Published On: Mon, May 9th, 2016

Jaring Anak-anak Muda Berbakat, XL Luncurkan Millennial Apprenticeship Program  

XL_Millenial1

Chief of Corporate Affairs Officer XL,Eka B. Danuwirana (tengah, kanan) bersama VP Human Capital XL, M. Hira Kurnia ( tengah,kiri) dan para lulusan program XL Millenial Apprenticeship dalam acara peluncuran Program XL Millenial Apprenticeship di Jakarta.

Jakarta, 9 Mei 2016-  Era digital mendorong pelaku bisnis untuk mampu beradaptasi dengan dinamika kemajuan teknologi yang tiada henti. Hal ini berdampak pada perubahan cara kerja serta cara pandang dalam mengelola bisnis. Kualitas sumber daya manusia yang mamiliki cara pandang yang sesuai dengan era serba digital ini akan menjadi tulang punggung. Untuk itu, PT XL Axiata Tbk (XL) meluncurkan XL Millennial Apprenticeship Program guna menjaring lulusan perguruan tinggi yang memiliki potensi besar untuk berkarya di Industri Telekomunikasi dan Digital.

 

Chief of Corporate Affairs Officer XL,Eka B. Danuwirana mengatakan, “Generasi Millennials adalah generasi yang berada di era digital dan mampu beradaptasi dengan cepat. Mereka membutuhkan lingkungan yang tepat untuk mengembangkan kemampuan mereka dan tumbuh dengan cara berkontribusi sesuai dengan keahlian mereka. XL membutuhkan mereka dalam menghadapi tantangan ke depan, dan melalui program ini kami menawarkan kesempatan kepada mereka untuk mengembangkan karir bersama kami.”

 

Eka melanjutkan, melalui program Millennials ini, XL akan menjaring karyawan di masa mendatang. Lulusan program ini akan menjadi prioritas recruitment karyawan di XL. Jadi, program ini XL selenggarakan memang untuk tujuan menghadapi pertumbuhan era digital, dengan merekrut para talent yang berasal dari generasi digital juga. Akan sangat berat bagi perusahaan layanan digital seperti XL jika tidak memiliki program talent managemen yang berbasis pada generasi digital.

Program Millenials ini sendiri akan mulai dibuka pada Juli 2016. Program ini terbuka bagi anak-anak muda Indonesia yang telah lulus tingkat sarjana (S1). Diprioritaskan bagi mereka yang lulus dari perguruan tinggi berakrditasi A atau universitas swasta berkualitas baik. Informasi lebih lanjut mengenai syarat dan pendaftaran program ini bisa didapatkan melalui XLmillennials@xl.co.id.

Program Millenials akan berlangsung 1 tahun untuk setiap angkatan. XL akan menerima sedikitnya 50 orang untuk setiap angkatan, yang akan dibuka 2 kali dalam setahun. Mereka yang diterima mengikuti program ini akan mendapatkan kesempatan untuk magang bekerja di XL, selain juga mendapatkan materi program belajar mengenai leadership skill, generic skill, kemampuan presentation dan komunikasi, serta functional skill melalui leader dan unit di mana dia ditempatkan. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan coaching dari atasannya.

XL membutuhkan karyawan yang memiliki kompetensi tinggi di bidangnya, kemampuan leadership, memiliki daya inovasi dan cakap dalam pekerjaannya. Untuk bisa direkrut sebagai karyawan, peserta Program Millenials ini minimal harus sudah selama 6 bulan mengikuti program ini, selain juga telah mendapatkan referensi dari atasan tempat di mana dia ditempatkan, dan mendapatkan rapot kinerja yang bagus dari HCD (Human Capital Development) XL.

Saat ini XL telah memiliki program XL Future Leader yang menjadi basis bagi penyelenggaraan program Millenials ini, yaitu program pengembangan anak-anak muda berprestasi yang dikelola XL bersama dengan KSE. Program yang dikenal dengan nama Scholarship Camp ini ditujukan untuk mahasiswa tahun terakhir selama 12 bulan dengan pembekalan dana pendidikan yang diberikan setiap bulan dan pengembangan soft skill dengan pertemuan selama 3 kali camp dalam 12 bulan.

Selain itu, XL juga telah memiliki program XL Future Leaders berbasis kurikulum Global Thinking. Para lulusan dari program ini telah terbukti mampu memulasi karir dengan baik berbekal pengetahuan dan keahlian yang didapatkan melalui yang program XL Future Leaders. Kini XL memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengikuti Program Millenials untuk selanjutnya meniti karir bersama XL.

Menyesuaikan diri di era layanan Data, dari total karyawan XL, sekitar 18% merupakan anak-anak muda generasi digital yang berusia kurang dari 30 tahun. Mereka sebagian besar merupakan karyawan yang memiliki cara pandang yang sesuai dengan era digital.