran yang murah membuat para pemilik hunian disini memiliki dana lebih yang bisa dipakai untuk kegiatan rekreasi; menambah kebahagiaan bagi kota utopis ini.

 

Harga rata-rata properti di Surabaya (kuartal IV 2016)

Tipe Properti Harga Rata-Rata (/m2) Area Pencarian Terbanyak
Beli Sewa (/tahun)
Rumah Rp12,423,436 Rp347,222 Rungkut, Wiyung, Citraland
Apartemen Rp14,166,667 Rp1,039,126 Kertajaya, Citraland, Darmo Permai
Tanah Rp9,500,000 Rp285,605 Citraland, Wiyung, Medokan Ayu
Komersial Rp16,000,000 Rp550,000 Darmo, Mayjend Sungkono, HR Muhammad

Data: onsite Lamudi

 

  1. Transportasi yang Baik

Bandara Juanda adalah tempat tersibuk kedua di kota ini. Bandara ini memiliki jadwal penerbangan ke Jakarta dengan frekuensi yang tinggi, begitu pula dengan penerbangan langsung ke Singapura, Hong Kong juga Kuala Lumpur. Rencananya juga akan dibangun monorail dengan budget 8.6 triliun dan akan menghubungkan timur ke barat Surabaya yang berjarak 20 kilometer dan trem akan menghubungkan selatan dengan Utara kota ini yang berjarak 16 kilometer. Kota ini juga telah menerapkan sistem lalu lintas pintar sehingga polisi dapat mengatur lalu lintas dan bereaksi terhadap satu situasi dengan cepat, hasilnya hampir tidak ada kemacetan lalu lintas di Surabaya. Selain itu, pelabuhan perdagangan yang paling signifikan berada di Surabaya, jalur akses utama untuk perdagangan di Indonesia.

 

  1. Lapangan Golf Eksklusif

Terdapat sejumlah lapangan golf di kota ini. Bukit Darmo Golf berada di perbatasan perumahan-perumahan mewah di Surabaya Barat. Lapangan golf ini dirancang oleh pegolf terkenal Jack Nicklaus II. Sebagai altenatif, terdapat Yani Golf, dibangun di daerah perbukitan, ini merupakan lapangan tertua di Surabaya dan di sini juga terdapat ruang bawah tanah milik gubernur Belanda terakhir. Para pebisnis profesional sangat senang bermain golf dan tak jarang mereka menjadikan kota terbesar kedua di Indonesia ini sebagai tempat mereka berolahraga.

 

  1. Iklim Tropis

Banyak orang pindah ke Surabaya karena konsistensi cuacanya yang baik. Suhu tidak banyak berubah saat pergantian satu musim ke musim lainnya. Sebagian besar warga akan berjalan-jalan dengan celana pendek dan sandal. Suhu saat siang hari biasanya antara 32 – 34 derajat Celcius. Namun, pada musim hujan Bulan November sampai April, kota ini mungkin akan mengalami banjir bandang sesekali namun tak separah Jakarta.