Published On: Mon, Nov 23rd, 2015

Kemkominfo Tutup Hak Akses 22 Situs Musik Ilegal

Share This
Tags

kominfo tutup 22 situs musik illegalJakarta, 23 November 2015 – Setelah sebelumnya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melakukan penutupan hak akses 22 situs yang melanggar hak cipta atas karya film, saat ini Kemkominfo kembali menutup hak akses 22 situs yang melanggar hak cipta atas karya musik. Penutupan 22 situs tersebut merupakan tindak lanjut dari permintaan Kementerian Hukum dan HAM melalui surat Nomor HKI.7.HM.01.05-264 tertanggal 15 Oktober 2015 perihal Rekomendasi Penutupan Konten dan/atau Hak Akses Pengguna Pelanggaran Hak Cipta berdasarkan pengaduan dari Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI).

Adapun 22 situs yang ditutup hak aksesnya tersebut adalah sebagai berikut:

1) laguhit.com

2) mp3days.net

3) weblagu.com

4) wapkalagu.com

5) iozmusik.com

6) lagu.in

7) carilagu.net

8) bursalagu.com

9) beemp3s.org

10) arenalagu.com

11) saranmu.com

12) tubidy.im

13) stafaband.info

14) memomp3.com

15) zinzhu.com

16) mp3take.com

17) kumpulbagi.com

18) onlagump3.info

19) newlagump3.com

20) targetlagu.com

21) musik-corner.info

22) musicxplore.com

Sebagai tindak lanjut, Kemkominfo telah meminta para penyelenggara jasa internet untuk melakukan pemblokiran terhadap 22 situs tersebut pada tanggal 12 November 2015. Pemblokiran tersebut diharapkan dapat segera dilakukan oleh semua penyelenggara jasa internet untuk menghindari kerugian yang lebih besar.

Berdasarkan data dari ASIRI, pengakses 22 situs tersebut mencapai 430.000 pengakses per bulan. Apabila satu pengakses mengunduh satu lagu saja, dengan asumsi satu lagu seharga Rp. 7.000, maka kerugian diperkirakan mencapai Rp 66 milyar sebulan sehingga potensi pendapatan negara dari pajak yang hilang mencapai Rp 6,6 milyar per bulan.

Selanjutnya Kementerian Komunikasi dan Informatika mengharapkan pengguna internet dapat menggunakan situs-situs musik yang legal untuk mengakses lagu-lagu secara legal, antara lain:

1) Langit Musik

2) Arena Musik

3) Melodi online (melon)

4) Guvera

5) Joox

6) Volup

Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) mengapresiasi dan sangat mendukung langkah-langkah yang dilakukan Kemkominfo dan Kemkumham tersebut. Melalui Satgas Anti Pembajakan yang dibentuknya, selama ini BEKRAF telah memberikan pendampingan pengaduan pembajakan karya musik dan film bagi para pelaku sub sektor ekonomi kreatif di bidang musik dan film, termasuk kepada ASIRI, agar pengaduan yang disampaikan dapat memenuhi syarat untuk segera ditindaklanjuti oleh pihak-pihak yang berwenang, yaitu antara lain oleh Kemkominfo dan Kemkumham.

Berbagai pelaku Industri Musik Nasional, diantaranya pencipta lagu, artis, perusahaan rekaman, dan musisi, juga mengapresiasi dan menyambut gembira langkah-langkah yang telah diakukan oleh Kemkominfo dan Kemkumham tersebut. Selama ini tindakan nyata dari pemerintah untuk lebih serius menangani masalah situs-situs musik ilegal tersebut sangat diharapkan. Mereka menilai, penutupan situs-situs tersebut menunjukkan keseriusan pemerintah dalam menangani masalah pembajakan online tersebut dan awal yang baik dalam rangka menuntaskan masalah pelanggaran hak cipta terhadap karya kreatif.

***