Published On: Mon, Sep 26th, 2016

Inilah Pemenang Anugerah Pariwisata Halal 2016

3509db2d8b4214f38d6ae6152f5f70adKompetisi_Wisata_Halal_Indonesia_2016Jakarta, 22 September 2016- Nangroe Aceh Darussalam, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Sumatera Barat mendominasi pemenang pada ajang Anugerah Pariwisata Halal 2016 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata, di Hotel Sofyan, Rabu (21/9). Empat gelar terbaik berhasil direbut oleh NTB dari kategori Resor Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Website Travel Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, dan Kuliner Halal Khas Terbaik.

Sumatera Barat juga membawa pulang empat penghargaan yaitu Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik, Destinasi Wisata Halal Terbaik, Restoran Halal Terbaik, dan Destinasi Kuliner Terbaik.

Sementara itu, Aceh mendapat tiga gelar bergengsi, yaitu Bandara Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, dan Daya Tarik Wisata Terbaik.

Ketua Tim Percepatan dan Pengembangan Pariwisata Halal (TP3H), Riyanto Sofyan, mengatakan bahwa penilaian ini dilakukan dengan sangat adil memperhitungkan profile, key achievment dan unique characteristics.

“Izin usaha restoran atau hotel harus jelas. Sertifikasi halal harus ada. Pencapaian-pencapaian dan karakteristik daerah juga harus dicantumkan,” terang Riyanto.

Seleksi yang ketat rupanya makin memancing masyarakat luas untuk memberikan suaranya. Lewat fitur voting, antusiasime masyarakat terlihat sangat tinggi. Jumlahnya jauh melebihi ekspektasi. Dari target 50 ribu voter, yang berpatisipasi justru dua kali lipat yaitu 115.462 orang. Riyanto pun makin yakin Indonesia bisa menjadi destinasi wisata halal yang paling unggul di dunia. Keberagaman destinasi dan kekayaan budaya Nusantara, menurutnya, merupakan modal utama yang tidak dimiliki negara lain.

“Dari data Global Muslim Tavel Index (GMTI, 2016), Indonesia ada di peringkat 4 dalam Top 10 Halal Friendly Holiday Destination di dunia. Dengan global leadership, pemasaran dan promosi, serta pengembangan destinasi dan kelembagaan, saya yakin pariwisata Indonesia bisa cepat naik ke nomor satu dunia,” papar Riyanto.

Sementara itu, Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Menpar Arief Yahya mengucapkan selamat atas penghargaan yang diterima oleh Sumbar, NTB dan Aceh. Dia mengingatkan agar selalu mengkalibrasikan diri dengan global standart.

“Jika ingin menjadi global player, harus bisa mengikuti global standart,” kata Arief Yahya.

Lanjutnya, jika sudah bisa menang di level global maka brand halal di daerah itu bisa semakin laku dan memiliki value yang lebih besar. Mempromosikannya juga lebih mudah, karena sudah dipercaya oleh lembaga internasional.

 

Berikut ini daftar pemenang Kompetisi Anugerah Pariwisata Halal Terbaik 2016.

  1. Airport Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh, Aceh.
  2. Hotel Keluarga Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: The Rhadana, Kuta, Bali.
  3. Resort Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: Novotel Lombok Resort & Villas, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.
  4. Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik: Ero Tour, Sumatera Barat.
  5. Website Travel Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: Wonderful LombokSumbawa.com, NTB.
  6. Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: Lembah Sembalun, Lombok Timur, NTB.
  7. Operator Haji & Umroh Terbaik: ESQ Tours Travel, Jakarta Selatan.
  8. Destinasi Wisata Halal Terbaik: Sumatera Barat.
  9. Destinasi Kuliner Terbaik: Sumatera Barat
  10. Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: Aceh
  11. Sentra Kuliner Halal Terbaik: Kantin Salman ITB Bandung, Jawa Barat.
  12. Pusat Belanja Ramah Wisatawan Muslim Terbaik: Botani Square, Bogor, Jawa Barat.
  13. Restoran Halal Terbaik: Rumah Makan Lamun Ombak, Padang, Sumatera Barat.
  14. Daya Tarik Wisata Terbaik: Masjid Baiturrahman, Banda Aceh, Aceh.
  15. Kuliner Halal Khas Daerah Terbaik: Ayam Taliwang Moerad, Nusa Tenggara Barat.

 

 

Pesona Indonesia