Published On: Fri, Nov 27th, 2015

Inilah Sepuluh Perusahaan Idaman di Indonesia

 

PrintJakarta, 26 November 2015 – Perusahaan-perusahaan apa saja yang paling diidamkan oleh para pekerja di Indonesia, dan apakah alasannya? Jawaban pertanyaan tersebut dirangkum oleh Jobplanet (Jobplanet.com), sebuah platform komunitas untuk berbagi informasi seputar dunia kerja dan review mengenai perusahaan, seperti review suasana kerja, gaji, serta kisi-kisi pertanyaan dalam wawancara kerja.

 

Menurut data yang dikumpulkan oleh Jobplanet sejak Agustus hingga pertengahan November 2015, PT Pertamina (Persero) merupakan perusahaan yang paling diidamkan oleh para pencari kerja di Indonesia. Hasil tersebut diperoleh berdasarkan analisis data pengguna Jobplanet serta ketertarikan mereka terhadap perusahaan-perusahaan yang terdaftar dalam website tersebut.

 

Ada beberapa faktor yang menjadi penilaian para pengguna dalam memilih perusahaan favoritnya.  Di antaranya adalah, gaji dan tunjangan, jenjang karir, faktor keseimbangan kerja (work-life balance), serta budaya dan manajemen perusahaan.

 

Berdasarkan data yang terkumpul, Jobplanet mengurutkan sepuluh perusahaan teratas yang paling disukai dan ingin diikuti perkembangannya oleh para pengguna sebagai berikut:

 

  1. PT Pertamina (Persero)

Sebanyak 2.586 pengguna Jobplanet memilih Pertamina sebagai perusahaan idaman karena dinilai memberikan fasilitas serta tunjangan-tunjangan yang bagus bagi karyawan, termasuk tunjangan kesehatan serta gaji yang tinggi. Pertamina juga dinilai baik dalam mengelola tenaga kerja serta menawarkan kesempatan karir yang terbuka bagi para karyawan.

 

  1. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI)

Sebanyak 2.277 pengguna Jobplanet memilih BRI untuk mengikuti perkembangan perusahaan ini. BRI disukai karena memiliki jaringan yang luas di seluruh Indonesia dan banyak memberikan ilmu bagi para karyawannya. Selain itu, BRI juga dinilai memberikan gaji yang baik, jenjang karir yang jelas, serta tunjangan-tunjangan yang bagus untuk karyawan.

 

  1. PT Bank Mandiri Tbk

Berdasarkan penilaian para karyawan, Bank Mandiri merupakan tempat terbaik untuk belajar dan memulai karir di bidang perbankan. Suasana kerja di Bank Mandiri dinilai sangat kekeluargaan dan menyenangkan. Selain memberikan gaji serta tunjangan-tunjangan yang baik, perusahaan juga memberikan kesempatan bagi karyawan untuk berkembang dengan mengadakan program pelatihan, serta memberikan kesempatan promosi bagi karyawan-karyawan berprestasi. Sebanyak 1.872 pengguna Jobplanet tertarik dengan Bank Mandiri.

 

  1. PT Bank Central Asia Tbk (BCA)

BCA dinilai memberikan tunjangan yang bagus kepada karyawannya dan menjadi perusahaan yang dibanggakan oleh karyawan. Bank swasta terbesar di Indonesia ini juga dinilai sebagai tempat yang baik untuk belajar dan berkembang, karena memberikan pelatihan berkala bagi semua karyawan. Perusahaan juga memberikan kesempatan promosi tanpa memandang senioritas. Hal yang tak kalah penting, perusahaan ini dinilai cukup memberikan keseimbangan antara hidup dan pekerjaan bagi karyawannya.  Sebanyak 1.769 pengguna Jobplanet memilih BCA sebagai perusahaan idamannya.

 

  1. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)

Telkom dinilai sebagai perusahaan yang memperhatikan kesejahteraan karyawan, memiliki suasana kerja yang nyaman namun kompetitif, serta menyediakan sarana dan prasarana yang memadai bagi karyawan. Telkom juga dinilai sebagai tempat yang bagus untuk belajar dan menggali ilmu di bidang teknologi. Sebanyak 1.518 pengguna Jobplanet menyukai perusahaan ini.

 

  1. PT Chevron Pacific Indonesia

Perusahaan multinasional yang bergerak di bidang energi ini disukai karena dinilai memberikan kesempatan bagi para karyawan untuk mengembangkan potensi karirnya melalui beragam pelatihan. Selain memberikan gaji dan tunjangan yang menarik, Chevron juga dinilai memiliki suasana kerja yang nyaman dengan adanya budaya saling mendukung di antara para karyawan. Sebanyak 1.234 pengguna Jobplanet tertarik dengan perusahaan ini.

 

  1. PT Unilever Indonesia Tbk

Oleh para karyawannya, Unilever dinilai memiliki iklim kerja yang profesional, kompetitif, dan adil dalam penilaian kinerja. Sesuai dengan standar kerjanya yang tinggi, perusahaan ini juga memberikan gaji dan tunjangan yang sangat baik, serta memberikan penghargaan yang sesuai dengan kinerja karyawan. Unilever juga memberikan kesempatan karir yang lebih baik bagi karyawan yang berprestasi. Perusahaan ini dipilih oleh sebanyak 911 pengguna Jobplanet.

 

  1. PT Indofood Sukses Makmur Tbk

Perusahaan ini dinilai memberikan asuransi dan jaminan kesehatan yang sangat baik kepada para karyawan dan keluarganya, serta gaji yang baik sesuai dengan jabatan dan kinerja karyawan. Selain itu, perusahaan juga memberikan kesempatan bagi karyawan untuk berkarir dan mengembangkan potensi dirinya. Sebanyak 897 pengguna Jobplanet merasa tertarik dan ingin tahu lebih banyak mengenai Indofood.

 

  1. PT Astra Honda Motor

Astra Honda Motor dinilai memberikan tunjangan-tunjangan yang sangat bagus bagi karyawannya, termasuk tunjangan transportasi, bonus tahunan, THR, serta jaminan kesehatan. Lingkungan kerja di perusahaan juga dinilai menyenangkan. Kinerja karyawan dinilai setiap semester untuk memotivasi karyawan meningkatkan kinerja mereka dan mendapatkan promosi. Sebanyak 863 pengguna Jobplanet tertarik dengan perusahaan ini.

 

  1. PT Bank Negara Indonesia (BNI)

BNI dinilai sebagai perusahaan perbankan yang sangat bagus untuk mengawali karir di bidang pelayanan. Selain memberikan gaji yang bagus, perusahaan juga memberikan tunjangan serta bonus bagi karyawan. Salah satu hal yang menjadi nilai tambah dari perusahaan ini adalah suasana kerjanya yang kondusif serta memberikan keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan. Sebanyak 785 pengguna Jobplanet tertarik dengan BNI.

“Informasi ini dikumpulkan oleh Jobplanet berdasarkan data ketertarikan para pengguna dari berbagai level pekerjaan, mulai dari level staf pemula hingga level manajer. Mereka memiliki alasan-alasan yang berbeda dalam memilih perusahaan-perusahaan idaman mereka,” papar Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia.

“Dari temuan kami, diketahui bahwa gaji atau tunjangan bukanlah satu-satunya poin yang menjadi pertimbangan karyawan dalam menilai perusahaan. Faktor lain yang tak kalah penting adalah suasana kerja yang kondusif serta kesempatan yang diberikan oleh perusahaan bagi karyawannya untuk berkembang,” Kemas mengungkapkan.

 

Jobplanet mulai beroperasi di Indonesia sejak bulan Agustus 2015. Hingga pertengahan November 2015, komunitas ini telah memiliki lebih dari 140.000 anggota dan telah mengumpulkan sebanyak 70.000 review dalam database-nya, yang terdiri dari review perusahaan, review gaji, dan kisi-kisi pertanyaan wawancara. Sementara, jumlah perusahaan yang telah terdaftar dalam database Jobplanet telah mencapai 15.000 perusahaan.

[r]