Published On: Wed, Sep 2nd, 2015

Intel Perkenalkan Prosesor Generasi Keenam

Share This
Tags

6th Gen Intel Core Die Flat (2)SANTA CLARA, California, 1 September 2015 – Hari ini Intel Corporation memperkenalkan rumpun prosesor Intel® Core™ Generasi ke-6, prosesor terbaik yang dimiliki Intel sejauh ini. Peluncuran ini menandai sebuah titik balik hubungan manusia dengan komputer. Prosesor Intel Core Generasi ke-6 memberikan performa yang lebih baik dan pengalaman baru yang menyeluruh dengan tingkat power terendah sekaligus mendukung keragaman desain perangkat yang lebih luas – mulai dari ultra-mobile compute stick, 2 in 1 dan desktop high-definition All-in-One desktop, hingga mobile workstations.

Lebih dari 500 juta komputer yang sekarang masih digunakan masyarakat saat ini sudah berusia empat sampai lima tahun atau bahkan lebih. Komputer seperti ini pada umumnya lambat untuk dinyalakan, baterai tidak tahan lama, dan tidak mampu memfasilitasi pengalaman pengguna baru yang tersedia saat ini. Dibangun di atas mikro-arsitektur Skylake menggunakan teknologi proses manufaktur 14nm terdepan Intel, prosesor Intel Core Generasi ke-6 memberikan performa dua setengah kali lipat lebih baik[iii], ketahanan baterai tiga kali lipat[iv], dan tampilan gambar 30 kali lebih baik[v] untuk pengalaman bermain game dan menonton video yang lebih mulus serta halus dibandingkan komputer yang telah berusia rata-rata 5 tahun. Perangkat pun bisa menjadi setengah lebih tipis dan lebih ringan, bisa dinyalakan dengan cepat serta ketahanan baterai yang bisa bertahan hampir sepanjang hari[vi].

“Prosesor Intel Core Generasi ke-6 kami memberikan kemajuan paling siginifikan untuk komputasi sejauh ini berdasarkan pengamatan kami,” kata Kirk Skaugen, senior vice president Intel dan general manager dari Client Computing Group. “Intel Core baru Generasi ke-6 berbasis sistem ini adalah yang paling responsif sejauh ini dengan performa tinggi, baterai tahan lama serta keamanan yang baik. Bahkan prosesor ini memungkinkan pengalaman baru dalam penggunaan PC seperti log in ke komputer menggunakan wajah Anda dan bantuan personal yang bisa merespon langsung suara Anda. Kombinasi bagus dari prosesor Intel Core Generasi ke-6, Windows 10 serta sistem baru yang menawan dari produsen PC menjadikan saat ini sebagai waktu paling baik untuk membeli sebuah komputer.”

 

Rentang Power Perangkat Baru Intel Core Generasi ke-6

Rumpun baru prosesor Intel Core Generasi ke-6 ini memungkinkan desain yang lebih luas untuk memenuhi hampir semua kebutuhan pengguna. Intel® Core™ M processors, yang bisa memberikan performa dua kali lipat lebih baik dibanding tablet premium[vii] terdepan saat ini, kini akan mencakup prosesor Intel Core m3, m5, dan m7 untuk memberikan kemudahan dan pilihan bagi konsumen dalam menemukan perangkat Intel Core m yang paling bisa memenuhi kebutuhan mereka.

Generasi baru prosesor Intel ini juga mencakup beberapa hal baru untuk mobile design: seperti misalnya mobile “K” SKU yang tak terkkunci untuk memungkinkan overclocking dengan kontrol pengguna yang jauh lebih baik, menawarkan hingga 60 persen peningkatan kemampuan mobile multitasking[viii], dan kemampuan memberdayakan mobile workstations melalui pengunaan rumpun prosesor  Intel® Xeon® E3. Prosesor Intel Core Generasi ke-6 mampu memberikan peningkatan signifikan untuk performa grafis[ix]  demi gambar yang menawan saat bermain game termasuk kemampuan content creation 4K serta media playback. Teknologi Intel® Speed Shift yang baru mampu memperbaiki tingkat respons dari sistem mobile sehingga pengguna bisa melakukan banyak hal, seperti misalnya memasang filter pada foto hingga 45 persen lebih cepat[x].

Sebagai tambahan, platform Intel Core Generasi ke-6 dan Intel Xeon akan memberikan beragam fitur dan pengalaman pengguna baru. Lebih banyak perangkat yang bisa menggunakan Thunderbolt 3 untuk USB Type-C, memungkinkan satu compact port yang mampu melakukan semuanya. Kamera Intel® RealSense dengan kemampuan user-facing (kamera menghadap ke pengguna untuk penggunaan video chat dan sebagainya) atau world-facing (menghadap sebaliknya layaknya penggunaan pada kamera foto) berinteraksi langsung dengan pengguna akan tersedia dalam berbagai produk seperti Intel Core Generasi ke-6 2 in 1, notebook dan All-in-One sistem desktop, menawarkan kemampuan depth sensing baru dan pengalaman menyeluruh yang memungkinkan pengguna untuk mengambil dan membagikan selfie 3D, memindai dan mencetak dalam format 3D, serta secara mudah menghilangkan dan mengubah background saat video chat.

Platform Intel Core Generasi ke-6 juga akan memungkinkan pelaksanaan inisiatif “no wires” atau “tanpa kabel” dari Intel untuk memberikan pengalaman terbaik dalam hal tampilan nirkabel melalui perangkat yang tersedia saat ini seperti perangkat lunak Intel® WiDi atau Pro WiDi. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk secara mudah berbagi dari komputer ke TV, monitor atau proyektor tanpa harus dipersulit dengan penggunaan kabel.

Rumpun prosesor Intel Generasi ke-6 membantu optimasi penggunaan  Windows® 10 features seperti Cortana* dan Windows Hello* untuk interaksi yang lebih mulus dan alami. Perangkat yang dilengkapi dengan Camera Intel RealSense dan dipadukan dengan Windows Hello memungkinkan pengguna secara aman melakukan log in menggunakan teknologi facial recognition. Teknologi True Key™ technology by Intel Security juga tersedia pada banyak prosesor Intel Core Generasi ke-6 berbasis sistem untuk memberikan pengalaman log-in ke berbagai perangkat dan website dengan aman tanpa perlu mengingat password untuk setiap laman yang dibuka.

 

Akan Datang: Intel® Iris™ Graphics, Intel® vPro™ for Business, dan Produk untuk IoT

Dalam beberapa bulan ke depan, Intel berencana akan meluncurkan lebih dari 48 prosesor yang tergabung ke dalam rumpun prosesor Intel Core Generasi ke-6, termasuk Intel® Iris dan Iris Pro graphics, serta rumpun prosesor IntelXeon E3-1500M untuk moble workstations dan prosesor Intel v Pro Generasi ke-6 untuk bisnis dan perusahaan. Sekarang berbagai perangkat dalam berbagai bentuk akan tersedia dan dalam beberapa bulan ke depan juga akan tersedia dari sejunmlah produsen dunia. Sebagai tambahan, Intel menawarkan lebih dari 25 produk untuk Internet of Things (IoT) dengan life supply hingga 7 tahun dan Error Correcting Code (ECC) pada setiap level TDP. Ritel, medis, industri, dan perangkat digital dan industri keamanan akan diuntungkan dari peningkatan performa prosesor Intel Core Generasi ke-6 yang baru serta desain IoT menuju cloud.

 

–  –

Tentang Intel

Intel (NASDAQ: INTC) adalah pemimpin dunia dalam inovasi di bidang komputer. Perusahaan ini mendesain dan membangun teknologi penting yang menjadi dasar untuk perangkat komputer di seluruh dunia. Sebagai perusahaan terdepan dalam prinsip tanggung jawab dan keberlanjutan perusahaan, Intel juga memproduksi mikroprosesor “bebas konflik” pertama di dunia yang dijual secara komersial. Informasi lebih lanjut mengenai Intel tersedia di newsroom.intel.com dan blogs.intel.com, serta informasi mengenai inisiatif “bebas konflik” Intel tersedia di conflictfree.intel.com.

 

[i] Intel technologies’ features and benefits depend on system configuration and may require enabled hardware, software or service activation. Performance varies depending on system configuration. No computer system can be absolutely secure. Check with your system manufacturer or retailer or learn more at http://support.intel.com

[ii] 6th Gen Intel Core i5-6200U (43WHr batter size) to a 5 year old PC based on Intel Core i5-520UM (62WHr battery size): 2.5x better performance (SYSmark*2014), 3x better battery life (Windows* 10 on i5-6200U and Windows 7 on i5-520UM)

[iii] 6th Gen Intel Core i5-6200U (43WHr batter size) to a 5 year old PC based on Intel Core i5-520UM (62WHr battery size): 2.5x better performance (SYSmark*2014)

[iv] 6th Gen Intel Core i5-6200U (43WHr batter size) to a 5 year old PC based on Intel Core i5-520UM (62WHr battery size): 3x better battery life (Windows* 10 on i5-6200U and Windows 7 on i5-520UM)

[v] 6th Gen Intel Core i5-6200U (43WHr batter size) to a 5 year old PC based on Intel Core i5-520UM (62WHr battery size): 30x better graphics performance (3D Mark Cloud Gate graphics test sub-score).

[vi] Projection Intel Core M7-6Y75 for local 1080p video playback with 36WHr battery

[vii] Based on measured TabletMark* and WebXPRT* 2015 (Intel® Core™ m7-6Y75 CRB vs. iPad* Air 2)

[viii] Intel® Core™ i5-6300HQ vs. Intel® Core™ i5-4300M estimated SPEC*int_rate_base2006

[ix] Intel® Core™ M7-6Y75 (PL1=4.5W) compared to Intel® Core™ M-5Y71 (PL1=4.5W) using 3DMark* 1.2.0 Sky Diver

[x] Intel® Core™ i5-6200U WebXPRT*2015 (20% Overall) and up to 45% for photo enhancement subtest of WebXPRT*2015