Published On: Thu, Apr 7th, 2016

Jawa Timur Unggul dan Komitmen dalam Penerapan SNI

sni_award2016Surabaya, 7 Apil 2016- Dalam percaturan ekonomi global seperti sekarang ini, Indonesia perlu melakukan strategi tertentu agar dapat bersaing di pasar bebas. Salah satu di antaranya adalah meningkatkan standardisasi produk nasional agar dapat bersaing di pasar domestik dan menembus pasar dunia. Oleh karena itu, penggunaan Standar Nasional Indonesia (SNI) sebagai salah satu jati diri bangsa Indonesia harus menjadi perhatian utama bagi para pemangku kepentingan di bidang standardisasi

 

Bagi industri atau perusahaan yang telah menjadi pionir untuk menerapkan SNI secara konsisten dalam bisnis mereka, sudah sepantasnya pemerintah memberikan apresiasi. Apresiasi atau penghargaan itu diberikan dalam bentuk penganugerahan SNI Award bagi perusahaan yang menerapkan SNI dan mempunyai kinerja yang baik.

 

Untuk itu, Badan Standardisasi Nasional (BSN) pada tahun 2016 ini kembali menggelar SNI Award. Pemberian penghargaan SNI Award tahun ini adalah yang ke-12 kalinya sejak tahun 2005. SNI Award merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah RI bagi perusahaan/organisasi penerap Standar Nasional Indonesia (SNI) yang berkinerja baik.  Tujuannya adalah untuk mendorong para pelaku usaha agar memiliki semangat yang tinggi untuk menerapkan SNI dalam berproduksi serta meningkatkan kualitas produk dan mutu pelayanannya kepada konsumen

 

Menurut Deputi Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi, Badan Standardisasi Nasional (BSN) Ir. Erniningsih, dengan SNI Award ini diharapkan para pelaku usaha mampu meningkatkan kinerja perusahaan untuk tumbuh berkembang menjadi institusi yang mampu bertahan dalam persaingan bisnis global, memberikan masukan perbaikan yang berkesinambungan dan meningkatkan brand image sebagai perusahaan yang konsisten dalam menjaga kualitas produknya.

 

Penganugerahan SNI Award ini diharapkan dapat menjadi pemicu semangat perusahaan lainnya untuk mengikuti jejak para pionir penerima SNI Award. Bangsa Indonesia masih memerlukan perjuangan yang keras untuk terus meningkatkan daya saing kita di era globalisasi ini, ujar Erniningsih.  Penerima SNI Award ini dapat menjadi “role model” dan dapat menjadi contoh bagi perusahaan atau organisasi lainnya, untuk membangkitkan perusahaan atau organisasi lainnya mengenai pentingnya dalam menerapkan SNI.

 

Jawa Timur merupakan provinsi yang kepeduliannya terhadap penerapan SNI sangat tinggi. Pada tahun 2014, dari 9 penerima SNI Award, 5 diantaranya dari Jawa Timur, yaitu PT Semen Indonesia, PT PT. Susanti Megah Surabaya, PT. Panggung Electric Citrabuana, PT. Gapura Angkasa, Cabang Bandara Juanda, Surabayadan Universitas Surabaya dan pada tahun 2014 juga Gubernur Jawa Timur Sukarwo  dinobatkan sebagai tokoh standardisasi.

 

Kesiapan Jawa Timur dalam menghadapi MEA ini lebih selangkah dibanding pemerintah daerah lainnnya. Di tahun 2015, di Jawa Timur terdapat 4 perusahaan dan 1 Universitas yang  mendapat penghargaan SNI Award. Pada saat ini perusahaan di Jawa Timur yang sudah menerapkan SNI lebih dari 1900 lebih perusahaan. Pembinaan penerapan SNI kepada UKM juga terus digalakkan.

 

Komitmen kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam penerapan SNI sangat diapresiasi oleh BSN. Untuk meningkatkan keikutsertaan industri/organisasi dalam SNI Award, BSN bekerjasama dengan Masyarakat Standardisasi Indonesia, Balai Riset dan Standardisasi, Kementerian Perindustrian dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur melakukan Sosialisasi SNI Award. Bagi anda perusahaan/organisasi menerapkan Standar sistem manajemen mutu, standar di produknya atau standar manajemen lainnya dapat ikut dalam ajang SNI Award ini. Manfaat yang didapatkan antara lain peserta dapat memperluas wawasannya di bidang standardisasi, mendapat umpan balik untuk meningkatkan kinerjanya, akan dipromosikan melalui media cetak atau elektronik, pameran, akses masuk ke pasar timur tengah dan  ke asosiasi retailer dan dipermudah dalam Perijinan BPOM untuk industri bidang pangan.

 

Informasi mengenai pendaftaran SNI Award dapat diperoleh di situs BSN www.bsn.go.id, email award@bsn.go.id dan wa 081234 101 101.