Published On: Wed, Sep 19th, 2018

Karyawan SHARP Indonesia Tularkan Semangat Bagi Warga Lombok

Share This
Tags

Lombok, 18 September 2018 – Duka mendalam yang menerpa masyarakat Lombok akibat gempa beruntun pada Agustus 2018 lalu, turut menyita perhatian PT SHARP Electronics Indonesia. Sejumlah perbaikan infrastruktur hingga pemulihan psikososial masih terus dilakukan hingga saat ini guna mengembalikan kondisi dan semangat masyarakat setempat. Atas kepedulian SHARP Indonesia terhadap hal tersebut, gerakan ‘Bakti Untuk Negeri: Lombok Bangkit’ kembali dilanjutkan untuk meringankan beban warga terdampak gempa Lombok.

‘Bakti Untuk Negeri: Lombok Bangkit’ merupakan rangkaian program Corporate Social Responsibility SHARP Indonesia yang telah diusung sepekan sejak diturunkannya berita mengenai gempa Lombok. Terbagi atas tiga fase bantuan, program CSR ini difokuskan pada beragam titik berbeda dan ditangani sesuai dengan kebutuhan masing-masing area.

Fase pertama telah diselenggarakan pada pertengahan Agustus di mana SHARP Indonesia melalui Yayasan PKPU Human Initiative memberikan donasi berupa bahan makanan pokok serta perlengkapan teori psikososial. Usai terlaksananya fase pertama, tim SHARP Indonesia kembali menelusuri area lain yang masih mebutuhkan uluran bantuan.

Tepatnya di tanggal 4 September 2018, fase kedua diselenggarakan dengan menyasar dua kecamatan yang memiliki dampak cukup parah, yaitu Kecamatan Pemenang dan Kecamatan Tanjung, Lombok Utara. Kedua kecamatan ini mendapatkan bantuan masing-masing berupa dua unit mesin cuci dan satu unit pompa air beserta instalasi untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat setempat. Kebutuhan utama lain seperti terpal dan selimut hingga kebutuhan pokok juga terus disalurkan melalui karyawan SHARP cabang Denpasar untuk meringankan beban keseharian masyarakat.

“Kami berusaha untuk memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, ini dilakukan agar bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran, dan kali ini untuk fase ketiga kami melihat kebutuhan yang lain seiring dengan keadaanya yang semakin mereda, kembali bekerja sama dengan Yayasan PKPU Human Initiative, SHARP Indonesia akan membangun sejumlah rumah sementara bagi sebagian warga terdampak,” ujar Andry Adi Utomo selaku National Sales Senior General Manager PT SHARP Electronics Indonesia.

Di fase ketiga ini, SHARP Indonesia melibatkan karyawannya untuk memberikan donasi baik berupa uang tunai, pakaian layak pakai, selimut hingga tenaga. Melalui PKPU sebagian dana yang terkumpul di alokasikan untuk pembangunan tempat pengungsian sementara lewat program ‘Rumah Senyum’, pemberian sembako, pengadaan peralatan sekolah serta kegiatan trauma healing.

Pada tanggal 18 September 2018, berpusat di daerah Karang Nangka, Desa Sokong, Kecamatan Tanjung Klu 4, Lombok, SHARP Indonesia menyerahkan bantuan kepada warga terdampak, dan melakukan pembangunan  ‘Rumah Senyum’ sebagai hunian sementara sampai rumah asli mereka selesai dibangun. Hunian seluas  4 x 6 meter persegi ini akan dibangun dengan menggunakan materi yang kokoh hingga akan menjadi hunian semetara yang layak ditinggali dan melindungi mereka dari udara dingin dan cuaca yang tidak bersahabat. Sebanyak 20 unit ‘Rumah Senyum’ akan dibangun di beberapa titik wilayah yang membutuhkan.

Melalui konsep employee volunteering, SHARP Indonesia melibatkan karyawannya  baik dalam pembangunan ‘Rumah Senyum’ maupun dalam kegiatan trauma healing. Dilakukan di tenda sekolah darurat, karyawan SHARP mengajak anak-anak ini belajar dan bermain dalam suasana yang menyenangkan. “Meski dilanda bencana alam, pendidikan tetap harus dinomorsatukan. Selain melengkapi peralatan sekolah, kami hadir sekaligus untuk menghibur mereka dengan aktivitas bermain dan belajar. Paling tidak, mereka bisa sedikit melupakan duka dari bencana kemarin,”  jelas Pandu Setio selaku PR & Brand Communication Manager PT SHARP Electronics Indonesia.

Hadirnya program CSR ‘Bakti Untuk Negeri: Lombok Bangkit’ menjadi bukti kesigapan SHARP Indonesia dalam membantu masyarakat Indonesia dalam berbagai situasi. SHARP Indonesia akan terus awas terhadap permasalahan sosial di sekitar guna memberikan kontribusi langsung untuk kemajuan bangsa Indonesia.   “Program lanjutan pun akan dilakukan seiring dengan kondisi yang berangsur-angsur pulih. Guna memudahkan konsumen setia SHARP di pulau Lombok dan sekitarnya, SHARP akan menggelar kampanye servis gratis dan potongan harga pembelian suku cadang untuk produk tahun 2012 ke atas sebesar 50 %, potongan harga sebesar 30% untuk setiap pembelian LED TV, mesin cuci dan lemari es tipe tertentu, trade in AC dengan potongan langsung senilai Rp500.000,  hingga program cash back senilai Rp500.000 untuk pembelian produk senilai minimal Rp1.500.000. Semoga kontribusi kami dapat meringankan beban saudara-saudara kita di  Lombok, tidak hanya karyawan, dealer, hingga seluruh masyarakat konsumen setia SHARP. Program ini akan dimulai pertengahan September hingga akhir Oktober 2018,” tutup Andry.

***

 

Tentang PT SHARP Electronics Indonesia (SEID)

SHARP telah memulai perjalanan panjangnya di Indonesia sejak tahun 1970. Bermula dari PT Yasonta, yang didirikan pada tahun 1970 sebagai aan patungan PMA dengan mengakuisisi PT Yasonta dan mengubah namanya menjadi PT SHARP Yasonta Indonesia (SYI). Pada tanggal 1 April 2005, PT SHARP Yasonta Antarnusa (kantor cabang SYI) bergabung menjadi satu dengan PT SHARP Yasonta Indonesia dan sejak Mei 2005 PT SHARP Yasonta Indonesia berubah nama menjadi PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) seperti yang dikenal sampai saat ini.

Saat ini, SEID memiliki 25 Kantor Cabang, 3 Sub Cabang, 45 SHARP Direct Service Station (SDSS), 275 SHARP Authorized Service Station (SASS), 44 SHARP Service Representative (SSR) yang tersebar di seluruh Indonesia, 2 unit SHARP Mobile Service Station (SMSS), 2 SHARP Service Corner (SSC), 2 SHARP Authorized Representative (SAR), 101 SHARP Authorized Air Conditioner (SAAC).  Pada 2012 PT SEID memperoleh penghargaan dari Rekor Bisnis Indonesia sebagai Jaringan Service Center Terbanyak di Indonesia.

 

Tentang SHARP CARES

CSR PT SHARP Electronics Indonesia bernaung pada SHARP CARES (Creativity, Attention, Recovery, Earth, Sincerity). Creativity (Kreatifitas) mengandung arti  sikap kerja yang selalu mencari nilai lebih dan selalu membuat inovasi. Attention (Perhatian), SEID selalu memberikan perhatian khusus pada masalah sosial di Indonesia, seperti pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. Recovery (Pemulihan), SEID di setiap kegiatannya berusaha untuk melakukan hal yang mampu  memberikan perbedaan dan memulihkan suatu kondisi bagi masyarakat menuju arah yang lebih baik. Earth (Bumi) yang berarti SEID peduli untuk menjaga Bumi agar dapat terus menopang kelangsungan hidup seluruh makhluk yang tinggal di dalamnya. Sincerity (Ketulusan hati) adalah sikap kerja yang mendasar untuk menghasilkan solusi yang berguna dan juga kebahagian bagi semua orang. SEID memfokuskan program CSR-nya pada Pendidikan, Sosial, Kesehatan, dan Lingkungan.