Published On: Thu, Nov 5th, 2015

JobSmart Siap Masuki Persaingan Situs Pencarian Kerja

jobSmartJakarta, 5 November 2015– Saat ini, faktanya adalah setiap perusahaan harus mempekerjakan sumber daya yang berkualitas tinggi untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Oleh karena itu, permintaan untuk merekrut karyawan yang terbaik menjadi sangat tinggi. Di Indonesia sudah hadir beragam situs layanan pencarian kerja, seperti JobStreet, JobsDB, Lion Jobs, Karir.com.

Kini industri pencarian kerja akan semakin ramai dengan kehadiran layanan dari JobSmart. JobSmart merupakan startup asal Jakarta yang dikembangkan oleh Tiffany Effendy dan  sejak Juni 2015.

Seringkali perusahaan dikecewakan ketika mengiklankan lowongan pekerjaan mereka, alasannya adalah mereka menerima banyak CV yang tidak cukup memenuhi persyaratan dari perusahaan. Jika dilihat dari kandidat secara keseluruhan, mungkin hanya 20% kandidat yang memenuhi persyaratan dan sisanya adalah kandidat yang mencoba peruntungan.

Tiffany Effendy selaku Co-Founder dan CEO Jobsmart, mengerti sekali masalah yang dihadapi oleh hampir semua perusahaan. “Awal mula sayamengembangkan JobSmart adalah karena pengalaman yang saya alamisebagai seorang HRD, seringkali saya kesulitan ketika menerimabanyak sekali CV yang masuk ke iklanlowongan pekerjaan, tetapi belum diproses dengan baik. Akhirnya saya yang harus melakukan screening lagi secara manual. Bayangkan berapa banyak waktu, biaya serta energi yang dihabiskan untuk mengerjakan semua itu. ”

JobSmart menciptakan sistem yang dinamakan Smart Hunter untuk mencocokkan apa yang diinginkan oleh perusahaan dan apa yang dimiliki oleh kandidat. JobSmart membantu perusahaan menemukankandidat yang berkualitas dan mengisi lowongan yang tersedia. Melalui fitur ini, perusahaan akan disuguhi informasi mengenai kandidat secara detail dan akurat. Informasi yang diberikan bukan hanya informasi dasar seperti tingkat pendidikan atau pengalaman kerja dan minat melainkan tipe kepribadian dan juga karakteristik dari kandidat. Sebab Smart Hunter dikembangkan menggunakan algoritma yang memungkinkan JobSmart untuk memahami rincian calon dan mampu menyaring jutaan kandidat hanya dalam sekejap saja.

Dengan langsung menemukan kriteria dan karakteristik yang sesuai dengan yang diharapkan, hal itusangat menguntungkan bagi perusahaan. Perusahaan tidak perlu lagi memiliki banyak orang untuk menyeleksi ribuan pelamar yang tidak memenuhi kualifikasi dasar seperti yang mereka inginkan. Selain mengurangi biaya, perusahaan juga dapat menghemat waktu dengan lebih cepat menyeleksi pelamar hingga akhirnya perusahaan dapat menemukan karyawannya. Dengan mendapatkan karyawan lebih cepat, maka pertumbuhan kinerja perusahaan juga akan semakin cepat.

Perusahaan dan Kandidat bisa mencoba versi website dana plikasi yang masih bersifat beta untuk platform Android.Versi Beta JobSmart bisa mulai diakses oleh publik melalui www.jobsmart.id pada tanggal 17 November 2015 mendatang. (r)