Published On: Thu, Jan 28th, 2016

Inilah Petikan Sejarah Hard Drive Menurut Plextor 

Hard drive telah mencatat sejarah hampir 60 tahun. Plextor, merek global terkemuka perangkat penyimpanan digital berkinerja tinggi, menjawab kebutuhan para pelanggannya untuk mengganti teknologi tua hard drive dengan penyimpanan berkecepatan lebih tinggi yaitu dengan menghadirkan SSD pertamanya pada tahun 2009. Menanggapi permintaan atas SSD kami, PLEXTOR sedang melakukan program ekspansi yang agresif dan beroperasi di lebih banyak pasar di seluruh dunia. Pada artikel ini, Plextor akan membicarakan sejarah dari hard drive dan mengungkapkan beberapa fakta menarik dan menggambarkan mengenai evolusi.

flex

 

1956 – Hard drive pertama yang menggunakan piringan magnetik berputar untuk penyimpanan  data

KAPASITAS: 5MB

PENYIMPANAN MEDIUM: piringan magnetik berukuran 24-inch (1 200 RPM)

WAKTU AKSES: 600 ms

 

Pada saat itu, sebuah hard drive dengan sistem elektromagnetikal memiliki berat hampir satu ton dan terdiri dari 50 piringan magnetik. Mereka ditangani oleh sebuah single head. Hal ini merupakan alasan mengapa akses waktu data sangat lama. Unit IBM 350 dapat disewa dari produsen dengan harga rata-rata setiap bulannya mendekati 28 ribu dollar. Sebuah skenario hipotetis sistem instalasi Windows 10 (64-bit) pada sebuah drive akan membutuhkan koneksi dari 4096 unit untuk mendapatkan kebutuhan ruang disk 20GB

 

 

1970 – Disk drive pertama yang menggunakan sistem koreksi kesalahan

KAPASITAS: 100 MB

PENYIMPANAN MEDIUM: piringan magnetik berukuran 14-inch (3 600 RPM)

WAKTU AKSES: 30-55 ms

 

Penyimpanan berukuran medium – drive IBM 3330 merupakan modul disk yang dapat diganti terdiri dari 11 piringan magnetik. Adalah sangat mungkin untuk dapat memindahkan dan menyimpannya. Kecepatan transfer data sekitar 806 KB/s.Final IBM 3330 Model 11 tahun 1974 dijual dengan harga mendekati 418 ribu dollar.

 

1976 – Drive pertama dengan karakteristik SSD – Tidak terdapat komponen bergerak & mekanik

KAPASITAS: Dari 256 KB hingga 2 MB

PENYIMPANAN MEDIUM: memori ferit

WAKTU AKSES: 0,75-2 ms

 

Pada tahun 1970, bahkan sebelum modul memori NAND flash pertama dikembangkan, memori ferit magnetik dianggap sebagai alternatif yang menarik untuk media menggunakan piring magnetik. Keuntungan utamanya adalah waktu akses data yang cepat. Bulk Core unit dapat menyimpan hingga delapan modul memori, setiap modulnya memiliki kapasitas 256 KB. Versi dasar dengan sebuah modul tunggal dijual dengan harga 40 ribu dollar. Data 1TB memiliki harga sekitar 1,6 milliar dollar.

 

1980 –HDD pertama yang dapat menempati rangka PC

KAPASITAS: 5 MB

PENYIMPANAN MEDIUM: piringan magnetik (3 600 RPM)

WAKTU AKSES: 85 ms

 

Format disk memiliki ukuran floppy disk 5,25″ dikembangkan pada akhir tahun 1970. Drive dengan berat 3,2kg dan dianggap sebagai puncak miniaturisasi pada masa itu. Produk ini memiliki dua piringan magnetik yang didukun goleh empat kepala. Dihubungkan ke komputer melalui kontroler. Memiliki kecepatan transfer data mendekati 655 KB/s.

 

1988 – Hard drive pertama yang menggunakan format 2,5″

KAPASITAS: 20MB

PENYIMPANAN MEDIUM: piringan magnetik

WAKTU AKSES: 23 ms

 

Perusahaan PrairieTek, yang menciptakan hard disk pertama yang cocok digunakan untuk laptop, tidak sukses melakukan penjualannya di pasaran dan mengalami kebangkrutan pada tahun 1990. Hard drive berukuran 2,5” menjadi mulai sangat digemari selama dekade pertama abad ke 21, ketika laptop telah menjadi lebih dan sangat populer. Kini, format 2,5” merupakan standard SSD drive di pasaran.

 

1995 – Menggunakan memori NAND Flash sebagai media penyimpanan yang handal

KAPASITAS: Dari 16 MB hingga 896 MB

PENYIMPANAN MEDIUM: Memori NAND Flash

WAKTU AKSES: Dibawah 0.1 ms

 

FFD drive (Fast Flash Drive) pertama yang menggunakan interface SCSI dan memiliki format komputer desktop berukuran 3.5″. Dikarenakan harganya yang sangat tinggi, FFD drive tidak pernah meraih kepopuleran diantara para pengguna PC umumnya. Mereka digunakan oleh industry pertahanan dan menjadi sangat populer sebagai penyimpanan medium pada perekam data penerbangan pesawat.

 

2007 – Hard drive pertama yang terjangkau dan sangat tersedia dengan kapasitas 1TB

KAPASITAS: 1 TB

PENYIMPANAN MEDIUM: piringan magnetik (7 200 RPM)

WAKTU AKSES: 8,5 ms

 

Perusahaan Hitachi merupakan yang pertama memproduksi sebuah HDD 1TB, tetapi tersaingi oleh kompetitornya pada tahun yang sama. Drive pertama dengan kapasitas 1TB memiliki 5 piringan yang mendukung 10 kepala. Pada tahun 2007 sebuah HDD memiliki berat 700g, yang pada tahun 1956 diperlukan sekitar 200 ribu IBM 350 drive. Mereka semua akan memiliki berat sekitar dua Nimitz nuklir kelas kapal induk.

 

2015 – Solid State Drives kini sangat tersedia untuk semua kalangan pengguna

KAPASITAS: Dari 128 GB hingga 1 TB

PENYIMPANAN MEDIUM: tipe berbeda dari memori NAND Flash (MLC, SLC.TLC)

WAKTU AKSES: dibawah 0.1 ms

 

Bahkan drive SSD terjangkau beberapa kali lebih cepat dibandingkan HDD. Di pasaran saat ini terdapat solid state drives yang menggunakan berbagai interface (SATA 6 Gb/s, PCIe, M2). Yang paling umum adalah SATA universal 2,5″, seperti Plextor M6V. Boot-up sistem operasi Windows 10 dengan sebuah SSD biasanya membutuhkan waktu kurang dari 10 detik. Berbagai game dan program di install pada SSD dapat bekerja lebih cepat dibandingkan jika di install pada HDD. Drive SSD moderen sangat dapat diandalkan dan memiliki umur pakai hampir sama dengan HDD drive. Melalui penggunaan teknologi seperti PlexTurbo 3.0 pada drive Plextor, Anda dapat memperpanjang umur pemakaiannya, mengurangi keausan sel memori flash

Berbagai produk PLEXTOR yang meraih penghargaan dan memiliki reputasi menakjubkan akan terus menjadi refleksi dari empat nilai dasar perusahaan.