Published On: Tue, Apr 19th, 2016

Internet Cepat 4G LTE Layani Kota Cirebon, XL Dorong Promosi Potensi Daerah

xl_cirebon

Seorang teknisi XL sedang melakukan pemeriksaan dan pemeliharaan perangkat BTS di atas sebuah menara BTS 4G di Kota Cirebon, akhir pekan lalu. Saat ini, layanan internet cepat 4G LTE di Cirebon dan sekitarnya ditopang oleh tidak kurang dari 47 BTS 4G. Cakupan layanan canggih ini bisa akan terus XL perluas terus seiring dengan meningkatnya kebutuhan pelanggan atas layanan internet yang berkualitas. Sebanyak 1,3 juta pelanggan XL dan masyarakat kota itu juga bisa mengakses layanan internet berbasis 3G dan 2G, yang didukung tidak kurang dari 740 BTS.

Jakarta, 19 April 2016- Teknologi digital dan internet cepat 4G LTE mempermudah siapa saja untuk terkoneksi dengan komunitas masyarakat dunia. Pengaruh positif yang bisa diraih adalah semakin mudahnya mempromosikan potensi suatu daerah ke hadapan publik luas, melintasi batas daerah bahkan batas negara dan budaya. Memanfaatkan momentum semakin tumbuhnya keperdulian masyarakat Indonesia untuk berwisata ke berbagai daerah di Tanah Air, PT XL Axiata Tbk (XL) mengajak komunitas fotografer untuk ikut mempromosikan potensi daerahnya masing-masing.

 

Presiden Direktur XL, Dian Siswarini mengatakan, “XL akan terus memperluas daerah layanan internet cepat 4G LTE. Kami berharap masyarakat di kota-kota yang sudah terlayani 4G LTE bisa segera memanfaatkan layanan canggih tersebut untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja di segala bidang. Salah satu hal yang bisa secara mudah bahkan instan untuk dilakukan dengan memanfaatkan layanan internet cepat adalah mengangkat potensi daerah, misalnya potensi wisata.”

 

Dian menambahkan, saat ini semakin lengkap ekosistem digital di tengah masyarakat Indonesia. Beragam gadget dan smartphone dengan harga yang juga bisa dijangkau oleh berbagai lapisan masyarakat  telah tersedia di pasar. Begitu juga dengan paket layanan internet cepat 4G LTE dari XL. Di sisi lain, beragam platform social media menawarkan kemudahaan dan pengalaman yang semakin menyenangkan untuk bisa terkoneksi dengan komunitas masyarakat.

 

Menurutnya, ekosistem digital yang telah terbentuk sedemikian rupa tersebut sekaligus mempermudah siapa saja untuk membangun citra positif, baik untuk keperluan perseorangan, suatu komunitas, lembaga, bahkan daerah. Dengan semakin mudahnya menampilkan foto-foto dan video dan mengunggahnya ke berbagai social media dan website, masyarakat bisa secara mudah ikut mendukung program-program promosi daerah. Salah satu yang sedang menjadi trend di masyarakat Indonesia dalah mempromosikan potensi pariwisata.

 

Sejalan dengan telah beroperasinya layanan internet cepat 4G LTE di Cirebon, Jawa Barat, XL mengajak komunitas fotografer untuk mengeksplorasi potensi wisata kota di perbatasan dengan Jawa Tengah tersebut melalui karya-karya fotografi. Selanjutnya, XL mengajak peserta untuk mempublikasikan foto-foto mengenai beragam potensi wisata tersebut melalui beragam social media yang sedang popular di masyarakat Indonesia dan dunia.

 

Beberapa potensi wisata yang bisa digali dari Cirebon antara lain wisata budaya, di mana Cirebon merupakan kota bersejarah yang dahulu kala merupakan pusat pemerintahan Kesultanan Cirebon. Karena itu, banyak peninggalan bersejarah sisa-sisa masa itu, antara lain Istana Kesultanan. Selain itu, Cirebon juga merupakan kota yang memiliki salah satu corak kain batik yang paling dikenal di Indonesia. Ada satu kawasan di kota tersebut yang merupakan pusat kerajinan batik.

 

Potensi wisata Cirebon yang tak kalah popular adalah wisata kuliner. Cirebon memiliki banyak sajian makanan yang cukup terkenal di antara menu Nusantara. Antara lain adalah Empal Gentong dan Nasi Jamblang. Sebagai kota yang berada di pesisir Pantai Utara Jawa, kota ini juga dikenal dengan berbagai industri pengolahan makanan berbahan dasar hasil laut. Cirebon telah lama mendapat predikat sebagai Kota Udang.

 

Saat ini, layanan internet cepat 4G LTE di Cirebon dan sekitarnya ditopang oleh tidak kurang dari 47 BTS 4G. Cakupan layanan canggih ini bisa akan terus XL perluas terus seiring dengan meningkatnya kebutuhan pelanggan atas layanan internet yang berkualitas. Sebanyak 1,3 juta pelanggan XL dan masyarakat kota itu juga bisa mengakses layanan internet berbasis 3G dan 2G, yang didukung tidak kurang dari 740 BTS.