Published On: Wed, Dec 16th, 2015

KAI Raih Peringkat ke-4 Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2015

Manager Public Informastion Care KAI Franoto Wibowo menerima piagam Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik 2015 dari Ketua KIP Abdulhamid Dipopramono.

Manager Public Informastion Care KAI Franoto Wibowo menerima piagam Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik 2015 dari Ketua KIP Abdulhamid Dipopramono.

Jakarta, 16 Desember 205- KAI berhasil meraih peringkat ke-4 dalam implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) untuk kategori BUMN. Hasil penilaian tersebut dilakukan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) dan diumumkan pada acara Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2015 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (15/12). Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro pun diundang ke Istana Negara bersama para peraih penghargaan 10 besar Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2015 lainnya.

 

Menurut Ketua KIP Abdulhamid Dipopramono, ada 4 indikator penilaian keterbukaan informasi, yaitu mengumumkan informasi publik, menyediakan informasi publik, melayani permintaan informasi publik, serta mengelola dan mendokumentasikan informasi publik. Badan publik yang menjadi sasaran penilaian dibagi dalam 7 kategori, yaitu kementerian, pemerintah provinsi, lembaga negara, lembaga nonstruktural, BUMN, perguruan tinggi negeri, dan partai politik. Metode yang digunakan dalam penilaian tersebut adalah kuisioner penilaian mandiri (self assessment questionnaire). KIP juga melakukan verifikasi dan visitasi berdasarkan dokumen pembuktian yang ada dalam web badan publik.

 

KAI meraih peringkat ke-4 dari 120 BUMN. Bagi KAI, perolehan peringkat ke-4 ini merupakan suatu prestasi besar. Pasalnya, sejak implementasi UU No. 14 Tahun 2008 mengenai Keterbukaan Informasi Publik diberlakukan mulai 2010, KAI belum pernah masuk dalam jajaran 20 besar. Prestasi ini diraih tak lepas dari komitmen KAI untuk selalu bersikap transparan kepada masyarakat mengenai informasi perusahaan yang dibutuhkan oleh mereka. Sebagai implementasi dari KIP tersebut, melalui PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) yang berada di Unit Public Relations, KAI selalu siap menyediakan, mendokumentasikan, dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

beritaka_151216_01

Meraih peringkat ke-4 kategori BUMN dalam Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik 2015 merupakan lompatan prestasi besar bagi PT KAI.

BUMN yang masuk dalam 10 besar hasil pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2015 oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) adalah sebagai berikut; peringkat pertama diraih oleh PT Taspen, peringkat 2 PT Bio Farma, peringkat 3 PT PLN, peringkat 4 PT KAI, peringkat 5 Perhutani, peringkat 6 PT Inti, peringkat 7 PT Jasa Raharja, peringkat 8 PT Pelindo III Surabaya, peringkat 9 PT Bank Tabungan Negara, dan peringkat 10 PT Adhi Karya. Presiden RI Joko Widodo mengatakan, semua lembaga publik harus menyadari bahwa saat ini adalah era baru. Rakyat ingin transparansi dan keterbukaan informasi, sehingga keterbukaan itu tidak bisa dicegah. (PR KAI)